×
STUDILMU Career Advice - 5 Pelajaran Berharga dari Kesalahan Hidup untuk Karier Kerja
Self Improvement

5 Pelajaran Berharga dari Kesalahan Hidup untuk Karier Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Semua orang pasti tidak pernah lepas dari kesalahan yang sengaja atau tidak sengaja mereka lakukan selama perjalanan karier kerja mereka. Hal itu juga terjadi kepada saya, saat saya baru memasuki dunia kerja di umur 21 tahun. Hmm kira-kira kejadiannya tujuh tahun yang lalu. Pada saat itu, saya mendapatkan panggilan wawancara di salah satu perusahaan swasta di kota Jakarta Selatan. Saya datang terlambat, 30 menit dari waktu yang dijadwalkan oleh staf HRD yang menghubungi saya. 
 
Para perekrut merasa kesal dengan tindakan saya, menurut mereka tindakan tersebut kurang profesional. Akhirnya, saya tidak mendapatkan pekerjaan di sana. Dari kesalahan itu saya belajar bahwa sebagai seorang kandidat, saya harus datang lebih awal, bahkan kalau bisa 30 menit lebih awal dari waktu yang ditentukan. Bagi saya, itu menjadi sebuah pelajaran berharga yang bisa saya ambil selama perjalanan karier kerja saya. 
 
Yap! meskipun membuat kesalahan tidak akan pernah menjadi hal yang mengagumkan, namun selalu ada hikmah dibalik setiap kesalahan yang kita perbuat, baik itu disengaja atau tidak. Semua kesalahan yang pernah kita lakukan dapat menjadi pendorong utama dalam peningkatan kualitas diri dan kemajuan karier kita di masa depan. 
 
Pada artikel kali ini, kita akan membahas lima pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari perjalanan karier kerja kita. Penasaran? Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 
 

Pelajaran Pertama: Kesalahan Bisa Menjadi Guru Terbesar Kita.

Tidak dapat disangkal lagi bahwa setiap kesalahan yang kita perbuat dapat menjadi guru terbaik di dalam kehidupan kita, terutama di dalam dunia karier. Kita akan mengerti bagaimana rasa sakit atau ruginya ketika kita melakukan sebuah kesalahan, sehingga kita akan berusaha untuk menghindari kesalahan yang sama di lain waktu. 
 
Dalam hal ini, tidak hanya kesalahan diri kita yang bisa dijadikan guru terbaik, namun kesalahan-kesalahan yang orang lain lakukan juga bisa kita ambil pelajarannya. Malah itu akan lebih baik karena kita tidak perlu menerjunkan diri untuk melakukan kesalahan terlebih dahulu, namun dengan hanya memahami pengalaman dan cerita dari orang lain, kita bisa menghindari kesalahan yang mereka perbuat. 
 
Tidak ada yang bisa mengubah takdir atau suatu hal yang sudah terjadi di masa lampau, yang sudah terjadi biarlah terjadi. Sekarang, rekan-rekan Career Advice masih memiliki waktu untuk memperbaiki segalanya. 
 

Pelajaran Kedua: Kesalahan Menjadi Kesempatan untuk Meninjau Kembali Tujuan Karier.

Kesalahan yang kita lakukan bisa menjadi ‘tempat persinggahan’ sementara sebelum kita melanjutkan langkah selanjutnya dalam meraih tujuan karier. Bisa jadi, tanpa kita sadari kesalahan yang kita perbuat merupakan bentuk kelelahan atau demotivasi kita terhadap tujuan karier yang kita miliki, sehingga rasa demotivasi telah membawa kita ke dalam perangkap kesalahan. 
 
Jangan khawatir, karena rekan pembaca masih memiliki waktu untuk meninjau kembali tujuan karier yang dimiliki melalui kesalahan-kesalahan tersebut. Misalnya, tujuan karier saya ingin menjadi seorang direktur dalam lima tahun ke depan. 
 
Namun, saya melakukan kesalahan besar baru-baru ini. Saya suka malas berangkat bekerja, sehingga absen saya di kantor sangatlah buruk. Dalam hal ini, saya telah melakukan kesalahan yang cukup fatal, namun saya bisa meninjau kembali tujuan karier yang saya punya. “Apakah saya benar-benar mampu dan cocok menjadi seorang direktur di masa depan?” jika ya, saya harus mencari tahu cara mengubah perilaku buruk saya. 
 

Pelajaran Ketiga: Kesalahan bisa Membuat Kita Lebih Kuat.

Apakah benar ‘kesalahan’ bisa membuat kita menjadi lebih kuat? Yap, tentu saja dong! Pasti rekan pembaca pernah mendengar ungkapan dari Barat bahwa “segala sesuatu yang tidak membunuhmu akan membuatmu lebih kuat”. Selagi kesalahan yang kita lakukan tidak membunuh atau mematikan kita, maka kita bisa menjadi lebih kuat karena kesalahan-kesalahan yang sudah kita lakukan sebelumnya. 
 
Misalnya, mengambil contoh dari kesalahan saya yang datang 30 menit terlambat dari waktu yang sudah ditentukan, saya memang merasa sangat menyesal. Bukan hanya menyesal, namun saya merasa sangat terpukul dengan kegagalan pertama saya tersebut. Setelah kejadian itu, saya mengalami beberapa penolakan dari perusahaan lainnya, namun kali ini mental saya lebih kuat. Kesalahan yang saya perbuat di masa lalu memang sangat menyakitkan, akan tetapi hal itu membuat saya menjadi pribadi yang lebih baik dan lebih kuat dari sebelumnya. 

Pelajaran Keempat:  Kesalahan Membuat Kita Menghindari Kesalahan yang Lebih Besar.

Orang-orang bijak akan selalu mencari hikmah atau pelajaran yang bisa mereka ambil dari setiap kesalahan yang telah diperbuat sebelumnya. Mereka tahu bahwa kesalahan yang sama tidak boleh dilakukan kembali. Hanya orang-orang kurang bijak yang tidak mengambil hikmah dari kesalahan mereka di masa lalu. Sehingga, kesalahan yang sama terjadi secara berulang-ulang tanpa ada perubahan sedikit pun. 
 
Sebagai contoh, ketika masih kecil saya selalu dilarang untuk menyentuh panci sup yang panas. Suatu ketika saya mencoba menyentuh panci sup makaroni yang masih panas karena merasa sangat penasaran. Wah, benar saja dong! Jari telunjuk saya langsung menggembung, terasa sakit, dan juga panas. Akhirnya, sampai sekarang saya tidak pernah menyentuh panci sup yang panas lagi. 
 

Pelajaran Kelima:  Kesalahan Membuat Kita Menjadi Rendah Hati. 

Tidak dapat disangkal lagi bahwa kesalahan-kesalahan yang kita lakukan dapat menjadikan kita menjadi seseorang yang lebih rendah hati. Jika sebelumnya kita merasa angkuh dan sombong karena menganggap diri sendiri sebagai seorang yang tidak pernah melakukan kesalahan, sekarang sudah tidak lagi. Kita akan menyadari dengan baik, bahwa setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan. 
 
Sikap kerendahan hati ini akan sangat baik untuk kita miliki, terutama ketika kita memiliki hubungan dengan rekan-rekan kerja, klien, mitra bisnis dan atasan kita, sehingga karier kita menjadi lebih lancar. 
 
Itulah 5 pelajaran berharga yang bisa kita ambil dari setiap kesalahan yang kita perbuat, dan semua pelajaran berharga tersebut akan menjadi hal yang sangat berharga untuk kehidupan karier kerja kita selanjutnya.

Featured Career Advice