×
STUDILMU Career Advice - 4 Tips Sukses yang Menyenangkan
Self Improvement

4 Tips Sukses yang Menyenangkan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Kita semua menginginkan kesuksesan, tetapi saat membaca kiat-kiat sukses, rasanya itu semua terlalu menyulitkan. Adakah cara lain mencapai kesuksesan yang lebih menyenangkan? Tentu saja ada cara yang menyenangkan dalam mencapai kesuksesan. Lalu, bagaimanakah kita dapat mencapai kesuksesan dengan cara yang menyenangkan? Mari kita simak 4 tips sukses yang menyenangkan ini sehingga mendapatkan kebahagiaan yang lebih besar.
 

1. Memiliki kesadaran bahwa kebahagiaan adalah kunci sukses.

Apakah rekan pembaca setuju jika kesuksesan memberikan kebahagian? Kita berpikir bahwa kita akan mendapatkan kebahagiaan saat berhasil mendapatkan promosi, berhasil mendapatkan kenaikan gaji atau mungkin berhasil menurunkan berat badan.
 
Namun, penelitian menunjukkan bahwa itu adalah hal yang salah. Kesuksesan tidak menghasilkan kebahagiaan. Kebahagiaanlah yang justru memberikan kesuksesan. Ketika berhasil mencapai sebuah tujuan, kita pasti akan bahagia akan hal itu dan terus mencari tujuan-tujuan yang lebih menantang lainnya. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kebahagiaan sangat memengaruhi kinerja seseorang. Orang yang bahagia justru akan memberikan kinerja yang terbaik. 
 
Nah, mulai sekarang, kita harus mengubah pola pikir. Kita juga harus bahagia agar dapat menampilkan kinerja terbaik dan mencapai kesuksesan yang diimpikan.

2. Melihat permasalahan sebagai tantangan, bukan ancaman yang membahayakan.

Permasalahan yang dihadapi memang akan membuat kita tertekan. Jika ingin sukses, kita harus melihat permasalahan sebagai tantangan yang harus dihadapi, bukan ancaman yang membahayakan. Ketika mampu melihat permasalahan sebagai tantangan, kita akan terhindar dari stres dan semakin bersemangat untuk menghadapi tantangan tersebut.
 
Sebuah penelitian yang dilakukan pada sekelompok bankir juga membenarkan hal ini. Selama tiga sampai enam minggu, mereka dilatih untuk dapat melihat permasalahan sebagai sebuah tantangan. Hasilnya? Tingkat stres mereka menurun sebesar 23% dan mereka mengalami peningkatan kebahagiaan yang signifikan. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan keterlibatan yang lebih besar di tempat kerja.
 
Nah, itulah sebabnya penting untuk mengubah pola pikir kita akan suatu permasalahan. Kita harus berhenti memandang masalah sebagai sebuah ancaman yang dapat membahayakan bahkan mematikan.
 
Mulailah untuk melihat permasalahan sebagai tantangan yang perlu dihadapi yang nantinya menjadikan kita sebagai pribadi yang lebih baik dan lebih hebat dari yang sebelumnya.
 

3. Memiliki hubungan sosial.  

Sebuah penelitian menuntut para mahasiswa untuk menghabiskan waktu mereka di perpustakaan dan didalam kamar. Mereka belajar dan belajar sepanjang waktu. Hasilnya sangat mengejutkan. Mereka tidak menunjukkan presentasi yang memukau. Mereka justru mengalami kejenuhan dan ingin meninggalkan perkuliahannya.
 
Apa yang menyebabkan hal ini? Mereka menghindari diri dari hal-hal yang membuat bahagia, yaitu hubungan sosial. Hubungan sosial merupakan faktor pendukung terciptanya kebahagiaan. Hubungan sosial juga membantu mengurangi tingkat stres yang kita alami. Itulah sebabnya, kita tidak boleh mengabaikan hubungan sosial dalam kehidupan. Hubungan sosial memberikan kita kebahagiaan. Kebahagiaan menjadikan kita lebih produktif dan mendorong mencapai kesuksesan. Dengan kata lain, jika ingin sukses, kita harus membangun hubungan sosial dengan orang di sekitar. 
 

4. Mengirimkan ucapan terima kasih setiap pagi.

Jika kita berpikir bahwa kebahagiaan dihasilkan oleh sebuah pencapaian besar, kita salah. Pencapaian-pencapaian kecil yang berhasil kita buat jauh lebih penting. Jadi, daripada harus memfokuskan diri dengan hal-hal besar, cobalah untuk memerhatikan hal-hal kecil yang terjadi. 
 
Cobalah untuk mengirim ucapan terima kasih setiap pagi kepada orang-orang yang kita kenal. Tidak perlu terlalu panjang, cukup beberapa kalimat yang menyatakan rasa terima kasih atau pujian sederhana terhadap orang tersebut. Kita mungkin akan merasa takjub dengan balasan-balasan yang dikirim. 
 
Jika kita melakukan hal ini secara rutin, kita dapat meningkatkan hubungan sosial dengan orang lain. Tentu saja ini akan meningkatkan kerjasama dan mempererat hubungan tim. Dengan begitu, setiap orang akan dapat meningkatkan kinerjanya masing-masing dan mencapai tujuan yang dimiliki.
 
Itulah 4 tips sukses yang menyenangkan. Ingatlah bahwa untuk mencapai kesuksesan, kita harus menjadi orang yang bahagia. Beberapa orang mungkin sulit mendapatkan kebahagiaan, tetapi itu semua tergantung pada diri sendiri. Kebahagiaan juga dipengaruhi oleh pola pikir dan kebiasaan yang kita miliki. Untuk itu, kita harus memiliki pola pikir positif dan kebiasaan baik yang dapat menambah kebahagiaan. Saat bahagia, kita akan dapat mencapai kesuksesan. Jadi, jangan lupa untuk bahagia ya, rekan pembaca.

Featured Career Advice