×
STUDILMU Career Advice - 10 Kata-Kata Positif untuk Menjauhkan Rasa Rendah Diri
Self Improvement

10 Kata-Kata Positif untuk Menjauhkan Rasa Rendah Diri

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Definisi Kata-Kata Positif dan Rendah Diri

Sebelum membahas lebih lanjut tentang definisi “rendah diri”, ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu makna dari “kata-kata positif”, sehingga kita bisa tahu apa kaitan antara kehadiran kata-kata positif dan hilangnya rasa rendah diri. Kata-kata positif adalah kata-kata yang mengandung arti baik atau positif yang dapat memberikan implikasi positif yang luar biasa kepada orang-orang yang menerimanya. Kata-kata positif yang disampaikan kepada orang lain akan membuat sang penerima kata-kata ini menjadi lebih termotivasi dan bersemangat. 
 
Bagaimana dengan arti “Rendah Diri”? Rendah diri adalah perasaan minder atau inferior yang dirasakan oleh seseorang karena menganggap dirinya lebih rendah dibandingkan orang-orang di sekitarnya dalam beberapa hal tertentu. Merasa rendah diri itu contohnya bisa seperti, merasa kurang pintar, kurang cantik, merasa tidak ada teman yang mau bergaul dengan kita, merasa lebih miskin, dan lain sebagainya. Bahkan, untuk beberapa hal yang sebenarnya tidak dipermasalahkan oleh orang lain, bisa menjadi suatu masalah bagi orang-orang ini. Misalnya, karyawan A merasa bahwa dirinya kurang pandai jika dibandingkan dengan rekan-rekan kerja lainnya. Padahal, rekan-rekan kerja dari karyawan A merasa tidak ada masalah pada kepandaiannya, bahkan beberapa rekan kerjanya menganggap karyawan A adalah seorang yang pintar. 
 

Kata-Kata Positif yang Menjauhkan Kita dari Rasa Rendah Diri 

Perasaan rendah diri, minder atau inferior bisa terjadi karena berbagai faktor, salah satunya adalah lingkungan yang kurang baik atau kata-kata yang kurang baik untuk didengar. 
 
Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas kata-kata positif yang berdampak positif pada perasaan orang yang menerimanya. Menurut website entrepreneur, ada 10 kata-kata positif yang bisa kita sampaikan kepada orang lain, karena kata-kata positif ini dapat membantu menjauhkan orang lain dari rasa rendah diri dan minder. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Katakan “Anda Cukup Cerdas”

Kata pertama yang bisa kita berikan adalah “Anda cukup cerdas”, walau mungkin kenyataannya kita sedang berbicara dengan seseorang yang kurang pintar atau lambat dalam mencerna informasi. Dengan menyampaikan frasa ini, kita akan membuat perasaan orang lain menjadi lebih baik dan lebih bersemangat untuk belajar lebih, karena mereka dipuji “cukup cerdas” oleh orang lain. 

2. Katakan “Anda Pasti Bisa”

Selain kata “Cukup Cerdas”, kata-kata positif seperti “Kamu pasti bisa” pasti akan membuat orang lain lebih percaya diri dengan kemampuannya. Terlebih lagi, rasa rendah diri sering datang karena kita menganggap kemampuan kita tidak sehebat orang lain. Dengan menyampaikan kata-kata ini, kita sedang membantu orang lain untuk mempercayai dirinya lagi.  
 

3. Katakan “Anda adalah Orang Baik”

Pernahkah kita bertemu dengan seseorang yang selalu menganggap bahwa dirinya kurang baik? Jika ya, sampaikan kata-kata positif ini kepada mereka. Yakinkan mereka bahwa setiap orang itu sejatinya adalah orang baik. Dengan menyampaikan frasa ini, kita sedang mendukung orang lain untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya.  

4. Katakan “Anda adalah Seorang yang Kompeten”

Ini adalah kata positif yang sering digunakan oleh seorang pemimpin atau bos dalam memotivasi karyawannya. Frasa ini juga bisa kita gunakan untuk menyemangati rekan kerja atau kerabat kita. Tidak ada satupun orang yang terlahir tanpa kemampuan yang dianugerahkan Tuhan untuk dirinya. Katakan frasa ini ketika seseorang merasa bahwa dirinya tidak mampu atau tidak memiliki kemampuan seperti orang lain. 
 

5. Katakan “Anda adalah Seorang yang Rajin”

Setiap orang sebenarnya terlahir dengan sifat yang rajin, hanya saja lingkungan di sekitar kita sering tidak mendukung kita menjadi orang yang rajin dan gigih. Ketika kita bertemu seseorang, baik kerabat dekat atau rekan kerja yang sedang merasa demotivasi, sampaikanlah kata-kata positif ini. Dengan begitu, mereka akan merasa berlabelkan sebagai seorang yang rajin dan akan menjadi orang yang lebih gigih dalam menjalani kehidupannya.

6. Katakan “Anda adalah Seorang yang Ceria”

Apakah rekan kerja Anda sedang merasa murung dan sedih? Yuk, sampaikan kata-kata positif ini kepada dirinya. Dengan menyampaikan kalimat ini, kita sedang memberi pesan kepada dirinya bahwa dia akan terlihat lebih menyenangkan ketika dia bersikap ceria. Sedangkan, sikapnya yang murung hanya akan membuat dirinya terlihat kurang menarik. 
 

7. Katakan “Anda Cantik atau Anda Tampan”

Seringkali, fisik menjadi faktor yang paling sering membuat orang lain merasa rendah diri. Kita selalu membanding-bandingkan tinggi badan kita, warna kulit, bentuk hidup, berat badan, dan lain sebagainya. Padahal, setiap orang terlahir dan tumbuh dengan keunikan yang mereka miliki dari Tuhan. Katakanlah bahwa “Anda cantik” atau “Anda tampan”. Dengan menyampaikan frasa ini kepada mereka, maka mereka akan lebih menghargai fisik mereka apa adanya karena ada seseorang yang telah memuji mereka cantik atau tampan. 

8. Katakan “Anda adalah Seorang yang Lucu”

Siapa sih yang tidak suka dibilang lucu? Karena pada kenyataannya, sangat jarang sekali orang yang bisa memberikan humor terbaik kepada orang lain. Itulah mengapa orang-orang yang membawa canda tawa adalah para individu yang sangat menarik. Kita bisa menyampaikan kata-kata positif ini kepada orang lain, agar mereka tahu bahwa kehadiran mereka sangat membawa kebahagiaan. 
 

9. Katakan “Anda adalah Seorang yang Unik”

Ini adalah kata-kata positif yang sangat diperlukan oleh banyak orang. Mengapa? Karena ada begitu banyak orang yang merasa bahwa dirinya aneh, abnormal dan tidak sama seperti orang lain, hanya karena mereka sibuk membandingkan diri mereka dengan orang lain. Dengan menyampaikan frasa ini, kita sedang meyakinkan seseorang bahwa Tuhan menciptakan setiap manusia dengan keunikannya masing-masing. Jadi, kita tidak perlu merasa rendah diri
 

10. Katakan “Anda Hebat seperti Apa Adanya Sekarang”

Dengan menyampaikan frasa ini, seseorang yang menerima frasa ini akan berpikir dan yakin bahwa dirinya tidak perlu menjadi seperti orang lain, karena ada seseorang yang bisa dan mau menerima dirinya apa adanya. 
 
Dengan menyampaikan kata-kata positif di atas, kita sedang merubah dunia menjadi tempat yang lebih indah untuk dihuni. Kita akan melihat bahwa mereka yang dulunya merasa rendah diri, sekarang melangkah ke depan dengan pasti. Yuk, kita sebarkan kata-kata positif yang menghilangkan rasa rendah diri, mulai dari sekarang. Selamat menerapkannya ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice