×
STUDILMU Career Advice - 3 Keahlian dalam Bidang Pelayanan Pelanggan
Customer Service

3 Keahlian dalam Bidang Pelayanan Pelanggan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Pelayanan pelanggan merupakan sebuah komponen penting untuk setiap produk atau jasa yang memiliki kebanggaan dalam melayani para pelanggannya. Mulai dari mengobrol langsung hingga mengirim email ke menelepon juga mengelola akun, Anda akan selalu berhubungan dengan orang-orang yang membuat perusahaan Anda sukses. Anda harus berempati dan ramah. Anda harus memberi pelanggan Anda pengalaman yang mungkin merupakan pengalaman terbaik, dan itu dimulai dengan menjadi seseorang yang bersosialisasi dengan baik. Namun, ada juga beberapa keterampilan lain yang perlu Anda kuasai agar berhasil dalam melakukan peran ini.
 

1. Kemampuan untuk membangun sebuah tim yang kuat

Sebagai agen pelayanan pelanggan atau manajer akun, Anda berdiri di garis depan. Ini berarti Anda adalah titik kontak langsung (dan terkadang satu-satunya titik kontak) antara klien Anda dan tim Anda. Hal yang Anda dengar ketika Anda berbicara dengan klien atau pelanggan Anda adalah umpan balik yang mungkin tidak hanya meningkatkan pengalaman bagi pengguna tetapi juga menguntungkan perusahaan melalui ingatan pelanggan.
 
Karena itu, Anda perlu membangun kesepakatan yang kuat untuk tim Anda secara internal, seperti mereka harus memperhatikan umpan balik tertentu. Apakah sebagian besar pelanggan Anda mengeluh atau meminta fitur tertentu? Apakah pesaing Anda memiliki kesepakatan yang terjadi yang diminta banyak pelanggan Anda? Bagaimana permintaan ini memengaruhi pelanggan lain yang menggunakan produk atau pelayanan untuk serangkaian kebutuhan yang sama sekali berbeda? Menjaga pertanyaan seperti ini akan membantu Anda memberikan bukti yang akan meyakinkan tim Anda untuk bergerak maju berdasarkan permintaan.
 

2. Kemampuan untuk mengenali hal-hal yang memiliki prioritas rendah

Meskipun Anda berfokus pada pelanggan, Anda tetap harus bisa menempatkan permintaan yang memiliki minat terendah pada daftar prioritas. Pelanggan akan selalu menginginkan pelayanan atau penawaran baru, tetapi terserah Anda untuk menentukan banyaknya nilai yang dimiliki fitur dalam sebuah produk sehubungan dengan banyak hal yang harus dilakukan dalam penjualan sebuah produk. Selalu tanyakan kepada pelanggan Anda, "Apakah ini sesuatu yang bagus untuk dimiliki, atau suatu keharusan untuk Anda/bisnis Anda?" Untuk membantu Anda dalam mengambil keputusan. Jika Anda tahu bahwa sesuatu hal sepertinya harus menjadi prioritas rendah, nyaman atau tidak untuk menyampaikannya, Anda harus mengatakannya dengan cara yang membuat pelanggan tetap merasa dihargai.
 
Perusahaan Anda mungkin akan membantu Anda untuk melatih respons dalam situasi seperti ini, tetapi sesuatu di sepanjang jalur ini biasanya berhasil dengan baik, Anda dapat mengatakannya “Terima kasih banyak atas tanggapan Anda. Ini merupakan hal yang sangat berharga bagi tim kami. Kami saat ini datang dengan banyak penawaran hebat untuk Anda, seperti x dan y, jadi sementara kami tidak dapat memenuhi permintaan Anda saat ini, saya akan menyimpan catatan ini sehingga kami dapat mempertimbangkan kembali dalam beberapa bulan kedepan."
 

3. Kemampuan untuk bekerja dengan baik di bawah tekanan

Anda tahu produk atau pelayanan yang Anda berikan merupakan yang terbaik karena Anda mengerjakannya setiap hari. Masalahnya adalah bahwa hal itu mungkin tampak seperti alat yang intuitif untuk Anda, namun tidak bagi orang lain. Ini berarti Anda mungkin akan memiliki pelanggan yang menelepon dengan keluhan dan merasa frustasi. Sebagai seorang yang memiliki banyak pengalaman akan pelanggan, sangatlah penting bagi Anda untuk bekerja dengan baik di bawah tekanan, bahkan ketika pelanggan Anda datang dengan sederet keluhan. 
 
Anda harus dapat menenangkan mereka dan juga berkomunikasi secara empatik dan efektif dengan mereka untuk menyelesaikan masalah. Apakah hal tersebut merupakan sesuatu yang merupakan kesalahan kecil dari pengguna atau sesuatu yang lebih besar, seperti bug dalam sistem. 
 
Itulah 3 keahlian yang harus dikuasai dalam bidang pelayanan pelanggan. Jika Anda menguasai keterampilan ini, itu adalah langkah besar dalam mengubah cara pelanggan berbicara tentang perusahaan Anda yang juga akan membantu Anda dalam meningkatkan hubungan pelanggan yang lebih baik.

Featured Career Advice