×
STUDILMU Career Advice - 5 Cara Mudah Memenangkan Hati Atasan
Self Improvement

5 Cara Mudah Memenangkan Hati Atasan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Halo, rekan pembaca Career Advice, bagaimana perjalanan karier Anda hari ini? Sebelum kita membahas lebih lanjut, saya ingin bertanya pada rekan pembaca. Apakah Anda memiliki hubungan yang baik dengan atasan atau bos Anda?
 
Seorang atasan memiliki peranan penting dalam kemajuan anggota tim lainnya. Untuk itu, sangatlah penting memiliki hubungan baik dengan atasan atau bos kita. Hubungan kita dengan atasan juga dapat menjadi faktor pendorong kita untuk mempertahankan atau meninggalkan pekerjaan kita.
 
Tidak jarang kita menemukan orang-orang yang memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan mereka karena ingin menghindari atasan atau bos mereka. Mereka tidak merasa nyaman dengan hubungan yang dimiliki. 
 
Pada dasarnya, tidak ada satu cara cepat dan mudah untuk memiliki hubungan kerja yang hebat dengan bos. Kita perlu secara konsisten menghasilkan kinerja yang hebat dan menjadi rekan kerja yang penuh perhatian. 
 
Tetapi jangan khawatir, masih ada cara-cara mudah yang dapat kita lakukan untuk memenangkan hati bos. Apa sajakah mereka? Mari kita simak 5 cara mudah memenangkan hati atasan berikut ini.
 

1. Periksa kembali sebelum mengirim. 

Cara mudah memenangkan hati atasan yang pertama adalah dengan memeriksa kembali. Saya yakin bahwa rekan pembaca pasti tahu bagaimana rasanya ketika kita menekan "kirim" pada email, lalu melihat ada kesalahan ketik atau kesalahan mencolok. Lalu, kita menyadari bahwa kita tidak dapat membatalkan email tersebut.
 
Itu memang hal yang buruk. Tetapi, tahukah bahwa hal buruk tersebut dapat dihindari? Periksa kembali email dan pekerjaan lainnya sebelum kita mengirimnya. Periksa kembali adakah kesalahan ketik atau kesalahan lainnya. 
 
Baca ulang laporan atau dokumen lain sebelum kita mengirimkannya. Ini membantu kita memastikan bahwa segala sesuatunya telah tertata dengan baik tanpa ada kesalahan.
 
Lalu bagaimana jika sudah terlanjur? Tunjukkan. Kita semua manusia, dan pasti memiliki kesalahan. Jangan menyangkal, tunjukkan saja. Ini merupakan tindakan penting karena itu menunjukkan bahwa tidak bersembunyi dari kesalahan ketik atau kesalahan lainnya. 
 
Selain itu, menunjukkan bahwa adanya kesalahan dalam laporan atau dokumen dokumen yang dikirim merupakan cara yang tepat untuk menunjukkan bahwa kita dapat dengan cepat mengatasinya dan melakukan perbaikan.

2. Menjadi sukarelawan untuk sebuah proyek.

Cara mudah memenangkan hati atasan yang kedua adalah menawarkan diri untuk menjadi sukarelawan dalam sebuah proyek. Ajukan diri untuk mengerjakan berbagai jenis proyek ketika kita memiliki waktu dan jika proyek itu adalah sesuatu yang ingin kita kuasai. 
 
Tentu saja, proyek itu sendiri akan memakan waktu. Oleh karena itu kita dapat memikirkan ulang dan mengevaluasi proyek sebelum memutuskan untuk melakukannya.
 
Mengapa ini penting? Karena ini menunjukkan bahwa kita dapat menjadi seorang pekerja yang lebih fleksibel. Selain itu, ini juga akan membantu meningkatkan daftar keterampilan dan pengalaman pada surat lamaran kita.
 

3. Meminta umpan balik.

Cara mudah memenangkan hati atasan yang ketiga adalah meminta umpan balik. Milikilah intensitas yang cukup sering untuk menemui atasan dan menanyakan tentang pekerjaan yang kita lakukan. 
 
Ini akan membantu kita mengetahui adakah hal yang perlu diperbaiki atau ditingkatkan. Selain itu, ini juga membantu kita untuk tetap berada pada jalur kenaikan gaji atau promosi. 
 
Ini tidak berarti bahwa kita memaksa atasan kita untuk mengevaluasi pekerjaan kita. Selama kita menghasilkan pekerjaan yang baik mereka akan mengapresiasi hal tersebut. Dan seorang atasan yang handal mengetahui seberapa penting umpan balik yang diberikannya untuk kemajuan anggota tim. 
 
Atau, jika tidak memungkinkan untuk dilakukan secara langsung, kita juga dapat mencoba cara sederhana lainnya.  Tambahkan kalimat, "Tolong beritahu saya jika Anda memiliki umpan balik," ke email yang hendak dikirimkan ke atasan. 
 
Seorang atasan pastinya akan memeriksa kiriman tersebut dengan seksama dan dengan senang hati memberikan umpan balik yang kita butuhkan. 

4. Mengatasi kesalahan dengan baik.

Cara mudah memenangkan hati atasan yang keempat adalah mengatasi kesalahan dengan baik. Setiap orang pasti pernah membuat kesalahan, tetapi tidak setiap orang dapat menangani kesalahan dengan cara yang dewasa. 
 
Kita harus bertanggung jawab atas semua tindakan kita. Dan jika itu adalah suatu kesalahan, tunjukkan mengapa hal tersebut dapat terjadi dan pelajaran yang dapat diambil dari kesalahan tersebut. Akan jauh lebih baik jika kita mampu menunjukkan kesalahan yang kita buat daripada mencoba menyembunyikannya. 
 
Tetapi, ini tidak berarti kita boleh melakukan kesalahan terus-menerus. Kita haruslah meningkatkan kehati-hatian dalam diri kita. Salah satu cara untuk menghindari kesalahan adalah dengan mengajukan pertanyaan terlebih dahulu.
 
Jika kita merasa tidak yakin dalam melakukan sesuatu atau harapan apa yang ingin dicapai dalam suatu proyek, luangkan waktu sejenak untuk memunculkan pertanyaan sebelum memulai proyek baru. Lalu, temukan jawabannya melalui atasan.
 

5. Merayakan pencapaian orang lain.

Cara mudah memenangkan hati atasan yang kelima adalah merayakan pencapaian orang lain. Jika kita sedang mengerjakan proyek dan salah seorang rekan kerja melakukan pekerjaan dengan baik, jangan menyimpannya untuk diri sendiri. Biarkan orang lain mengetahuinya. Dan tentu saja jangan berusaha untuk mengambil keuntungan.
 
Beri tahu rekan lainnya secara terbuka atas pencapaian yang berhasil dilakukan oleh rekan kerja kita. Ini mungkin akan meningkatkan moral rekan kerja dan sekaligus menunjukkan kepada bos kita bahwa kita adalah seorang pemain tim yang hebat.
 
Ketika kita mampu menciptakan situasi yang positif, akan sangat mungkin bagi orang lain untuk melakukan hal yang sama terhadap kita. Jadi berikan penghargaan terhadap seorang rekan kerja yang berhasil membuat pencapaian. 
 
Inilah 5 cara mudah memenangkan hati atasan atau bos kita. Semoga, rekan pembaca dapat memiliki hubungan baik dengan atasan Anda yang dapat menunjang kemajuan karier dan mencapai tujuan yang Anda miliki.

Featured Career Advice