×
STUDILMU Career Advice - 3 Kiat Sukses Untuk Terus Bertumbuh
Self Improvement

3 Kiat Sukses Untuk Terus Bertumbuh

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Jika Anda telah bekerja selama bertahun-tahun, Anda pasti telah bertemu dengan banyak pemilik bisnis yang sukses. Dalam bekerja dengan orang-orang ini, Anda mungkin menemukan bahwa para pengusaha yang paling produktif semuanya menggunakan strategi dasar yang sama untuk sukses, yaitu, mereka bergantung pada orang lain, tetapi mereka tahu bahwa sumber daya terbaik mereka terletak di dalam diri mereka.
 
Itu adalah sesuatu yang bisa kita semua pelajari. Setiap kita adalah investasi terbaik kita sendiri. Mencurahkan waktu, tenaga, dan sumber daya untuk memperbaiki diri sendiri adalah cara paling efektif untuk mencapai potensi penuh kita dan memastikan kesuksesan untuk masa depan.
 
Tetapi seperti investasi apa pun, mengembangkan diri sendiri melibatkan perhatian, waktu, dan kesabaran yang teratur, dan sedikit risiko. Berikut adalah tiga strategi untuk menumbuhkan aset berharga dalam pribadi Anda sendiri.
 

1. Jangan Pernah Berhenti Belajar

Agar (dan tetap) kompetitif dalam industri Anda, Anda perlu mengembangkan keahlian. Anda perlu meningkatkan dan memperluas dasar pengetahuan Anda, dan Anda perlu memperbaharuinya secara teratur. Berbekal pengetahuan itu, Anda dapat menunjukkan kepada para pemangku kepentingan seperti investor, dewan direksi, atau klien Anda bahwa mereka mendapatkan seseorang yang terbaik, yaitu Anda.
 
Secara berkelanjutan, lihatlah secara jujur keahlian Anda dan pastikan bahwa itu mencerminkan trend dan perkembangan terbaru di bidang Anda. Banyaklah membaca. Lakukan upaya rutin untuk membaca blog dan artikel berita, menghadiri ceramah dan seminar, mendaftar di kelas online atau menemukan peluang pelatihan di pasar bisnis Anda. Ya, ini menuntut investasi waktu dan sumber daya, tetapi imbalannya akan datang dalam bentuk keterampilan baru dan akan membuat Anda menjadi lebih kompetitif.
 

2. Peliharalah Hubungan Anda

Siapapun yang menjalankan bisnisnya sendiri tahu bahwa hubungan yang baik dapat memberikan perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan. Mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang cerdas, cakap, terhubung, dan tertarik membantu orang lain, akan memberi Anda akses ke berbagai sumber daya dan juga kesempatan untuk belajar dari mereka yang sudah "ada di sana."
 
Bergabung dengan kelompok profesional dan aktif di platform media sosial, termasuk Twitter dan linkedin, adalah cara mudah untuk memulai. Berikan komentar di blog orang-orang yang Anda hormati. Nantinya mereka akan memerhatikan Anda. Anda juga dapat membuat kelompok kecil profesional yang berpikiran sama yang bertemu secara teratur untuk berbagi keahlian, mendiskusikan tantangan, dan saling bertanggung jawab dengan tujuan.

3. Ambil Risiko

Sangat sedikit pengusaha yang berhasil mencapai kesuksesan dengan bermain aman. Jadi, jika Anda berencana untuk memulai bisnis Anda sendiri, pertimbangkan untuk mengembangkan kerangka berpikir seorang yang berani mengambil risiko.
 
Itu pasti tidak selalu mudah. Katakanlah bahwa Anda merupakan seseorang yang bekerja di sebuah perusahaan. Anda bermimpi untuk menjalankan bisnis sendiri dengan bidang yang Anda sukai. Anda mungkin merasa sangat takut karena hal itu adalah keputusan yang berisiko tinggi, Anda akan menjauh dari penghasilan yang aman, pekerjaan yang menyenangkan, dan reputasi yang kuat di bidang Anda. Namun, Anda akan menyadari bahwa jika Anda tidak berani berhenti dari pekerjaan dan fokus sepenuhnya pada bisnis yang Ingin Anda mulai, semuanya tidak akan pernah terjadi. Butuh banyak kekuatan untuk mengambil lompatan, tetapi itu sangat berharga untuk mengejar karier yang benar-benar Anda sukai.
 
Peluang terbesar akan melibatkan beberapa ukuran risiko. Dan ya, Anda perlu mempersiapkan diri untuk hal itu. Tapi, Anda juga harus percaya pada diri sendiri. Anda perlu tahu bahwa Anda memiliki kekuatan untuk menghadapi potensi kegagalan. Dan kemudian, pada akhirnya, Anda sadar bahwa Anda hanya perlu melakukannya.
 
Itulah tiga strategi yang dapat Anda gunakan untuk menumbuhkan investasi terbaik Anda, yaitu diri Anda sendiri. Percayalah bahwa Anda memiliki kekuatan yang jauh lebih hebat dari yang Anda pikirkan. Anda hanya perlu untuk melakukannya. 

Featured Career Advice