×
STUDILMU Career Advice - 4 Cara Membangun Program Pengembangan Kepemimpinan
Leadership

4 Cara Membangun Program Pengembangan Kepemimpinan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Pengertian Pengembangan Kepemimpinan

Pengembangan kepemimpinan adalah suatu usaha yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan atau keterampilan kepemimpinan individu menjadi lebih tinggi dari tingkat kepemimpinan sebelumnya. Pengembangan kepemimpinan dalam organisasi atau perusahaan merupakan usaha peningkatan kemampuan pemimpin yang dikhususkan untuk individu atau anggota tim terpilih agar kemampuan kepemimpinannya lebih berkembang dan meningkat. 
 
Dengan kata lain, kemampuan kepemimpinannya jauh lebih baik dan matang jika ditinjau dari taraf pendidikan dan pengalaman yang dimiliki oleh individu yang bersangkutan. Pengembangan kepemimpinan pendidikan ini menjadi hal yang sangat penting karena harus dilaksanakan dan diawasi oleh orang-orang yang ahli. Secara tidak langsung, Pengembangan kepemimpinan dalam pendidikan yang terkondisikan dengan baik akan menghasilkan pengembangan kepemimpinan strategik. 
 
Pengembangan kepemimpinan personal maupun grup bisa diterapkan sedini mungkin, tujuannya agar bisnis kita bisa tumbuh dan mempekerjakan orang-orang hebat di tingkat yang luar biasa. 
 

Adakah Cara Efektif dalam Membangun Program Pengembangan Kepemimpinan?

Untuk meraih tujuan yang diinginkan, kita bisa melakukan latihan pengembangan kepemimpinan dengan menerapkan beberapa cara penting dalam membangun program pengembangan kepemimpinan yang efektif. Dalam dunia bisnis dan kerja, kita mesti berbangga hati ketika perusahaan kita menawarkan pemikiran, perencanaan dan bimbingan yang kompeten, karena semua itu bisa menjadi bekalan yang sangat bermanfaat untuk pengembangan perusahaan di masa depan. Bekalan efektif tersebut akan menjadi sangat luar biasa, ketika suatu perusahaan membangun program pengembangan kepemimpinan. 
 
Menurut website entrepreneur, ada 4 cara inti yang bisa kita terapkan dalam menyelenggarakan program pengembangan kepemimpinan yang kritis dan strategik. Ini akan sangat bermanfaat, terutama jika diterapkan pada perusahaan yang sedang berkembang. 

1. Tugaskan Kepala SDM atau HRD untuk Mengadakan Program dengan Fokus Hasil Strategis.

Pertama-tama, kita perlu bekerjasama dengan departemen Sumber Daya Manusia atau Human Resource Department karena merekalah yang selalu membuat program-program di dalam perusahaan. Sampaikan pada kepala bagian HRD bahwa kita perlu berfokus untuk mengadakan program yang dapat mempercepat eksekusi strategis dan program-program tersebut harus dimulai untuk pengembangan kepemimpinan yang efektif
 
Selain itu, kita perlu mengutus dua orang berpengaruh di dalam HRD untuk ikut serta dalam program yang diadakan. Tujuannya agar staf HRD yang diutus dapat memperkenalkan strategi perusahaan yang ada kepada karyawan. Nah, pada program pengembangan kepemimpinan ini kita harus berfokus pada penyelarasan karyawan dengan hasil strategis yang perusahaan inginkan. Dengan melakukan hal ini, kita dapat meningkatkan biaya eksekusi strategis dari program-program yang kita adakan. 

2. Konten Program Pengembangan Kepemimpinan Harus Langsung menuju Metode Bisnis, Produk, dan Hasil.

Kedua, kali ini kita harus mengadakan program pengembangan kepemimpinan yang lebih baik dari sebelumnya. Dengan kata lain, pelatihan perusahaan yang diadakan meningkat ke tingkat yang sama sekali baru. Apa yang harus dilakukan? Program pengembangan kepemimpinan yang kita buat harus benar-benar menantang para peserta pada tingkat yang sangat dalam terhadap keterampilan kepemimpinan, dasar-dasar strategis dan fokus bisnis yang tajam. Namun, materi yang luar biasa ini juga harus dibarengi dengan pembelajaran langsung atau praktik secara langsung yang dilakukan oleh para peserta program pengembangan kepemimpinan. 
 
Caranya, kita perlu menggunakan alat-alat bantuan seperti, simulasi bisnis, studi kasus dengan data kuantitatif aktual pelatihan situasional terapan dan lain sebagainya. Selain itu, topik yang kita sertakan dalam program pengembangan kepemimpinan haruslah relevan dengan kehidupan nyata, bisa diterapkan dan memberikan tantangan tersendiri bagi kehidupan modern seperti sekarang ini. Misalnya, berikan tantangan pada peserta pelatihan menjadi seorang CEO dalam satu hari. Wow, contoh penerapan yang menarik bukan?!
 

3. Mengintegrasikan Para Eksekutif ke dalam Program Pengembangan Kepemimpinan.

Cara kedua yang bisa dilakukan adalah mengintegrasikan para eksekutif ke dalam program pelatihan yang kita selenggarakan. Cara ini bisa dijadikan sebagai salah satu langkah pembelajaran secara langsung yang dapat menghasilkan program pelatihan dengan hasil strategis yang aktual. Meskipun langkahnya mungkin akan rumit dan berbelit-belit, namun hasil yang didapatkan akan sepadan dengan usaha yang diberikan. Maksudnya, berbelit-belit disini adalah pasti tidak akan mudah bagi kita untuk menyesuaikan jadwal dengan para eksekutif untuk bisa ikut serta dengan program pengembangan kepemimpinan yang kita adakan, namun tidak ada salahnya untuk mencoba, bukan? 
 
Dengan mengikutsertakan para eksekutif, program pengembangan kepemimpinan akan menjadi lebih efektif karena para peserta dapat melakukan dialog terbuka secara langsung dengan para eksekutif dan manajer mereka. Tidak perlu mengalokasikan waktu yang lama dalam hal ini, cukup berikan waktu 30 menit dengan seorang eksekutif, setelah itu melanjutkan sesi pelatihan dengan agenda lainnya. Dengan begitu, kita tidak akan menyita waktu para eksekutif terlalu lama. 

4. Tunjukkan Bagaimana Program Pengembangan Kepemimpinan yang Diadakan dapat Berjalan Efektif untuk Peserta.

Memang tidak mudah untuk menunjukkan dan meyakini para peserta bahwa hasil yang akan didapatkan dari program pengembangan kepemimpinan akan sangat efektif. Oleh karena itu, perlu usaha yang kuat dalam meyakini semua peserta yang dilakukan oleh para staf HRD bersama-sama dengan semua pihak yang terlibat bahwa program pengembangan kepemimpinan ini akan sangat berpengaruh bagi kehidupan mereka di masa kini dan masa yang akan mendatang. 
 
Itulah 4 cara yang bisa kita terapkan dalam membangun program pengembangan kepemimpinan yang sangat bermanfaat untuk masa depan perusahaan dan masa depan semua pihak yang terlibat, terutama para karyawan unggul kita yang diharapkan akan menjadi pemimpin perusahaan di masa depan.

Featured Career Advice