×
STUDILMU Career Advice - 5 Manfaat yang Didapat dari Tempat Kerja yang Jauh
Productivity

5 Manfaat yang Didapat dari Tempat Kerja yang Jauh

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Bangun tidur, siap-siap kerja dan yap, rekan pembaca harus menjalani perjalanan jauh ke tempat kerja, yang jaraknya mungkin sedikit ‘tidak normal’ dari tempat tinggal rekan pembaca ke kantor. Karena kenyataan ini, mungkin kita sering berharap bahwa jarak dari rumah ke tempat kerja kita sangat dekat, sehingga kita tidak perlu membuang banyak tenaga untuk sampai ke kantor, dan tentunya tidak perlu takut terlambat lagi, karena perjalanan dari rumah ke kantor sangat dekat. 
 
Hal ini semakin memburuk ketika rekan pembaca bekerja di suatu kota besar yang ramai penduduknya, kemacetan tidak pernah mengenal waktu dan polusi ada dimana-mana. Kemacetan membuat kita sangat bete di dalam mobil atau di atas motor selama berjam-jam, atau bagi rekan pembaca yang menggunakan transportasi umum, ini juga akan sangat menyebalkan karena rekan pembaca harus merasa sesak di dalam bus atau kereta yang sangat penuh. 
 
Dampak negatif yang dihasilkan dari jarak tempat kerja yang jauh adalah kita akan merasa frustasi, stres, ketakutan, bahkan kewalahan. Salah satu faktor utama yang membuat seseorang meninggalkan pekerjaan mereka adalah tempat kerja yang terlalu jauh dan jarak tempuh yang terlalu lama karena adanya kemacetan yang begitu parah setiap hari. Kebanyakan dari mereka akan memilih pekerjaan lain yang lebih nyaman, dan tentunya lebih dekat dengan tempat tinggal mereka. 
 

Ada sisi positif dari tempat kerja yang jauh.

Namun, satu hal yang perlu kita ingat. Segala sesuatu pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sehingga, saat kita berbicara tentang dampak negatif dari tempat kerja yang jauh, bukan berarti hanya ada keburukan di dalamnya. Tetapi, ada hal-hal positif yang bisa kita dapatkan dari lokasi kantor yang sangat jauh tersebut.  
 
Memang sih, agak sulit untuk menemukan sisi positif dari perjalanan yang sangat melelahkan ke tempat kerja. Namun, baru-baru ini diadakan sebuah penelitian yang memang menunjukan bahwa ada beberapa dampak positif yang bisa kita dapatkan dari memiliki tempat kerja yang jauh. Penasaran? Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Bersyukur.

Tidak peduli seberapa jauh atau selelah apapun perjalanan yang kita tempuh dari rumah ke tempat kerja, tetap saja ada hal-hal yang bisa kita syukuri dari pekerjaan kita. Terutama, bagi rekan-rekan Career Advice yang bekerja di kantor. Sejauh apapun jarak tempuhnya, saat kita sampai di kantor, kita akan bekerja di belakang laptop atau komputer, duduk dibangku yang nyaman dengan ruangan ber-AC, kita juga tetap bisa minum air bersih atau bahkan beberapa camilan yang disediakan oleh kantor, memiliki banyak teman di kantor, menyantap makan siang yang lezat, dan kebahagiaan lainnya yang sering kita lupakan. 
 
Berbeda dengan orang-orang yang mungkin tidak bekerja dengan jarak tempuh yang jauh, namun mereka tidak memiliki penghasilan yang pasti, mereka juga terkadang harus berpanas-panasan, menahan lapar, dan berbagai kesedihan lainnya yang mereka rasakan, namun rasa syukur tetap ada di dalam diri mereka. 
 
Selain itu, coba bandingkan lagi dengan orang-orang yang masih menganggur sampai sekarang. Para pengangguran mungkin akan sangat mendambakan pekerjaan yang kita miliki sekarang, meskipun dengan jarak tempuh yang sangat jauh. Memiliki tempat kerja yang jauh memang sangat melelahkan, namun apapun itu, kita harus tetap bersyukur dengan segala kenikmatan yang Tuhan berikan kepada kita ya. Dengan memiliki tempat kerja yang jauh, kita akan selalu punya alasan untuk bersyukur. 
 

