×
STUDILMU Career Advice - 5 Kebiasaan dalam Jadwal Harian Orang Sukses
Productivity

5 Kebiasaan dalam Jadwal Harian Orang Sukses

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Halo rekan pembaca, menjadi produktif adalah tentang mengatur waktu yang kita miliki sebaik mungkin untuk menyelesaikan pekerjan-pekerjaan kita. Kita semua berusaha untuk menjadi produktif setiap hari. Nah, kebiasaan apa yang rekan pembaca lakukan pada jadwal harian yang dapat membantu Anda menjadi lebih produktif? 
 
Kebiasaan yang kita bangun setiap harinya adalah sistem. Jika sistem tersebut baik, maka kita juga akan menghasilkan kinerja yang baik. Namun, jika kita memiliki sistem yang buruk, kita hanya akan menempatkan diri dalam kekacauan. 
 
Nah, kali ini kita akan melihat kebiasaan yang dimiliki orang sukses dalam jadwal hariannya. Siapa tahu, dengan mencontoh apa yang mereka lakukan, kita juga dapat mengikuti jejak suksesnya. Yuk, kita simak 5 kebiasaan dalam jadwal harian orang sukses.
 

1. Memiliki ritual pagi.

Hampir semua orang sukses memiliki ritual masing-masing di pagi hari. Cara kita memulai hari akan menentukan keadaan sepanjang hari. Jadi, sangatlah penting memiliki ritual di pagi hari, seperti bangunlah di pagi hari. Lakukanlah hal yang membuat kita dapat memasukkan energi positif sebelum kita menghadapi hal-hal yang berat dan memusingkan. Dengan begitu, kita akan dapat menghasilkan produktivitas tinggi dan tidak melakukan penundaan. 
 
Selanjutnya, tentukan tujuan yang ingin dicapai pada hari itu. Tentukan pula hal penting yang harus dilakukan dan berfokuslah pada hal penting tersebut. Dengan begitu, kita akan menghabiskan waktu dengan cara yang tepat. Jika kita menetapkan tujuan yang nyata di pagi hari, kita juga akan memiliki kepercayaan diri dan mampu mengendalikan perasaan. 
 
Ritual di pagi hari juga memiliki peranan penting dalam menentukan suasana hati kita. Namun, banyak sistem produktivitas yang memperlakukan kita seperti robot. Kita lupa bahwa perlu memikirkan tentang perasaan. 
 
Suasana hati yang buruk hanya akan membuat kita menunda pekerjaan. Jika kita memiliki suasana hati yang buruk, kita tidak akan mampu menjadi produktif. Namun, jika kita memiliki kendali penuh perasaan, kita akan mampu menjalani hari dengan kuat.
 

2. Menyelesaikan pekerjaan yang penting di awal hari tanpa gangguan.

Banyak orang langsung memeriksa email dan menghadiri rapat setibanya di kantor. Lalu, menunda pekerjaan yang penting. Tetapi, orang sukses tidak melakukannya. Orang sukses menggunakan waktu awal mereka untuk menyelesaikan pekerjaan penting.
 
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa otak kita berada dalam keadaan terbaik pada waktu 2,5-4 jam setelah bangun pagi. Apabila semakin sore, kita akan semakin sulit mengontrol diri. Jadi, sebisa mungkin, hindarilah pekerjaan yang membuang-buang waktu berharga yang kita miliki di pagi hari. Misalnya, telekonferens atau rapat. 
 
Berfokuslah pada pekerjaan yang membutuhkan fokus dan ketelitian yang tinggi untuk menyelesaikannya terlebih dahulu. Dengan begitu, kita tidak akan memiliki pekerjaan yang tertunda. Jika kita menunda-nunda pekerjaan penting, kita tidak akan pernah menyelesaikannya.
 

3. Beristirahat saat produktivitas mulai menurun.

Pernahkah rekan pembaca mengalami kebuntuan di sore hari? Kita semua mungkin saja mengalami hal ini. Mengapa ini bisa terjadi? Apakah karena kita bekerja terlalu keras? Atau mungkin pengaruh makanan? Biasanya. Itu disebabkan oleh ritme alami yang dimiliki sirkadian tubuh kita.
 
Nah, jika kita mulai merasa jenuh, cobalah untuk beristirahat sejenak. Nikmati camilan sore atau mungkin melakukan tidur siang singkat. Lalu, tinjau ulang tujuan dan kemajuan yang berhasil kita lakukan pada hari itu. Ketika tahu bahwa kita berhasil membuat kemajuan, ini akan membuat kita lebih termotivasi. Kita akan kembali siap untuk melanjutkan pekerjaan. 
 

4. Melakukan panggilan, rapat dan urusan lain di sore hari. 

Salah satu trik untuk memaksimalkan produktivitas yang kita miliki adalah mencocokkan energi dengan pekerjaan kita. Disaat kita memiliki energi terbesar, ini merupakan waktu yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan yang menantang dan pekerjaan yang membutuhkan kreativitas
 
Nah, kalau begitu, selesaikanlah pekerjaan-pekerjaan yang menyibukkan di sore hari. Karena, di sore hari kita mengalami penurunan energi dan konsentrasi. Pekerjaan apakah yang dimaksud? Pekerjaan yang menyibukkan adalah mengadakan rapat, melakukan panggilan atau mengumpulkan bukti-bukti pembayaran. Penelitian menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk mengadakan rapat adalah di pukul 3 sore. 
 
Namun, terkadang kita merasa malas untuk menyelesaikan pekerjaan yang menyibukkan tersebut. Tidak ada salahnya jika kita membiarkan diri mengalami gangguan atau melakukan perbincangan singkat dengan rekan kerja. Ini akan memudahkan kita untuk menyelesaikannya. 
 

5. Kegiatan malam yang menenangkan.

Selain memiliki ritual pagi, orang sukses juga memiliki ritual di malam hari. Kita telah bekerja keras dalam waktu yang panjang selama satu hari. Malam hari adalah waktu yang tepat untuk mengisi ulang energi. Kita dapat menggunakan waktu malam hari dengan melakukan hal-hal yang kita sukai, seperti berolahraga, berdoa atau menghadiri kegiatan keagamaan, membaca, mendengarkan musik, menghabiskan waktu dengan teman atau keluarga, melakukan pijat, berjalan-jalan di luar rumah, melakukan meditasi atau yoga, menghabiskan waktu dengan melakukan hal-hal kreatif atau hal lain yang kita sukai.
 
Dengan banyaknya kegiatan malam yang menenangkan, kita tetap harus mengatur waktu dengan baik saat melakukan semua kegiatan tersebut. Jangan sampai kita kekurangan waktu tidur ya, rekan pembaca. Kurang tidur dapat mengurangi kecerdasan otak kita. Kurang tidur juga membuat kita sulit untuk fokus, mengurangi kemampuan memori otak, mengurangi kemampuan untuk berpikir logis, memperburuk suasana hati dan bahkan membuat kita mengalami gangguan fungsi lainnya.
 
Itulah 5 kebiasaan dalam jadwal harian orang sukses. Ingatlah, bahwa produktivitas adalah tentang mengatur waktu dan tugas-tugas yang kita miliki dengan baik. Semoga artikel ini dapat menginspirasi rekan pembaca untuk memiliki jadwal harian yang dapat menunjang kesuksesan yang diinginkan.

Featured Career Advice