×
STUDILMU Career Advice - 13 Cara Mengatasi Stres
Self Improvement

13 Cara Mengatasi Stres

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo, pembaca Career Advice, setiap kita pasti selalu berusaha untuk menjadi unggul dalam pekerjaan kita, baik dalam mengerjakan tugas-tugas maupun menjalin hubungan dengan rekan kerja. Jika rekan pembaca adalah seorang ibu yang juga bertanggung jawab dengan urusan rumah, atau kepala keluarga, apapun posisi rekan pembaca, memiliki tanggung jawab yang banyak merupakan beban yang dapat membuat Anda stres.
 
Cobalah pikirkan waktu ketika kehidupan berhenti memberi Anda kesenangan dan keseruan, kapankah segala sesuatunya berubah menjadi sangat melelahkan dan Anda merasa tak sanggup lagi? Ketika kita menjadi sangat sibuk dan merasa sangat lelah, sangatlah wajar jika kita menjadi kacau bahkan berdampak bagi kesehatan kita juga. 
 
Rekan pembaca, tidak semua hal berada dalam kendali Anda. Satu-satunya yang dapat Anda kendalikan adalah pikiran Anda sendiri. Jika Anda selalu khawatir dan cemas akan suatu hal, maka inilah saat yang tepat untuk Anda mengubah fokus dan meningkatkan kesehatan mental Anda. Bagaimana rekan pembaca dapat melakukan hal ini? berikut adalah cara-cara praktis untuk menangani stres.
 

1. Tetap Teratur

Jika rekan pembaca merasa memiliki tugas yang banyak dan membuat Anda kelelahan setiap harinya, sebaiknya buatlah daftar tugas. Rekan pembaca dapat menuliskan di buku catatan atau menggunakan ponsel cerdas Anda. Ini membantu Anda untuk mengerjakan tugas berdasarkan prioritas utama sehingga Anda dapat menyelesaikan tugas-tugas itu semua. Terkadang, saat pikiran kita berkeliaran kemana-mana, melihat catatan daftar tugas tersebut adalah awal yang baik untuk memulainya. 
 
Ketika Anda memiliki daftar tugas, Anda akan mudah untuk melacak dan mempertahankan tujuan-tujuan Anda. Ambilah suatu waktu dalam suatu hari untuk dapat mengatasi stres dengan lebih baik. 

2. Hindari Perfeksionisme

Setiap pribadi menginginkan segala sesuatu berjalan dengan sempurna. Ketika Ada hal yang kurang, muncul ketidakpuasan dalam diri. Meskipun ini adalah langkah yang tepat agar Anda dihargai, apakah rekan pembaca menyadari bahwa hal ini sebenarnya justru merusak Citra Anda?
 
Perfeksionisme mengarahkan Anda pada stres tingkat tinggi. Saat Anda berusaha untuk menjadi sempurna, Anda akan berfokus pada hal-hal kecil yang menambah tingkat stres Anda. tidak ada yang sempurna dalam dunia ini, jadi, berhentilah menjadi sempurna.
 
Berfokuslah untuk melakukan hal-hal terbaik. Berhentilah bersikap terlalu kritis akan diri Anda dan kesalahan yang Anda buat. Bebaskan diri Anda dari tolak ukur yang tidak realistis. Anda akan melihat betapa leganya perasaan Anda.
 

3. Penyelesaian Konflik

Seringkali stres semakin bertambah saat kita memiliki konflik dengan rekan kerja, teman bahkan pasangan. Cara terbaik untuk mengatasi stres yang muncul karena faktor ini adalah berbicara dengan orang tersebut dan menyelesaikan konflik dengan komunikasi yang efektif. 
 
Kesalahan terbesar yang sering dilakukan saat menghadapi hal ini adalah melarikan diri dari orang tersebut. Ini hanya menambah ketegangan dan membawa Anda pada tingkat stres yang lebih jauh. Jadi, jika rekan pembaca memiliki masalah dengan rekan kerja atau manajer Anda, bicaralah dengan orang tersebut dan selesaikan masalahnya. Jangan lari untuk berusaha menyembunyikan emosi negatif Anda, ini hanya membuat Anda semakin stres.
 

4. Delegasikan Pekerjaan dengan Cerdas

Rekan pembaca bukanlah seorang superman atau superwoman. Anda tidak dapat melakukan segala hal dan berada di segala tempat. Apa yang harus dilakukan jika Anda memiliki banyak hal yang harus diselesaikan agar Anda terhindar dari stres?
 
Delegasikanlah tugas-tugas tersebut. Pendelegasian merupakan sebuah keterampilan yang harus Anda kuasai. Anda perlu menentukan orang yang tepat untuk menyelesaikan suatu tugas. Ini akan membuat hidup Anda menjadi lebih mudah.
 

5. Belajar Mengatakan Tidak

Setiap orang pastinya ingin disukai dan menyenangkan orang lain. Tetapi bagaimana jika ketidakmampuan Anda untuk mengatakan “tidak” justru menambah tingkat stres Anda? baik itu bos Anda yang membombardir Anda dengan setumpuk tugas yang tak masuk akal atau mungkin pihak komite sekolah anak Anda meminta Anda untuk menjadi relawan dalam sebuah acara. Jika Anda merasa tidak sanggup, katakanlah “tidak” pada hal-hal tersebut, dan itu sah-sah saja.
 
Mengatakan “tidak” bukan berarti Anda adalah seorang yang buruk. Ini memastikan bahwa Anda menggunakan waktu Anda untuk hal-hal yang tepat sehingga Anda tidak perlu menyesalinya di kemudian hari. 

6. Hindari Penundaan

Penundaan adalah sesuatu yang tidak sehat dan dapat membuat Anda stres. Ketika Anda memiliki banyak sekali pekerjaan, pisahkanlah tugas besar dan tugas kecil. Tetapkan jadwal untuk menyelesaikan tugas-tugas tersebut. 
 
Hindari gangguan dan beristirahatlah ketika Anda membutuhkannya. Jika perlu, hadiahi diri Anda dengan hal-hal yang Anda sukai agar Anda tetap termotivasi dalam menyelesaikan semua tugas. 
 

7. Nikmati Waktu Sendiri

Kapankah terakhir kali rekan pembaca menghabiskan waktu dengan merawat diri di SPA atau berbelanja dengan teman-teman? Ya, rekan pembaca memang memiliki banyak tanggung jawab, tetapi Anda juga perlu untuk duduk, menjadi rileks dan menghidupi waktu yang Anda miliki.
 
Sesibuk apapun rekan pembaca,  luangkan lah waktu untuk melakukan hal-hal yang Anda sukai seperti mendengarkan musik kesukaan atau membaca novel kesukaan atau bahkan membuat masakan kesukaan keluarga. Manjakan diri Anda sesekali karena Anda pantas mendapatkannya. Ini akan membantu menghilangkan kepenatan Anda. 
 

8. Makan Makanan Sehat

Salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah mengonsumsi makanan sehat. Lakukan diet seimbang dan konsumsi makanan yang dapat mengurangi stres. Beberapa mungkin akan memiliki nafsu makan yang menurun ketika mereka menghadapi stres. Namun sebagian lagi akan memiliki nafsu makan yang melonjak naik. Pastikan Anda memilih buah-buahan dan sayuran ya rekan pembaca.
 

9. Tidur yang Cukup

Kita sering mengabaikan waktu tidur. Waktu tidur yang cukup dan nyenyak dapat membuat rekan pembaca menjadi lebih produktif. Tidurlah setidaknya 7-9 jam sehari. Istirahatkan pikiran dan tubuh Anda agar Anda dapat kembali memulai hari dengan pikiran dan tubuh yang lebih segar.
 

10. Bermeditasi 

Dengan bermeditasi, Anda membuat pikiran Anda menjadi tenang dan damai. Ini akan mengurangi tingkat kecemasan dan kekhawatiran yang Anda miliki. Temukan tempat yang tenang dan bermeditasilah 15-20 menit setiap hari. Bermeditasi secara teratur akan mentransformasi Anda menjadi seorang yang lebih baik. 
 

11. Manjakan Diri dengan Hobi 

Manjakan diri Anda dengan melakukan hobi Anda, apalagi jika Anda memiliki hobi baru yang ingin Anda tekuni. Ini akan mengeluarkan Anda dari rutinitas pekerjaan yang melelahkan dan menekan Anda.
 

12. Pergi Berlibur

Berlibur adalah suatu terapi untuk mengistirahatkan pikiran Anda dari hal-hal yang mengacaukan dan membuat Anda stres. Inilah waktu yang tepat untuk pergi ke tempat baru bersama keluarga Anda.
 

13. Bersikap baik Terhadap Diri Sendiri

Saat berada dalam suasana stres, kita cenderung kehilangan kesabaran yang justru melukai orang –orang disekitar bahkan diri kita sendiri. Anda harus melatih diri untuk bersabar dan carilah cara positif untuk menghibur diri Anda.
 
Itulah 13 cara yang dapat rekan pembaca lakukan saat menghadapi stres. Jika rekan pembaca mengalami stres atau tekanan, beristirahat dan ambilah waktu untuk melakukan hal-hal diatas agar Anda dapat mengembalikan diri Anda pada tingkat emosi yang normal. Maka, Anda pun dapat menyelesaikan tugas-tugas dengan maksimal. 

Featured Career Advice