2. Lakukan Pengembangan Diri selama Perjalanan Jauh. 

Manfaat kedua yang bisa kita dapatkan adalah kita dapat melakukan perbaikan atau pengembangan diri selama perjalanan jauh dari rumah ke tempat kerja. Hmm, maksudnya bagaimana ya? Jadi begini, katakanlah rekan pembaca harus menempuh perjalanan dari rumah ke tempat kerja selama 2 jam dengan menggunakan mobil pribadi. Perjalanan selama dua jam ditambah dengan kemacetan kota, pastinya hal yang sangat memuakkan, bukan? Nah untuk mengakali hal ini, rekan pembaca bisa menyalakan podcast atau mendengarkan radio yang berisi tentang informasi-informasi penting, sehingga perjalanan jauh dan macet tidak akan terlalu menjengkelkan karena rekan pembaca bisa sambil belajar di dalam mobil. 
 
Hal yang sama juga bisa dilakukan oleh rekan-rekan Career Advice yang menaiki transportasi umum ke kantor, di dalam kereta, mungkin Anda bisa sambil membaca berita di internet terkait hal-hal menarik yang terjadi pada hari itu. 
 
Apalagi yang kira-kira bisa kita lakukan? Ide menarik lainnya, rekan-rekan Career Advice bisa sambil belajar online saat menunggu bus Anda sampai dekat kantor, misalnya belajar dari kursus online STUDILMU, sehingga kita bisa tetap menggunakan waktu dengan bijak meskipun sedang dalam perjalanan. Ilmu kita akan bertambah dan perjalanan jauh tidak akan terasa begitu melelahkan. 
 
Pada akhirnya, kita menyadari bahwa perjalanan jauh tidak selalu memberikan dampak buruk, karena kita bisa mengembangkan diri selama perjalanan berlangsung.
 

3. Melatih Kesabaran.

Ini adalah manfaat memiliki tempat kerja yang jauh, yang mungkin jarang kita sadari. Coba deh bayangin betapa sabarnya orang-orang yang harus bangun sangat pagi setiap hari, siap-siap kerja dan harus menghadapi kemacetan serta perjalanan jauh yang luar biasa melelahkan, hanya demi bekerja dan mencari nafkah. 
 
Wah, harus diakui bahwa orang-orang seperti ini adalah pahlawan bagi dirinya sendiri atau bagi keluarga mereka. Bagaimana tidak, selama menghadapi perjalanan yang jauh dan terhalang dengan kemacetan yang membuat mobil atau bus kita tidak bergerak sama sekali, secara tidak langsung kita sedang melatih kesabaran kita setiap harinya. 
 
Kita berusaha bersabar saat kereta yang harus kita naiki ternyata sudah penuh, sehingga kita harus menunggu kereta selanjutnya. Kita perlu bersabar ketika kita ketinggalan bus, sehingga kita harus mencari pilihan transportasi lainnya. Yap, pastinya ada banyak hal yang akan kita jumpai selama perjalanan yang dapat melatih kesabaran kita. 
 

4. Semakin Sehat. 

Apabila rekan-rekan Career Advice menggunakan transportasi umum dalam perjalanan harian ke tempat kerja, dan bukan menggunakan kendaraan pribadi, maka ini adalah manfaat yang sudah pasti akan didapatkan oleh rekan pembaca. 
 
Menaiki transportasi umum akan memaksa kita untuk bergerak lebih, yap meskipun memang ini melelahkan. Namun, ini sama saja seperti sedang berolahraga loh. Sebagai contoh, rekan pembaca harus mengejar bus, berdesak-desakan di kereta, naik turun eskalator, berdiri sambil menunggu Bus Transjakarta datang, semua itu memerlukan usaha yang lebih. Kami tahu bahwa itu sangat melelahkan, tetapi efek positifnya adalah rekan pembaca bisa semakin sehat karena ini sama saja seperti berolahraga. 
 

5. Mencegah Insomnia.

Manfaat kelima adalah mencegah insomnia. Loh, apa hubungannya ya memiliki tempat kerja yang jauh dengan terhindar dari insomnia? Perjalanan yang jauh telah menguras energi dan waktu kita, sehingga saat kita kembali ke rumah, tidak ada lagi yang namanya ‘insomnia’ karena yang kita perlukan hanyalah beristirahat untuk memulihkan energi. 
 
Nah, jadi bagaimana nih rekan-rekan Career Advice, apakah kita masih harus mengeluh setiap harinya karena memiliki tempat kerja yang jauh? Meskipun perjalanan yang jauh ke kantor sangatlah melelahkan, namun ada beberapa hal positif yang bisa kita dapatkan dari hal ini. Semangat terus ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice