×
STUDILMU Career Advice - 3 Cara Membantu Sukses Perusahaan Start-up
Entrepreneurship

3 Cara Membantu Sukses Perusahaan Start-up

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Saat kita memulai bisnis, itu merupakan awal dari perjalanan karier kita. Entah itu startup atau apapun, membangun bisnis dari awal adalah suatu tantangan luar biasa yang pasti akan dihadapi oleh semua pemilik bisnis. 
 
Jadi, apakah Anda adalah seseorang yang baru saja memulai startup? dan sedang meraba-raba tentang seperti apakah keberhasilan sebuah startup itu?.
 
Tenang, Anda tidak harus melakukannya sendiri. Lebih dari 99 persen pengusaha di Amerika Serikat membentuk sebuah komunitas untuk mendukung satu sama lain. Seperti yang kita ketahui, mendirikan sebuah bisnis memerlukan keteguhan dan mental yang kuat, hal ini membuat pengusaha untuk saling mendukung satu dengan yang lainnya, meskipun nyatanya mereka adalah pesaing satu sama lainnya. 
 
Di dalam komunitas, kita dapat menemukan sumber daya seperti program, basis data, grup media sosial, orang-orang yang tahu bagaimana rasanya berjalan dengan sepatu yang sama (maksudnya: menjalani bisnis seperti Anda). 
 
Sejumlah sumber daya spesifik industri dapat membantu kita memperluas perusahaan dan basis pengetahuan pribadi, meningkatkan peluang keberhasilan bagi Anda dan bisnis yang dimiliki. 
 

1. Akselerator dan inkubator yang membuka peluang pertumbuhan

Program akselerator dan inkubator adalah bagian penting dari ekosistem startup. Menurut penelitian yang diadakan oleh Brookings, ada bukti awal bahwa program ini menawarkan manfaat besar bagi pengusaha yang terlibat. Akselerator atau inkubator startup dapat membantu kita mengamankan pendidikan, modal, dan jaringan profesional yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis. Ini semua akan terdiri dari perusahaan mapan, pemasok, investor, dan pengusaha lain yang bertujuan untuk mendorong pertumbuhan di seluruh komunitas mereka.
 
Saat mencari akselerator atau inkubator yang tepat untuk diaplikasikan, cari yang spesifik untuk industri Anda untuk mewujudkan manfaat terbesar. Ada banyak opsi di luar sana. Temukan yang paling cocok untuk industri Anda.

2. Database yang terhubung dengan sumber daya yang relevan

Mungkin sudah semakin banyak program akselerator dan inkubator startup yang dapat mempercepat pertumbuhan usaha yang kita miliki, tetapi itu bukan satu-satunya jalan. Ada banyak sumber daya online yang dapat membantu kita berhubungan dengan mentor. Beberapa database online bahkan fokus membantu kita terhubung dengan mitra bisnis yang berbagi visi dengan perusahaan Anda. Nah, untuk menghemat waktu dan meningkatkan peluang bisnis, juga untuk mendapatkan hasil maksimal dari sumber daya digital yang ada pada zaman sekarang, disarankan untuk kita mencari basis data khusus dari industri yang digeluti daripada mencoba semua basis data yang ada.
 
Dengan mencari basis data serupa yang khusus untuk industri yang kita miliki, ini akan membantu kita untuk dapat terhubung dengan mentor, staf, dan mitra bisnis potensial.

3. Platform yang mendukung kemampuan jaringan 

Saat kita mencoba memanfaatkan sumber daya yang berbeda, kita akan terikat dan memiliki kesempatan untuk bertemu dan mengembangkan koneksi dengan pemilik bisnis lain di seluruh industri yang ada. Faktanya, mengolah jaringan seperti ini sangatlah penting. Grup jejaring sosial dengan tingkat profesional yang berfokus pada wirausahawan seperti Facebook, LinkedIn, atau WhatsApp akan membuat jaringan informal semakin lama semakin canggih untuk digunakan.
 
Dengan begitu banyaknya kemudahan yang ada sekarang, kita bisa memulai untuk berteman dengan pengusaha-pengusaha yang sangat berpengaruh di dunianya. Dengan belajar dari cara bisnis yang mereka gunakan di media sosial masing-masing, dapat menjadi bahan refleksi bagi kita untuk dapat menjadi sukses seperti mereka
 
Tidak hanya itu, kita dapat coba menemukan komunitas-komunitas kecil maupun besar, pertemuan langsung seperti seminar atau konferensi, atau lokakarya lokal yang khusus diadakan untuk industri yang Anda geluti. Semua itu dapat diikuti guna mendapatkan manfaat yang besar dari jaringan. 
 
Dibutuhkan tingkat kemandirian tertentu untuk menjalankan sebuah perusahaan, tetapi masa-masa sekarang ini, dibutuhkan lebih dari sekadar ambisi untuk menjadikan usaha kita menjadi sukses. Artikel Ini hanya membahas tiga dari sumber daya, yang dapat membantu Anda sukses lebih cepat dan mendapat dukungan lebih banyak dari yang dibayangkan. 

Featured Career Advice