×
STUDILMU Career Advice - 10 Cara Mencintai Diri Sendiri untuk Karier Cemerlang
Self Improvement

10 Cara Mencintai Diri Sendiri untuk Karier Cemerlang

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Kita akan sulit mencintai dan menyayangi orang lain, jika kita belum atau tidak pernah mau mencoba untuk mencintai diri sendiri. Salah satu orang yang perlu kita sayangi dan cintai terlebih dahulu adalah diri kita sendiri. Dan, tahukah rekan-rekan Career Advice? Mencintai diri sendiri juga akan membantu kita untuk meraih karier cemerlang yang diinginkan. 
 
Wah, siapa sih yang tidak ingin memiliki karier cemerlang? Kami rasa semua orang pasti mau. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencintai diri sendiri seperti, selalu berkata positif terhadap diri sendiri, berolahraga setiap hari, makan makanan yang sehat dan bergizi, menjauhi rasa stres, dan lain sebagainya. 
 
Menurut website entrepreneur, ada 10 cara yang bisa dilakukan oleh semua rekan-rekan Career Advice untuk tetap mencintai diri sendiri dan meraih karier cemerlang. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Tetap Bertenang.

Dunia tidak akan seterusnya menawarkan hal-hal indah kepada kita. Akan ada banyak tantangan dan rintangan di dalam pekerjaan yang akan menghalangi langkah kita untuk meraih kesuksesan dan karier yang cemerlang. Namun, bukan berarti kita harus melupakan “hak diri sendiri” yaitu, hak untuk tetap merasakan ketenangan hidup dan kebahagiaan. Sekeras apapun situasi yang kita hadapi sekarang, jangan pernah lupa untuk bersikap tenang. Pikiran yang tenang akan menjauhi kita dari stres, kita juga akan cenderung berpikir dengan jernih dan bekerja secara baik. 
 

2. Miliki Waktu Pribadi dan Tetap Bersantai.

Tidak peduli seberapa sibuknya kita dalam menyelesaikan semua tugas kerja yang ada, kesibukan tidak akan pernah berhenti. Malahan itu akan bertambah setiap harinya. Cara pertama yang perlu dilakukan untuk tetap mencintai diri sendiri dan bisa meraih karier yang bagus adalah tetap mengalokasikan waktu untuk “me time” atau waktu pribadi yang akan kita gunakan untuk bersantai. 
 
Memiliki waktu pribadi dan bersantai tidak harus pergi bercuti dan liburan, jika kita memang tidak bisa mengambil cuti sama sekali. Waktu bersantai juga bisa dilakukan dengan merendam kaki di air hangat sepulang kerja atau bermain game kesukaan. 
 
Rilekskan pikiran, tubuh, dan jiwa kita dengan cara apapun yang paling kita sukai. Relaksasi sangat penting untuk mental dan keseimbangan emosional kita. Kondisi mental yang baik akan memudahkan kita untuk meraih kesuksesan. 

3. Selalu Bertanggung Jawab terhadap Diri Sendiri. 

Cara terbaik untuk mencintai diri sendiri juga bisa dengan bersikap tanggung jawab terhadap segala sesuatu yang telah kita pilih dan segala tindakan yang sudah kita ambil. Coba deh kita pikirkan kembali, semua orang sukses di dunia ini bisa meraih kesuksesan mereka karena selalu bertanggung jawab atas apa yang mereka lakukan. 
 
Mereka selalu menjaga diri dengan menjaga kesehatan seperti, tidak jajan sembarangan. Bertanggung jawab terhadap diri sendiri juga bisa dilakukan dengan menyelesaikan segala tugas kerja yang diberikan dengan tepat waktu
 
Orang-orang yang selalu menjaga tanggung jawab mereka akan lebih mudah meraih kesuksesan. Mengapa? Karena mereka adalah orang-orang yang dapat dipercaya dan bisa diandalkan. Jika diri sendiri saja tidak pernah dikhianati, apalagi orang lain? 
 

4. Menikmati Minuman yang Hangat.

Sedang stres dan penat dengan pekerjaan dan hari-hari buruk kita di kantor? Selamatkan pikiran kita dari kekacauan ini dengan menikmati minuman hangat yang kita sukai. Misalnya, secangkir teh hangat atau secangkir coklat panas. Hmm, yummy! Minuman yang hangat akan membuat kita lambat dalam meminumnya, karena kita ingin menikmati setiap tegukannya. 
 
Ketika kita menjadi lambat seperti itu, maka napas kita juga akan melambat, dan secara alami kita juga akan menjadi lebih tenang. Jadi setiap rekan pembaca merasa stres dan butuh ketenangan, luangkan waktu 10 menit untuk meminum minuman hangat yang kita sukai. Jika kita sudah berhasil menenangkan diri kita, maka kita akan bersiap untuk bekerja kembali. 
 

5. Makan Makanan yang Sehat dan Melezatkan.

Cara kelima yang bisa kita lakukan adalah tetap mengonsumsi makanan yang sehat dan lezat. Kesehatan fisik sangat penting untuk kita jaga. Tidak ada satu orang pun yang bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan kita, selain diri kita sendiri. Untuk meraih kesuksesan dan karier yang cemerlang, kita perlu memiliki kesehatan fisik yang kuat. Jadi, jangan lupa cintai diri kita dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan lezat ya. 
 

6. Menonton Televisi atau Film Kesukaan. 

Meskipun kita punya setumpuk pekerjaan kantor yang dibawa pulang ke rumah, tidak ada salahnya kok mencuri-curi waktu untuk menonton televisi atau film-film kesukaan. Dengan menonton televisi atau film favorit, ini akan membantu otak dan pikiran kita menjadi lebih rileks dan segar. Bukan hanya itu, kita juga bisa mendapatkan inspirasi baru ketika menonton film-film favorit kita. Dan, tentunya inspirasi atau ide-ide kreatif akan sangat bermanfaat bagi karier kita. 

7. Rajin Membaca Buku.

Bukan hanya tubuh kita saja yang perlu mengonsumsi makanan sehat dan lezat, namun otak kita juga perlu diberikan “makanan sehat” loh. Makanan sehat untuk otak kita adalah buku-buku bacaan yang bermanfaat. Setelah kita membaca buku, kita akan merasa lebih baik karena ada rasa pengembangan diri. 
 
Membaca buku juga akan membuat kita untuk tetap terarah dan terinspirasi. Ini akan mengizinkan kita untuk beristirahat secara imajinatif dari kehidupan kerja kita yang begitu sibuk dan rumit. Semakin banyak kita membaca buku, semakin banyak kita dapat melatih otak kita. Semakin sering kita melatih otak, maka pengetahuan dan kepercayaan diri kita akan semakin terasah. Jadi, secara tidak langsung membaca buku dapat memudahkan kita untuk meraih karier yang cemerlang. 
 

8. Jangan Takut untuk Berbicara. 

Masih banyak orang-orang di sekitar kita, atau bahkan diri kita sendiri yang merasa takut untuk berbicara. Kita terlalu sibuk dan pusing untuk memikirkan opini dan pendapat orang lain tentang apa yang kita ucapkan. Kita takut untuk berkata “tidak” atau menolak sesuatu, kita merasa tidak percaya diri untuk berbicara di depan umum untuk menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya, bahkan kita juga takut untuk menyampaikan inspirasi dan ide-ide cemerlang di dalam rapat kerja. 
 
Stop! Hentikan segala ketakutan ini. Kita perlu mencintai diri sendiri dengan berani berbicara di hadapan orang lain dan berani mengungkapkan apapun yang kita rasakan. Bicara adalah salah satu hak asasi yang manusia miliki, maka berbicaralah dan raihlah karier cemerlang yang kita inginkan. 

9. Bepergian Keluar Rumah dan Lihatlah Betapa Indahnya Dunia!

Jangan sampai kesibukan telah membuat kita lupa untuk menyadari betapa indahnya dunia yang kita tempati ini. Jika rekan pembaca memiliki peluang untuk bercuti, maka ambilah kesempatan itu dan nikmati kehidupan yang kita miliki sekarang. Shht! Semua orang yang sudah berhasil mendapatkan kesuksesannya saja tetap perlu jalan-jalan keluar rumah kok, jadi jangan mengurung diri kita di dalam rumah secara terus-menerus, ya. 
 

10. Jelajahi Tempat-tempat Indah dan Temukan Diri yang Baru. 

Tidak cukup untuk bepergian keluar rumah saja, kita juga perlu menjelajahi tempat-tempat yang indah. Dengan pergi ke tempat yang indah dan menenangkan, ini akan membantu kita untuk menemukan jati diri kita yang baru, yang mungkin pernah hilang karena merasa demotivasi di kantor. 
 
Sebelum mencintai orang lain, pastikan bahwa kita sudah mencintai diri kita sendiri ya, rekan-rekan Career Advice.  Selamat mencintai diri sendiri dan meraih karier cemerlang untuk kita semua!

Featured Career Advice