×
STUDILMU Career Advice - 4 Hal Tetap Produktif Walau Liburan Semakin Dekat
Productivity

4 Hal Tetap Produktif Walau Liburan Semakin Dekat

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Tanpa kita sadari, sekarang waktu sudah masuk bulan Desember, yang mana kita tahu bahwa bulan ini memiliki hari-hari spesial untuk berlibur dan mengadakan pesta dengan keluarga. Meskipun begitu, angan-angan untuk segera menghadiri pesta, berlibur dengan keluarga serta acara spesial lainnya dapat mengganggu pikiran serta konsentrasi kita di kantor. Di tengah-tengah Anda membuat laporan, tiba-tiba Anda terbayang pemandangan pantai yang indah di depan mata atau Anda membayangkan hadiah apa yang cocok untuk diberikan kepada keponakan Anda yang baru lahir sebulan yang lalu? Ya! Itulah serba-serbi gangguan kecil yang bisa membuat kita tidak konsentrasi bekerja saat sudah memasuki musim liburan. 
 
Ya, walaupun ada banyak pesta yang harus Anda hadiri atau Anda merasa tidak sabar untuk membeli baju baru serta hadiah-hadiah untuk keluarga dan teman-teman terdekat, tetap tenang! Karena pada artikel ini kita akan membahas beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk tetap produktif di kantor walau waktu liburan semakin dekat.
 

1. Sisihkan waktu untuk memikirkan rencana liburan, namun kerja tetap menjadi prioritas

Tahukah Anda bahwa 69% orang mengatakan bahwa mereka merasa sangat stres memikirkan liburan mereka karena kurangnya waktu yang dimiliki untuk mempersiapkan segalanya. Saya sangat setuju dengan hal ini karena Anda tidak akan pergi liburan setiap hari, bukan? Jadi saat kesempatan dapat berlibur itu datang, pastinya Anda menginginkan segalanya berjalan sesuai dengan apa yang Anda harapkan, bahkan kalau bisa lebih menakjubkan, hehe. Namun, seringkali tugas-tugas di kantor membuat Anda tidak fokus untuk mempersiapkan segala hal. Dalam hal ini, Anda harus tetap fokus pada pekerjaan Anda bahkan harus lebih produktif dari sebelumnya. Saat Anda dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu atau lebih cepat, ini akan membantu Anda memiliki waktu senggang untuk memikirkan liburan. 
 
Bagaimana jika pekerjaan Anda tetap banyak meskipun sudah berusaha maksimal untuk mengerjakannya lebih cepat? Anda bisa membagi waktu, kapan Anda harus mengkhawatirkan tenggat waktu yang Anda miliki untuk menyelesaikan pekerjaan kantor dan kapan Anda harus memikirkan rencana liburan Anda dengan sangat matang. 
 
Bagaimana caranya? Anda dapat mengalokasikan 30 menit dari waktu Anda beristirahat di siang hari, dan 30 menit sebelum Anda pulang. Tentunya, itu dilakukan setelah Anda telah selesai menyelesaikan daftar tugas pada hari tersebut. 
 
Jangan lupa untuk membuat daftar tugas serta tenggat waktunya sehingga Anda tahu tugas yang harus Anda prioritaskan, dan mana yang masih bisa Anda kesampingkan sementara. Ketika Anda mulai tergoda untuk memikirkan rencana liburan, ingatlah bahwa Anda telah menyisihkan waktu untuk melakukannya nanti. 
 

2. Buat daftar “Jangan lupa untuk dibawa”

Ini adalah hal yang selalu saya lakukan setiap kali saya akan berlibur ke suatu tempat atau menghadiri acara spesial lainnya. Sempatkan diri Anda untuk membuat satu catatan kecil (bisa di buku catatan atau catatan di ponsel) dengan judul “jangan lupa untuk dibawa”. Fungsi catatan ini adalah untuk menulis barang-barang apa saja yang harus Anda bawa saat berlibur nanti. Barang-barang tersebut tidak boleh ketinggalan atau sengaja Anda lupakan untuk dibawa. Meskipun Anda memiliki daya ingat yang begitu tinggi, namun menulis catatan seperti ini cukup membantu Anda untuk menggunakan waktu secara efektif. Selain itu, Anda akan tetap fokus pada pekerjaan Anda di kantor, karena Anda sudah mendapat bayangan tentang apa saja yang belum Anda persiapkan dan apa saja yang sudah Anda lengkapi dari catatan kecil tersebut. 
 

3. Selektif dalam memilih acara yang akan Anda hadiri

Bersikap selektif dan tegas dalam memilih adalah salah satu kiat yang penting untuk membagi waktu Anda. Dalam hal ini, Anda tidak perlu mengatakan “ya” pada setiap proyek akhir tahun yang ditawarkan atau pada setiap pesta dan rencana liburan yang teman-teman terdekat Anda tawarkan bukan?
 
Percayalah, mencoba untuk melakukan segala kegiatan yang ditawarkan akan membuat Anda lelah dan tidak produktif.
 
Anda harus memilih dengan hati-hati terhadap aktivitas yang akan Anda hadiri. Meskipun hanya sedikit acara yang akan Anda hadiri, namun pastikan bahwa Anda benar-benar menikmatinya. 

4. Tetapkan batas waktu untuk tugas-tugas tertentu

Ketika tahun segera berakhir, Anda mungkin akan mulai merenungkan “hal-hal apa saja yang sudah Anda lakukan selama 365 hari terakhir?” atau Anda mungkin sudah berkhayal tentang tahun depan ketika Anda mulai berpikir tentang apa yang ingin Anda capai.
 
Anda harus tahu bahwa terlalu banyak berpikir malah akan memperlambat kinerja kerja Anda, dan cara terbaik untuk mencegah diri Anda terlalu banyak berpikir adalah dengan menetapkan batas waktu untuk tugas-tugas tertentu yang Anda miliki.
 
Kuncinya adalah sebelum Anda memulai laporan atau menangani proyek baru, tentukan berapa banyak waktu yang ingin Anda habiskan untuk mengerjakannya. Dengan membuat batas waktu seperti ini, Anda akan lebih fokus untuk melakukan hal-hal penting dan kemungkinan Anda untuk memikirkan hal-hal yang tidak penting akan menjadi lebih sedikit.
 
Satu hal yang harus Anda ingat, lima tahun kedepan, Anda tidak akan ingat pakaian apa yang Anda pakai ke pesta liburan dan Anda tidak akan khawatir tentang apakah hadiah yang Anda berikan itu sempurna atau tidak. Hal-hal seperti itu tidak penting dalam jangka panjang.
 
Jadi, cobalah untuk menjaga prioritas Anda di musim liburan ini. Dengan mengurangi stres tentang liburan akan membantu Anda tetap lebih fokus pada pekerjaan Anda dan lebih mampu menikmati beberapa minggu terakhir di tahun ini.

Featured Career Advice