×
STUDILMU Career Advice - 4 Cara Mendapatkan Pengembangan Diri yang Baik
Self Improvement

4 Cara Mendapatkan Pengembangan Diri yang Baik

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Salah satu teman karib saya pernah bercerita bahwa dia merasa benar-benar buntu dengan perjalanan karier yang dia miliki sekarang. Semua pintu kesuksesan seakan tertutup rapat untuknya, tidak ada peluang emas sama sekali. Sebelumnya, ada banyak peluang emas yang datang ke dalam kehidupan kariernya, namun sayangnya dia tidak pernah menggunakan peluang tersebut dengan baik. Hasilnya? semua peluang emas yang dia miliki terlewatkan begitu saja. 
 
Mendengar cerita dari teman karib saya ini, saya mulai merasa prihatin dan berusaha untuk membantu dirinya untuk bisa meraih tujuan karier yang dia inginkan. Meskipun saya tahu itu tidak mudah. Mengapa? karena tidak peduli seberapa kuat orang-orang di sekitar kita mendukung dan menyemangati kita dalam menggapai tujuan karier, tetap saja kekuatan yang paling terpenting berasal dari dalam diri sendiri. 
 
Tidak ada yang bisa membantu kita mencapai kesuksesan, kecuali diri kita sendiri. Dari cerita singkat di atas, saya semakin menyadari bahwa pengembangan diri itu sangat penting untuk dimiliki setiap individu, tanpa terkecuali. Apabila pengembangan diri menjadi sangat penting, dengan cara apa kita bisa mengembangkan diri kita dengan baik? Nah, jawabannya akan kita bahas di dalam artikel ini. Yuk, kita simak penjelasannya bersama-sama. 

1. Berinvestasi pada Seorang Pelatih. 

Cara pertama untuk mendapatkan pengembangan diri yang baik adalah menginvestasikan waktu dan uang kita kepada seorang pelatih, mentor atau coach. Apa tujuannya? Tentu saja ini bertujuan untuk memiliki pengembangan diri yang lebih terarah. Seorang pelatih itu seperti seorang dokter di dalam dunia kerja, yang mana mereka dapat membantu kita mengidentifikasi apa masalah karier kita, kekurangan dan kelebihan apa yang kita miliki, dan apa saja yang perlu kita tingkatkan serta yang perlu kita hindari di dalam karier kita. 
 
Mau tidak mau, perlu ataupun tidak, seorang pelatih atau mentor benar-benar memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pengembangan diri seseorang. Dengan memiliki seorang pelatih, kita tidak akan membuang-buang waktu dalam melakukan usaha yang mungkin kurang tepat diterapkan untuk mendapatkan pengembangan diri. 
 

2. Jangan Pernah Berhenti Belajar.

Belajar adalah proses yang tidak akan pernah habis atau selesai di dalam kehidupan kita. Hidup akan selalu menawarkan perubahan dari waktu ke waktu, dan untuk bisa tetap bertahan hidup, kita perlu mempelajari semua perubahan itu dengan sebaik mungkin. Inilah mengapa proses belajar tidak pernah berhenti di dalam kehidupan. 
 
Untuk mendapatkan pengembangan diri, kita perlu menginvestasikan diri untuk mendapatkan pengetahuan dan informasi-informasi terkini yang relevan dengan karier kita, bahkan lebih baik lagi jika kita berani untuk mempelajari hal baru di luar bidang yang kita tekuni. Dengan menjadi seorang yang pintar dan berpengetahuan luas, maka pikiran kita pun akan semakin luas. Segala tantangan dan masalah yang datang ke dalam kehidupan karier kita, akan kita hadapi dengan penuh percaya diri, karena kita memiliki pengetahuan yang cukup untuk menyelesaikannya. 
 
Belajar juga tidak melulu dilakukan di dalam kelas. Setiap proses kehidupan yang kita lalui, pasti memiliki pelajaran yang sangat penting. Semuanya kembali lagi pada diri kita, apakah kita mau mengambil pelajaran berharga tersebut, atau tidak? 
 
Proses belajar juga bisa dengan membeli buku-buku bermanfaat, mendengarkan podcast, membaca artikel, membaca jurnal dan artikel, ya salah satunya seperti artikel Career Advice ini, hehe. 

3. Berinvestasi dalam Kesehatan. 

Kesehatan adalah segalanya. Biasanya, orang yang sehat adalah orang-orang yang merasakan kebahagiaan di dalam hidupnya. Bagaimana kita bisa merasakan kebahagiaan jika kita merasa sakit? Dan bagaimana bisa kita mendapatkan pengembangan diri secara maksimal, jika kita tidak merasa sehat? 
 
Kami sangat menyarankan rekan-rekan Career Advice untuk menginvestasikan diri dalam kesehatan. Misalnya, makan makanan 4 sehat 5 sempurna, minum vitamin, banyak minum air putih, dan menghindari junk food (makanan cepat saji). Selain itu, kita juga perlu bergerak lebih agar mendapatkan kesehatan secara maksimal. Yap! olahraga adalah kuncinya. Berolahraga secara rutin akan menjaga kesehatan kita dengan sangat baik. 
 
Dalam hal ini, rekan pembaca tidak perlu berolahraga yang berat-berat kok. Berjalan kaki setiap pagi atau sore selama 20-30 menit akan membantu kita dalam menjaga kesehatan. Ketika tubuh kita kuat dan sehat, proses pengembangan diri akan lebih mudah untuk dilakukan. Selalu ingat ya, bahwa “mencegah jauh lebih baik daripada mengobati”.
 
Dengan tubuh dan pikiran yang sehat kita bisa berwirausaha, bekerja dan meningkatkan karier dengan baik, dan apapun yang ingin kita lakukan untuk mencapai tujuan karier akan terasa lebih mudah. 

4. Berinvestasi untuk Masa Depan.

Kebanyakan orang merasa sangat khawatir dengan masa depan mereka. Ini merupakan hal yang normal karena semua orang pasti menginginkan masa depan yang cerah. Tidak ada orang yang ingin memiliki kehidupan yang menyedihkan. Ketakutan akan masa depan bisa menjadi motivator terbaik untuk diri kita agar terus mengembangkan diri menjadi lebih baik lagi. Untuk mendapatkan pengembangan diri bisa dengan menabung sejumlah uang ke dalam tabungan kita, yang mungkin akan sangat bermanfaat untuk kehidupan di masa depan. 
 
Tabungan yang kita miliki sekarang mungkin bisa dipakai untuk modal bisnis kita, atau modal pendidikan kita agar terus memiliki kesempatan dalam meningkatkan kualitas diri. Tidak pernah ada kata terlambat dalam berinvestasi untuk masa depan kita. 
 
Semoga 4 cara di atas dapat membuka pikiran kita semua bahwa untuk mendapatkan pengembangan diri tidaklah sesulit dan serumit yang kita bayangkan. Kita hanya perlu melakukan hal-hal sederhana seperti belajar dari seorang pelatih, tidak pernah berhenti belajar, menjaga kesehatan dengan makan makanan yang sehat dan berolahraga, juga rajin menabung untuk masa depan. Semuanya dilakukan demi mendapatkan pengembangan diri yang jauh lebih baik dari sebelumnya. Jadi, tunggu apalagi nih? Yuk, kita terapkan 4 cara di atas bersama-sama.

Featured Career Advice