×
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan
Resume & Interviewing

5 Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Selama beberapa tahun terakhir, pasar kerja telah menjadi sangat brutal. Begitu banyak pencari kerja yang berlomba-lomba mencari celah yang sama dan persaingan mencapai batas tertinggi. Beberapa kandidat akan berusaha keras untuk diperhatikan. Para kandidat mencoba menarik perhatian perekrut mereka untuk mendapatkan pekerjaan itu.
 
Bagaimanakah kita dapat mendapatkan pekerjaan yang kita impikan dalam waktu yang singkat? Berikut adalah 5 cara cepat untuk membuat Anda lebih menonjol dari pesaing lainnya dan membantu Anda mendapatkan tawaran pekerjaan yang diidamkan.
 

1. Berikan kesan terbaik melalui surat lamaran yang dikirimkan.

Cara cepat mendapatkan pekerjaan yang pertama adalah memberikan kesan terbaik melalui surat lamaran. Pastikan bahwa rekan pembaca membuat surat lamaran yang sempurna. Ini mungkin terdengar sepele. Namun, satu kesalahan ketik atau tulisan pada surat lamaran, dapat membuat Anda kehilangan tawaran pekerjaan. Jadi, pastikan bahwa rekan pembaca tidak membuat kesalahan minim yang merugikan. Mintalah teman atau rekan terpercaya untuk melihat surat lamaran yang Anda buat. Minta mereka untuk memeriksa kesalahan penulisan atau kesalahan lain di dalam surat lamaran Anda. 
 

2. Buat profil online.

Cara cepat mendapatkan pekerjaan yang kedua adalah membuat profil online. Anda memerlukan profil online yang secara akurat mewakili Anda sebagai seorang profesional, seperti LinkedIn. Profil Anda harus cocok dengan surat lamaran Anda, memiliki kata kunci pekerjaan yang spesifik, dan terlihat 100 persen profesional. Ingat, Anda tidak sedang berada di Facebook. Jadi pastikan bahwa Anda menggunakan foto profil yang pantas dan menunjukkan keprofesionalitasan Anda. 
 
Di era teknologi saat ini, banyak para perekrut mencari kandidat yang terhubung online. Oleh karena itu, sangatlah penting jika Anda juga terhubung secara online. Ini akan memudahkan perekrut menilai Anda dan menentukan apakah Anda adalah kandidat yang tepat atau tidak. Ini juga memungkinkan Anda mendapatkan rekomendasi pekerjaan yang sesuai dengan minat Anda. 
 

3. Membangun hubungan dengan orang yang tepat. 

Cara cepat mendapatkan pekerjaan yang ketiga adalah membangun hubungan dengan orang yang tepat. Dengan mengenal orang yang tepat, ini akan memudahkan Anda mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Anda akan kagum ketika Anda memiliki banyak teman dan kenalan. Siapa yang tahu bahwa mereka adalah orang yang akan menghubungkan Anda dengan perekrut yang mencari seorang kandidat dengan keterampilan yang sama dengan yang Anda miliki. Selain itu, mereka juga dapat menyampaikan kabar baik tentang diri Anda terhadap dengan manajer perekrutan.
 
Kirim email ke mantan rekan kerja atau tanyakan melalui Facebook, buat pertemuan makan siang dengan koneksi sosial yang Anda miliki. Lakukan apa pun untuk menjaga nama baik Anda. sehingga mereka tidak segan untuk mempromosikan Anda terhadap perekrut yang dikenal. Jadi, jangan pernah meremehkan hubungan yang Anda bangun dengan orang lain. Itu bisa saja merupakan suatu peluang yang membawa Anda pada karier yang diimpikan.

4. Teliti dahulu situs web perusahaan yang dilamar.

Cara cepat mendapatkan pekerjaan yang keempat adalah meneliti situs web perusahaan yang dilamar. Setelah Anda mendapatkan wawancara, luangkan waktu sejenak untuk mendesah lega dan bangga terhadap diri Anda sendiri. Namun perlu diingat, ini adalah bagian tersulit dari pencarian pekerjaan. Anda harus menguasai beberapa tips wawancara kerja karena tidak cukup jika hanya menjawab pertanyaan tentang pengalaman sebelumnya.
 
 Sebelum wawancara, habiskan setidaknya satu jam untuk meneliti perusahaan yang Anda lamar tersebut.  Luangkan waktu untuk berselancar di situs web mereka, dan lakukan sedikit penelitian tentang industri perusahaan. Siapkan beberapa pertanyaan yang benar-benar bagus untuk ditanyakan tentang posisi dan perusahaan. Ini akan membuat Anda tampil lebih bersinar daripada kandidat yang hanya mengandalkan pengalamannya sebelumnya.
 

5. Tunjukkan apresiasi Anda

Cara cepat mendapatkan pekerjaan yang kelima adalah menunjukkan apresiasi. Luangkan waktu beberapa menit untuk menulis surat ucapan terima kasih. Banyak orang yang melewatkan kesempatan terakhir ini begitu saja. Ini adalah kesempatan terakhir untuk menjual diri. Gunakan kesempatan ini untuk menunjukkan bahwa Anda mengapresiasi perekrut yang sudah memanggil dan meluangkan waktunya untuk Anda. 
 
Apresiasi ini dapat ditunjukkan dengan sebuah surat atau email tindak lanjut. Anda tidak perlu membuatnya terlalu panjang, cukup dengan ucapan terimakasih sederhana yang menunjukkan bahwa Anda begitu menghargai waktu yang diluangkan oleh perekrut dalam mewawancarai Anda. Dengan begitu, perekrut akan mengingat Anda dengan mudah. Inilah cara yang tepat untuk diingat oleh perekrut. Dan jika Anda memiliki beberapa pertanyaan lanjutan, Anda juga dapat menanyakan perekrut dalam tindak lanjut ini. 
 
Itulah 5 cara cepat mendapatkan pekerjaan yang data menjadi cuan bagi para rekan pembaca. dengan melakukan 5 cara ini, rekan pembaca akan mendapatkan pekerjaan dengan mudah dan cepat. Di tengah persaingan yang semakin ketat, Anda harus menemukan cara yang tepat untuk tampil lebih bersinar dan lebih unggul dari yang lainnya. Untuk itu, rekan pembaca harus melakukan langkah-langkah tertentu. Jika tidak, Anda akan sama dengan kandidat lainnya. 
 
Terapkan 5 cara ini dan yakinkan diri Anda bahwa Anda akan mendapatkan pekerjaan luar biasa yang Anda impikan dalam waktu singkat. Pastikan bahwa Anda tidak putus asa dan kehilangan motivasi. Tetap semangat dan selamat berjuang, rekan pembaca.

Featured Career Advice