×
STUDILMU Career Advice - 10 Cara Praktis Meningkatkan Kualitas Diri
Self Improvement

10 Cara Praktis Meningkatkan Kualitas Diri

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Dear pembaca Career Advice, apakah Anda tertarik untuk meningkatkan kemampuan diri Anda? Meningkatkan kualitas diri bukan hanya untuk meraih kesuksesan di masa depan, tapi juga untuk membuat kita merasa lebih bersemangat dalam menjalani hidup yang terasa datar dan kurang menarik. 
 
Ketika saya memikirkan arti hidup, saya menyadari tidak ada yang lebih bermakna daripada mengejar kehidupan yang berkembang dan lebih baik. Melalui meningkatkan kualitas diri kita, kita mendapatkan yang terbaik dari kehidupan. Semakin saya tumbuh, semakin saya menyadari bahwa ada begitu banyak hal di luar sana yang tidak saya ketahui, sehingga saya harus terus belajar. Yang pasti, selalu ada sesuatu tentang diri kita yang bisa kita tingkatkan. Potensi manusia tidak terbatas, sehingga tidak mungkin mencapai titik tanpa pertumbuhan.
 
Jika pembaca tertarik untuk meningkatkan kualitas diri, maka artikel ini sangat cocok untuk kita semua. Pada artikel ini, kita akan membahas 10 cara praktis untuk meningkatkan diri menjadi lebih baik dan hidup kita akan lebih berwarna. Penasaran apa saja? Yuk kita lihat uraiannya di bawah ini. 
 

1. Bangun Lebih Awal itu Bagus

Bangun lebih awal, katakanlah jam 5-6 pagi. Bangun lebih pagi telah diakui oleh banyak orang sebagai salah satu cara yang baik untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas hidup. Ketika kita bangun pagi, pola pikir kita sudah siap untuk melanjutkan momentum dan secara proaktif menjalani hari itu.
 

2. Berolahraga Secara Rutin 

Mensana in corpore sano, di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Untuk meningkatkan kualitas diri, kita juga perlu memiliki kondisi badan yang sehat, berolahraga secara rutin adalah salah satu langkah yang dapat kita lakukan. Cobalah untuk berlari 3 kali seminggu, selama 30 menit setiap kalinya.
 

3. Belajar Bahasa Baru

Mempelajari bahasa baru bukan hanya meningkatkan keterampilan kita, namun juga membuka pikiran kita untuk memahami budaya baru dan pengalaman yang sepenuhnya membuka pikiran kita.

4. Baca Buku Setiap Hari

Buku adalah sumber kebijaksanaan yang terkonsentrasi. Semakin banyak buku yang kita baca, maka semakin banyak kebijaksanaan yang kita dapatkan.
 
Saat pembaca Career Advice membaca buku setiap hari, secara tidak langsung para pembaca memberi makan otak dengan pengetahuan yang baru dan bermanfaat. 

5. Ikuti Kursus Baru

Coba cek lagi, apakah ada kursus baru yang bisa pembaca ikuti? Mengikuti kursus adalah cara yang bagus untuk mendapatkan pengetahuan dan keterampilan baru. Pembaca Career tidak harus masuk kelas untuk mengikuti kursus, kita bisa mendaftar kelas online dan belajar dimana saja, serta kapan saja. Menarik bukan?
 

6. Buat Ruang Inspirasional

Lingkungan kita akan menentukan suasana hati. Jika kita hidup di lingkungan yang penuh inspirasi, maka kita akan terinspirasi setiap hari. Apabila kita sedang merasa tidak termotivasi, coba lihat lingkungan di sekitar kita, apakah lingkungan kita tidak mendukung, kotor, atau penuh dengan kekacauan? Jika “ya”, coba ubah lingkungan sekitar menjadi lebih tentram dan nyaman. 

7. Jangan Merasa Takut

Kita semua memiliki ketakutan. Takut akan ketidakpastian, takut berbicara di depan umum, takut akan risiko. Semua ketakutan kita membuat kita berada pada posisi yang sama dan mencegah kita untuk maju ke depan.
 
Ketahuilah bahwa ketakutan kita mencerminkan area di mana kita dapat tumbuh. Saya selalu menganggap ketakutan sebagai kompas untuk pertumbuhan. Jika saya memiliki rasa takut tentang sesuatu, itu mewakili sesuatu yang belum saya atasi, dan dengan mengatasinya, akan membantu saya untuk tumbuh.
 

8. Menulis Surat untuk Diri Kita di Masa Depan

Pernahkah terbayang akan menjadi apa kita selama 5 tahun ke depan dari sekarang? Apakah Anda akan sama? Berbeda? Anda akan menjadi orang seperti apa?
 
Coba tulis tujuan hidup apa saja yang ingin kita raih di lima tahun ke depan, dan berusaha sekuat mungkin untuk meraihnya. Yakinlah, usaha tidak akan pernah mengkhianati hasil. 

9. Keluar dari Zona Nyaman 

Pertumbuhan nyata datang dengan kerja keras dan keringat. Menjadi terlalu nyaman tidak membantu kita tumbuh, itu membuat kita mandek. Jadi, coba cari tahu apa zona kenyamanan bagi pembaca Career Advice? Dan lakukan sesuatu yang berbeda.
 
Dengan memaparkan diri kita ke konteks baru, kita benar-benar tumbuh ketika kita belajar untuk bertindak dalam keadaan baru.
 
Tantang diri kita untuk melakukan sebuah perubahan yang mendasar dan baik bagi peningkatan kualitas diri.
 

10. Minta Umpan Balik

Sebanyak yang kita coba untuk meningkatkan kualitas diri menjadi lebih baik, kita akan selalu memiliki titik-titik buta. Meminta umpan balik memberi kita perspektif tambahan. Beberapa orang yang akan didekati adalah teman, keluarga, kolega, bos, atau bahkan kenalan, karena mereka tidak akan memiliki prasangka dan dapat memberikan umpan balik secara objektif.
 
Jangan takut untuk mendapatkan umpan balik dari orang lain, apalagi jika itu adalah umpan balik yang sangat membangun. Jadikan umpan balik sebagai hadiah berharga yang diberikan oleh orang lain kepada kita.
 
Ok, itu dia 10 cara praktis yang dapat pembaca Career Advice terapkan untuk meningkatkan kualitas diri. Tidak ada salahnya jika kita berusaha untuk mempraktikkannya dari sekarang, bukan? jadi, tunggu apalagi? Semangat untuk kita semua.

Featured Career Advice