×
STUDILMU Career Advice - 3 Manfaat Pengembangan Diri dapat Mengubah Hidup
Self Improvement

3 Manfaat Pengembangan Diri dapat Mengubah Hidup

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Tentang Pengembangan Diri

Pengembangan diri atau self-development adalah tindakan-tindakan yang diambil oleh individu yang bertujuan untuk memperbaiki dirinya, meningkatkan kualitas diri seperti, mempelajari keterampilan baru atau menghilangkan kebiasaan buruk yang selama ini selalu dilakukan, menerapkan beberapa kebiasaan positif ke dalam kehidupan melalui cara formal maupun informal. 
 
Pengembangan diri atau self-development merupakan tindakan yang sangat erat kaitannya dengan kemampuan atau potensi seseorang. Ketika seseorang melakukan pengembangan diri atau self-development, ini mengindikasikan bahwa orang tersebut sedang berusaha untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan mereka untuk menjadi lebih baik. Pengembangan diri atau self-development bisa bertujuan untuk meraih kesuksesan di masa depan atau hanya ingin sekedar memperbaiki kualitas hidup mereka dengan menjadi pribadi yang jauh lebih baik daripada pribadinya di masa lalu. 

Benarkah Pengembangan Diri dapat Membantu Mengubah Hidup Kita? 

Mungkin kita sering mendengar bagaimana orang-orang sangat bertekad dan berlomba-lomba untuk melakukan pengembangan diri atau self-development, dan kita juga mungkin mulai bertanya-tanya, “Apa sih manfaat yang akan didapatkan dari pengembangan diri atau self-development?”.
 
Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang beberapa manfaat yang akan kita dapatkan dari pengembangan diri atau self-development yang kita lakukan. Disadari atau tidak, pengembangan diri akan membantu mengubah hidup kita menjadi lebih baik loh. Masih tidak percaya? Supaya rekan pembaca tidak penasaran, kami mengajak rekan-rekan Career Advice untuk membaca artikel ini lebih lanjut. 
 
Menurut data yang kami dapatkan dari website success dot com, ternyata ada 3 manfaat utama dari pengembangan diri yang dapat mengubah hidup kita loh! Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

1. Pengembangan Diri akan Memberi Kita Peluang Baru.

Pengembangan diri atau self-development yang kita lakukan akan membawa kita pada berbagai peluang baru di dalam kehidupan. Yap! Pengembangan diri akan membuka pintu-pintu baru yang sebelumnya tertutup menjadi terbuka bagi kita. 
 
Pernah dengar ga ungkapan “Ketika Persiapan dan Kesempatan (peluang) bertemu, maka ini akan membawa kita pada kesuksesan”. Dalam hal ini, pengembangan diri atau self-development berperan sebagai sebuah persiapan. Kita mempersiapkan diri menjadi pribadi yang lebih baik melalui pengembangan diri. 
 
Misalnya, rajin membaca buku, mengikuti kursus online atau kursus secara tatap muka, ikut serta dalam konferensi untuk memperluas network, membaca artikel pengembangan diri, belajar bahasa asing baru dan lain sebagainya. Ketika persiapan kita semakin matang, maka peluang-peluang baru akan berdatangan menghampiri kita. Ini sering terjadi secara alami, tanpa dibuat-buat, bahkan tanpa direncanakan sebelumnya. 
 
Peluang atau kesempatan memang selalu datang pada orang-orang yang tepat. Itulah mengapa kita perlu mempersiapkan diri dengan baik melalui pengembangan diri atau self-development. 
 

2. Pengembangan Diri dapat Membimbing Kita Menjadi Versi Terbaik untuk Diri Sendiri. 

Salah satu tujuan utama dalam pengembangan diri atau self-development adalah membimbing seseorang menjadi versi terbaik bagi dirinya sendiri. Ketika kita berhasil menjadi versi terbaik bagi diri sendiri, kita akan lebih mudah untuk meningkatkan kualitas pekerjaan, memperluas jaringan bisnis, membina hubungan yang baik dengan orang banyak, dan lain sebagainya. 
 
Menjadi versi terbaik dari diri sendiri juga akan membuat kita merasa nyaman dalam menjalani kehidupan sesungguhnya. Kita tidak akan merasa iri dengan pencapaian yang dimiliki oleh orang lain, namun kita akan berfokus pada apa yang kita miliki sekarang dan apa yang ingin kita raih di masa depan. Singkatnya, pengembangan diri atau self-development membuat hidup kita menjadi lebih damai dan nyaman, meskipun tantangan dan ujian datang silih berganti. Jika manfaat ini sudah dirasakan oleh rekan pembaca di dalam kehidupan sekarang, selamat! Ini menandakan bahwa proses pengembangan diri yang rekan pembaca lakukan telah berhasil membimbing rekan pembaca menjadi individu yang lebih dewasa dan lebih matang dari sebelumnya. 
 

3. Pengembangan Diri dapat Meningkatkan Harga Diri Kita.

Ini bukanlah poin yang berlebihan loh, nyatanya memang benar bahwa pengembangan diri atau self-development dapat membantu kita dalam meningkatkan harga diri ke tingkat yang lebih baru. 
 
Sebagai contoh, sebelumnya saya bukanlah orang yang jago berbahasa asing. Dua tahun yang lalu, saya memutuskan untuk belajar dua bahasa asing yang terbilang sangat sulit yaitu, Bahasa Mandarin dan Bahasa Perancis. Saya mengikuti kursus bahasa asing, membaca buku-buku yang berbahasa Mandarin dan Perancis, berusaha mempraktikkannya dengan teman-teman Chinese dan Bule saya di Facebook, dan berbagai pengembangan diri lainnya sudah saya coba terapkan selama dua tahun terakhir ini. Hasilnya? Saya semakin ahli pada dua bahasa asing ini. Sebulan yang lalu, perusahaan saya mendapat tawaran proyek besar yang sangat bergengsi. Proyek ini adalah kerjasama antara perusahaan kami dan perusahaan besar di Perancis. 
 

Apakah rekan pembaca bisa menebak kisah selanjutnya? 

Yap! saya mendapat tawaran proyek ini. CEO saya mengirimkan saya ke Perancis sebagai perwakilan dari perusahaan kami karena beliau percaya dengan kemampuan kerja saya yang bagus dan tentunya, keahlian saya dalam berbahasa Perancis.   
 
Contoh kisah saya ini membuktikkan bahwa persiapan yang matang (pengembangan diri) akan bertemu dengan peluang-peluang emas. Perpaduan antara persiapan yang matang dan peluang emas dapat meningkatkan harga diri kita menjadi lebih tinggi daripada sebelumnya. Mungkin sebelumnya kita hanya seorang karyawan biasa di kantor, tapi siapa sangka kalau kita bisa menjadi seseorang yang sangat hebat, sukses dan terkenal di masa depan? 
 
Jangan pernah berhenti untuk mengembangkan diri kita menjadi lebih baik ya, rekan-rekan. Mungkin ada banyak manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari pengembangan diri atau self-development. Namun, tiga manfaat di atas adalah tiga manfaat utama yang PASTI akan kita dapatkan dari pengembangan diri. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice