×
STUDILMU Career Advice - 4 Manfaat Meningkatkan Goal Perusahaan
Leadership

4 Manfaat Meningkatkan Goal Perusahaan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Pengertian Goal Perusahaan 

Goal perusahaan adalah sasaran, target atau tujuan yang diinginkan oleh suatu perusahaan yang mengandung nilai-nilai dan norma-norma yang perlu diterapkan bersama-sama, sehingga semua goal yang telah direncanakan tersebut dapat diraih dengan baik oleh semua orang yang termasuk di dalamnya. Goal perusahaan juga bisa diartikan sebagai target-target perusahaan yang berbentuk kuantitatif dan pencapaian target tersebut adalah indikator keberhasilan kinerja perusahaan. 
 
Lantas, apa yang dimaksud dengan meningkatkan goal perusahaan? Meningkatkan goal perusahaan merupakan cara efektif yang dilakukan para pemimpin perusahaan untuk memperluas atau meningkatkan segala goal yang telah ada dengan lebih rinci atau lebih tinggi dari sebelumnya, sehingga semua orang yang berkontribusi di dalam perusahaan tersebut bisa termotivasi untuk meraih segala goal yang diharapkan oleh perusahaan terhadap kinerja mereka. Dengan kata lain, memperluas goal perusahaan adalah menetapkan target baru di atas target yang telah dirancang sebelumnya dengan menggunakan indikator atau metrik kerja yang jelas. 
 

Adakah Manfaat dari Peningkatan Goal Perusahaan? 

Mungkin akan ada banyak orang yang berpikir, “apakah meningkatkan goal perusahaan akan menghasilkan manfaat yang signifikan?” Jawabannya, ya tentu saja. Dengan goal, target atau sasaran yang cakupannya lebih luas, para karyawan akan memiliki peluang yang lebih tinggi dalam meraih kesuksesan dan berkontribusi untuk perusahaan. Nah menurut website bizjournals dot com, ada 4 manfaat yang akan diraih oleh perusahaan ketika mereka meningkatkan goal perusahaan yang akan kami jelaskan pada bagian berikut ini. 
 

1. Goal Perusahaan yang Tinggi akan Membangun Kepercayaan Diri. 

Goal perusahaan yang semakin meningkat akan mendorong kepercayaan diri yang tinggi. Karyawan akan merasa terdorong untuk mencapai standar kinerja yang semakin tinggi dari tahun ke tahun, dari bulan ke bulan. Seiring berjalannya waktu, pencapaian yang diraih pun akan semakin banyak dan memukau. Terkadang, kepercayaan diri tidak akan datang hanya dari pidato motivasi, membaca buku-buku motivasional dan lain sebagainya. 
 
Namun, kepercayaan diri yang kuat akan hadir ketika kita berhasil meraih salah satu goal yang kita harapkan. Dari situ, kita akan semakin yakin bahwa kita memiliki kemampuan yang kuat untuk bisa meraih setiap goal yang kita inginkan. 

2. Goal Perusahaan yang Tinggi akan Menciptakan Rasa Stres yang Baik untuk Produktivitas. 

Katakanlah goal perusahaan yang diberikan tahun ini jauh lebih tinggi daripada tahun sebelumnya. Goal perusahaan yang lebih tinggi bukan berarti tidak bisa diraih loh! Tidak ada yang tidak mungkin di dalam hidup ini, bukan? Goal perusahaan yang lebih tinggi dan luas memang akan menciptakan rasa stres bagi para pelaksananya, akan tetapi kondisi ini akan mendorong kita semua untuk menjadi orang yang lebih profesional. 
 
Otak kita akan terstimulasi untuk berpikir lebih luas dalam memikirkan metode dan strategi baru yang akan digunakan untuk meraih setiap goal perusahaan yang baru dan semakin tinggi. Bahkan, rasa stres yang kita rasakan akan mendorong otak kita untuk berpikir di luar batas (out of the box), mencoba untuk bertemu dengan orang-orang baru, mengeksplorasi industri dan ide-ide baru, dan berani untuk melangkah maju terutama keluar dari zona nyaman. 
 
Yap! pertumbuhan dan perkembangan yang dirasakan oleh seseorang memang akan lebih mudah didapatkan dari kondisi yang tidak nyaman. Mengapa? Karena kita dipaksa untuk melakukan berbagai hal dengan cara yang berbeda, bahkan benar-benar berbeda! Sampai akhirnya kita akan tersadar bahwa goal perusahaan yang semakin tinggi akan menciptakan perasaan stres yang sangat baik untuk pertumbuhan dan produktivitas. 

3. Goal Perusahaan yang Tinggi akan Menciptakan Kontrol yang Baik di dalam Diri Sendiri. 

Manfaat ketiga yang akan didapatkan ketika goal perusahaan semakin meningkat adalah kemampuan kontrol diri yang juga semakin meningkat. Logikanya, ketika seseorang memiliki tanggung jawab yang lebih banyak, maka dirinya akan semakin berusaha untuk lebih fokus dan lebih mengontrol dirinya atas tanggung jawab yang juga semakin banyak. Standar yang semakin tinggi akan memicu individu untuk memberikan hasil yang lebih, karena goal yang harus dicapai memang semakin tinggi. 
 
Goal perusahaan yang semakin tinggi akan membuat semua orang yang terlibat di dalamnya untuk tetap berada di jalur masing-masing karena setiap orang juga memiliki kepentingan, pekerjaan dan tanggung jawab masing-masing yang harus mereka prioritaskan. 
 
Coba untuk luangkan waktu beberapa menit dan cek kembali setiap goal yang kita miliki, tanyakan pada diri sendiri, “Bagaimana caranya agar saya bisa meningkatkan kualitas diri dalam meraih goal perusahaan yang saya miliki? Keunggulan atau kelebihan apa saja yang saya miliki, yang dapat membantu diri saya untuk meraih semua goal tersebut? Kontrol atau kendali seperti apa yang harus saya lakukan agar saya bisa memenuhi segala tanggung jawab saya dengan baik? Dari poin ini kita akan semakin memahami bahwa goal perusahaan yang tinggi akan membantu menciptakan kontrol diri yang kuat. 
 

4. Goal Perusahaan yang Tinggi akan Membantu Menghindari Kerugian Perusahaan. 

Manfaat terakhir yang tidak kalah spesial dari manfaat lainnya adalah goal perusahaan yang tinggi akan membantu perusahaan untuk terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya kerugian besar di masa depan. 
 
Ketika perusahaan lain sibuk memperbaiki organisasinya dan berusaha untuk mengubah goal perusahaannya menjadi lebih tinggi, perusahaan kita sudah berhasil mencapai goal perusahaan yang baru dan lebih tinggi. Dengan kata lain, kita sudah selangkah lebih maju dibandingkan mereka. Pasar yang kuat dan persaingan yang ketat akan selalu dimenangkan oleh perusahaan-perusahaan yang mau meningkatkan goal atau target mereka, jauh sebelum perubahan besar melanda secara tidak terduga. 
 
Setelah membaca artikel di atas, apakah rekan-rekan pembaca sudah siap untuk meningkatkan goal perusahaan Anda? Yuk, kita tingkatkan goal perusahaan kita mulai dari sekarang agar kita bisa meraih keunggulan yang lebih dari perusahaan lain dan para kompetitor lainnya. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice