×
STUDILMU Career Advice - 3 Cara Menciptakan Budaya Pemenang
Self Improvement

3 Cara Menciptakan Budaya Pemenang

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Ketika Anda berpikir untuk membangun tim dengan anggota yang termotivasi dan bersemangat untuk bertahan selama beberapa waktu, kemungkinan ada satu kata yang pernah Anda dengar berulang kali: budaya. Anda dan orang-orang yang bekerja setiap hari memiliki dampak besar pada kebahagiaan Anda, dan kesuksesan Anda.
 
Namun, menumbuhkan budaya yang hidup dan kohesif tidak terjadi dalam semalam dan tentu saja itu tidak terjadi secara kebetulan. Jadi, Anda harus mendalami semua hal yang perlu Anda ketahui tentang budaya perusahaan, termasuk langkah yang harus Anda lakukan untuk mengembangkan budaya positif dalam organisasi Anda.
 
Budaya adalah kepribadian perusahaan. Budaya mencakup misi, nilai, dan keyakinan organisasi Anda untuk membentuk semangat tempat kerja Anda secara keseluruhan. Sama seperti halnya seseorang, kepribadian itu penting. Budaya berkorelasi secara langsung dengan sejumlah faktor yang penting bagi pengusaha maupun karyawan.
 
Seperti hal positif lainnya, menumbuhkan budaya yang hebat membutuhkan pemikiran, perencanaan, dan usaha. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk membangun lingkungan kerja pemenang dalam perusahaan. Bagaimana Anda dapat melakukannya?
 

1. Cari tahu nilai dan elemen yang penting bagi perusahaan Anda. 

Mulailah dengan menguraikan budaya yang ingin dikembangkan. Apakah Anda ingin lingkungan kerja yang santai, atau kantor yang serba cepat dan berenergi tinggi yang menuntut banyak dorongan untuk berinovasi dan unggul? Ataukah Anda ingin membangun kantor yang berfokus pada pengembangan profesional atau yang berfokus pada hasil yang dapat diberikan kembali kepada semua anggotanya?
 
Ketahuilah nilai dan elemen yang penting bagi perusahaan. Begitu Anda memiliki budaya yang Anda inginkan, Anda tidak bisa duduk dan menonton itu terjadi. Anda perlu melakukan perubahan yang diperlukan untuk benar-benar menjalankan budaya. Jika Anda adalah pemimpin, bangunlah budaya dengan memberi contoh.
 

2. Bersosialisasi 

Setiap orang ingin menjadi produktif di kantor. Ketika Anda menghabiskan begitu banyak waktu dengan kolega Anda selama beberapa minggu tertentu, wajar jika Anda ingin mengenal mereka secara pribadi di luar kantor. Budaya yang hidup dan paling bersemangat mendorong banyak interaksi sosial di antara karyawan mereka seperti berolahraga bersama, pesta liburan, malam pertandingan, atau bahkan liburan yang disponsori perusahaan.
 
Jika Anda sedang tidak mengadakan sebuah acara di perusahaan, habiskan waktu “happy hour” dadakan bersama beberapa anggota tim Anda. Kegiatan menyenangkan apapun yang Anda lakukan dengan rekan kerja Anda, akan memperkuat ikatan Anda dan mengarahkan pada budaya yang positif dan erat.
 

3. Menekankan Tujuan

Untuk membangun budaya unggul dalam perusahaan, Anda harus dapat melihat hal lain di luar daftar yang harus dilakukan, Anda juga harus memahami tujuan yang lebih besar. Pastikan Anda termotivasi karena pekerjaan Anda berkontribusi pada organisasi secara keseluruhan. Yang terpenting adalah Anda harus mendorong diri Anda sendiri untuk melangkah keluar secara luas. Tetapkan tujuan Anda dalam hidup dan melangkahlah bersama dengan perusahaan Anda. Anda tidak hanya mencapai tujuan perusahaan saja, tetapi Anda juga akan mencapai tujuan pribadi Anda. 
 
Yang penting untuk diingat adalah budaya tidak terjadi begitu saja, dibutuhkan kerja keras dan partisipasi aktif dari pemimpin dan juga karyawan. Ketika keduanya bersatu demi menghidupkan nilai-nilai perusahaan Anda, Anda pasti akan berakhir dengan lingkungan kerja yang menghasilkan para pemenang.

Featured Career Advice