×
STUDILMU Career Advice - 10 Cara Mengembangkan Pola Pikir Sukses
Mindset

10 Cara Mengembangkan Pola Pikir Sukses

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Setiap orang berlomba-lomba untuk mengejar kesuksesan. Namun, tidak banyak orang yang memikirkan “bagaimana caranya mengembangkan pola pikir sukses?”. Pola pikir yang positif dan mengarah pada kesuksesan hanya bisa diciptakan oleh diri kita sendiri. Meskipun orang-orang di sekitar kita juga memiliki pengaruh yang tinggi terhadap pola pikir dan perilaku kita, namun ada cara lain agar kita dapat mengembangkan pola pikir sukses. Nah, berikut ini 10 cara yang bisa kita lakukan untuk mendapatkan pola pikir sukses tersebut. 
 

1. Menempatkan Diri pada Situasi Baru yang Menantang.

Sederhananya, orang-orang yang memiliki pola pikir sukses selalu mencari hal-hal baru yang menantang adrenalin mereka. Mereka suka keluar dari zona nyaman, karena bagi mereka zona nyaman tidak akan mengembangkan ide-ide, keterampilan dan keahlian mereka. Zona nyaman hanya membuat mereka ‘mandek’ dan merasa puas dengan segala hal yang ada. Padahal untuk mencapai kesuksesan sangat diperlukan perubahan-perubahan baru yang positif. Sebagai contoh, mencoba untuk mempelajari bahasa baru yang menurut kita susah. Misalnya bahasa Spanyol, mana tau suatu saat kita bisa bekerja di sana, kan? 
 

2. Tidak Malu untuk Memiliki Seorang Mentor.

Beberapa orang akan merasa malu atau minder ketika memiliki seorang mentor. Seakan-akan mereka tidak bisa membimbing karier mereka sendiri sebagai orang dewasa. Padahal, memiliki seorang mentor bukan berarti kita tidak mandiri atau kehilangan arah loh! 
 
Dengan mempunyai mentor yang terpercaya, kita seperti memiliki seorang dokter yang siap membantu ‘kesehatan’ karier kita, sekaligus kerabat dekat yang siap mendukung karier kita.
 
Inilah mengapa pola pikir orang-orang sukses tidak akan malu memiliki mentor, karena seorang mentor memang sangat diperlukan untuk membantu karier kita. 
 

3. Kegagalan Hanyalah Peluang Baru untuk Belajar. 

Cara ketiga untuk mengembangkan pola pikir sukses adalah tidak sedih atau tersiksa dengan kegagalan yang dihadapi. Pola pikir orang sukses selalu berpikir bahwa kegagalan hanyalah peluang baru yang Tuhan sediakan agar mereka dapat belajar. Bayangkan deh kalau kita selalu menerima kesuksesan di dalam hidup, kita tidak akan pernah belajar tentang langkah apa yang benar dan langkah apa yang salah. Selain itu, kita juga tidak akan pernah belajar untuk bersabar dan menerima kenyataan. Jadi, sekarang tidak perlu takut lagi dengan kegagalan ya.

4. Mengelilingi Diri dengan Orang-orang Sukses.

Cara ampuh lainnya agar bisa memiliki pola pikir sukses, ya tentunya bergabung dan mengelilingi diri dengan orang-orang sukses. Mengapa? Karena para orang sukses pastinya sudah memiliki pola pikir hebat seperti yang kita inginkan. Lingkungan yang kita pilih sangat berperan penting dalam menciptakan pola pikir kita. Sebagai makhluk sosial, banyak sedikitnya kita akan dipengaruhi oleh orang-orang di sekitar kita. 

5. Membuat Satu Folder Terkait Pencapaian yang Paling Membanggakan.

Ada cara lain yang cukup sederhana untuk mengembangkan pola pikir sukses yaitu, membuat satu folder di laptop yang khusus untuk menyimpan semua sertifikat, ijazah atau foto-foto pencapaian kita yang paling membanggakan. Memang sih, kita perlu berfokus pada masa sekarang karena pencapaian yang terjadi di masa lalu mungkin sudah tidak berlaku lagi. 
 
Namun, tidak ada salahnya kok jika kita mau bernostalgia dengan dokumen-dokumen kebahagiaan tersebut, sehingga pola pikir kita akan terus berkembang dan terpacu untuk memiliki pencapaian yang lebih besar dari yang pernah kita buat. 
 

6. Berani Menghancurkan ‘Rasa Stres’. 

Orang-orang yang memiliki pola pikir sukses pasti memahami dengan baik bahwa perasaan stres hanya akan ‘membunuh’ pikiran mereka. Jadi, ketika rekan-rekan pembaca ingin mengembangkan pola pikir sukses, jangan takut untuk menghancurkan perasaan stres tersebut. Untuk apa merasa stres kalau kita bisa memilih untuk bahagia? Jadikan hal-hal yang membuat kita stres menjadi sebuah tantangan yang mengasyikkan. 
 

7. Tidak Takut untuk Memiliki Tujuan Hidup Setinggi Mungkin.  

Hanya orang-orang pesimis yang tidak percaya dengan kemampuan yang mereka miliki. Dulunya, orang-orang sukses mengembangkan pola pikir mereka dengan menanamkan keyakinan bahwa kemampuan dan keterampilan yang mereka miliki dapat mengantarkan mereka pada tujuan apapun yang mereka inginkan. Tidak ada mimpi yang ‘mustahil’, yang ada hanya sikap meremehkan diri dan terkungkung dengan mimpi yang tidak pernah berani untuk kita raih. 
 

8. Selalu Mendengarkan Kata Hati yang Paling Terdalam.

Naluri atau kata hati kita sering menjadi petunjuk berarti dari Tuhan untuk setiap manusia dalam mengambil tindakan apapun. Kembangkan pola pikir yang berorientasi pada kesuksesan dengan cara mendengarkan kata hati kita yang paling terdalam. Misalnya, ketika kita ingin melakukan sebuah kecurangan, kata hati akan menolak perbuatan kita tersebut. Maka, jangan hiraukan apa yang dilarang oleh kata hati kita, karena kata hati akan selalu mendorong hal-hal positif untuk kita lakukan. 
 

9. Berjalan-jalan dan Melihat Sisi Lain dari Dunia. 

Mungkin selama ini kita terlalu terkungkung dengan ‘dunia kita’ sendiri. Kita menjadi orang yang menutup mata kita dari realitas kehidupan yang tidak kita rasakan dan tidak kita alami. Ketika kita merasa tidak bersyukur dengan kehidupan yang kita miliki, cobalah untuk berjalan-jalan melihat sisi lain kehidupan. 
 
Lihatlah keluarga seorang pemulung yang membawa anak-anaknya di atas gerobak sampah, lihatlah para pengamen jalanan yang masih berumur sangat kecil atau anak-anak muda yang harus berjualan makanan dari pagi sampai malam. 
 
Rasakan bentuk kenikmatan yang kita rasakan, dan berjanjilah untuk membuat kehidupan mereka menjadi lebih baik dari sekarang. Caranya? Kita harus menjadi orang sukses agar dapat membantu mereka. Ini merupakan cara mengembangkan pola pikir sukses yang sangat menyentuh hati. 
 

10. Selalu Meluangkan Waktu untuk Orang-orang Tersayang. 

Orang-orang yang kita cintai akan memberikan aura positif kepada kita, yang mana aura positif ini akan mendorong kita untuk terus berusaha menjadi yang terbaik untuk mereka. Kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk menjadi seorang yang sukses agar bisa membahagiakan mereka dan menjamin kehidupan mereka menjadi aman dan tentram. Misalnya, seorang ayah yang menghabiskan waktu dengan putra-putrinya akan semakin merasa tertantang untuk memiliki karier yang lebih sukses. Hal ini dikarenakan seorang ayah ingin anak-anaknya menerima pendidikan yang baik dan kehidupan yang damai. 
 
Apabila rekan-rekan Career Advice benar-benar ingin mengembangkan pola pikir sukses, Yuk dimulai dengan 10 cara di atas agar pola pikir sukses dapat kita miliki.

Featured Career Advice