×
STUDILMU Career Advice - 6 Cara Disiplin Diri Untuk Sukses
Self Improvement

6 Cara Disiplin Diri Untuk Sukses

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Jika rekan pembaca melihat kehidupan sekarang ini, apa yang membuat Anda sukses, bahagia atau sehat seperti sekarang ini? ada satu hal yang menjadi alasan Anda, yaitu kedisiplinan diri. Ketika Anda memiliki kedisiplinan diri yang rendah, Anda tidak akan mampu untuk melakukan hal-hal yang Anda perlukan dalam kesuksesan yang Anda inginkan
 
Apa hal yang membuat Anda sukses dalam segala aspek kehidupan? Ya, tentunya kesempatan. Banyak orang tahu caranya memiliki berat badan yang ideal, namun beberapa orang yang berhasil melakukanya? Banyak orang tahu cara memiliki kinerja yang baik, tetapi berapa banyak yang benar-benar melakukannya?
 
Singkatnya, pengetahuan tidaklah berarti apa-apa jika tidak ada kedisiplinan diri dalam melakukannya. Disiplin diri adalah kemampuan untuk melakukan apa dan yang seharusnya dan waktu yang tepat untuk melakukannya, tidak peduli apakah Anda menyukainya atau tidak. Ini adalah kemampuan penting yang dapat menunjang kesuksesan Anda. 
 
Kesuksesan dihasilkan oleh tindakan nyata yang konsisten. Dan hanya disiplin diri yang memungkinkan Anda untuk tetap konsisten. Berikut adalah 6 cara disiplin diri untuk kesuksesan Anda.
 

1. Semuanya terserah Anda

Apapun tujuan yang Anda miliki, ada satu hukum yang harus Anda patuhi agar menjadi sukses. Tidak seorangpun akan menaiki tangga kesuksesan untuk Anda. tidak seorang pun bertanggung jawab akan kesehatan, kekayaan, kegembiraan atau bahkan kesuksesan Anda. Anda bertanggung jawab penuh atas pilihan Anda sendiri. Pekerjaan Anda, pasangan, tempat tinggal dan pilihan yang Anda buat setiap harinya adalah tanggung jawab Anda. Anda sendirilah yang dapat menentukan pekerjaan yang ingin Anda lakukan, cara untuk menghabiskan waktu Anda, dan banyaknya olahraga yang ingin Anda lakukan dalam sehari.  Keputusan yang Anda buat dapat membuat hari Anda berjalan dengan baik bahkan berjalan dengan buruk.
 
Jika Anda menginginkan kehidupan yang lebih baik, Anda harus mengambil keputusan yang lebih baik. Ketika Anda mengambil keputusan yang salah, Anda mungkin akan menyalahkan orang lain. Namun, ini tidak akan mengubah apapun. Anda lah yang dapat mengubah hidup Anda. Bertanggung jawablah dengan semua hal yang Anda buat dalam hidup. Sekalipun ada hal-hal yang terjadi diluar kendali Anda, Anda selalu punya pilihan dalam merespon hal tersebut.
 

2. Musuh besar kesuksesan. 

Musuh terbesar kesuksesan adalah mengambil jalan yang memiliki sedikit pertentangan. Jika Anda hanya memilih hal yang menyenangkan dan mudah, Anda tidak akan pernah mencapai kesuksesan dan kebahagiaan yang maksimal. Karena, kemenangan besar membutuhkan pengorbanan besar juga. Jika kesuksesan adalah sebuah hal yang mudah, setiap orang akan sukses. Karena kesuksesan membutuhkan kerja keras dan pengorbanan, maka tidak semua orang dapat mencapai kesuksesan secara maksimal.
 
Setiap kali Anda memutuskan untuk tidak melakukan yang seharusnya Anda lakukan, Anda melewatkan kesempatan untuk bertumbuh dan menghilangkan kepercayaan diri Anda. Anda membentuk diri Anda menjadi seorang pemalas dan orang yang gagal. Dan tentunya, ini dapat menjadi kenyataan yang sebenarnya.
 
Untuk mencapai tujuan yang Anda miliki, Anda memerlukan visi yang jelas, rencana yang jelas dan sikap konsisten sepanjang waktu. Tidak ada yang dapat Anda capai tanpa kerja keras. Oleh karena itu, Anda harus membangun kebiasaan memilih hal yang sulit dan perlu dilakukan, bukan hal yang mudah dan menyenangkan untuk dilakukan. Dengan begini, Anda memiliki jalan yang pasti untuk mencapai kesuksesan. 
 

3. Berpikir dalam jangka panjang.

Seperti yang dikatakan Abraham Lincoln, cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya. Jika Anda ingin tahu posisi Anda dalam 10 tahun kedepan, maka lihatlah kehidupan Anda saat ini. Berapa banyak buku yang Anda baca untuk pertumbuhan pribadi Anda, dan beberapa banyak hal baru yang telah Anda pelajari? Orang-orang seperti apakah yang menjadi teman Anda? Apakah Anda telah mengerahkan usaha yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda?
 
Banyak orang berpikir bahwa kehidupan mereka dapat berubah tiba-tiba dengan satu hal magic. Hidup Anda akan berubah jika Anda melakukan perubahan. Jika Anda tidak merasa bahagia dengan yang Anda miliki saat ini, apakah Anda telah melakukan beberapa cara untuk mengubahnya? Jika belum, Anda hanya melamunkannya saja. Dan tidak akan ada hal yang berubah sama sekali.
 
Tanyakan diri Anda: Jika saya berhasil mencapai tujuan-tujuan saya, bagaimana saya akan menjalani kehidupan sehari-hari saya? Buku apa yang akan saya baca? Berapa banyak waktu yang saya habiskan untuk bekerja dan bagaimana saya menghabiskan waktu luang saya? Ketika Anda menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, Anda akan tahu hal yang harus Anda lakukan. Bersikaplah seolah Anda telah mencapai kesuksesan.
 

4. Rintangan adalah bagian dari kesuksesan.

Tidak ada hal yang berharga dapat terjadi dengan mudah. Anda harus mengorbankan waktu, usaha, kesakitan dan kerja keras. Akan ada banyak rintangan, tetapi inilah yang membantu Anda sukses. Dengan berhasil dalam satu tes dan tes-tes berikutnya, Anda akan sukses.

Yang sering terjadi adalah menyerah sebelum benar-benar mencapai kesuksesan. Kapanpun rekan pembaca menemukan kegagalan, tetaplah berjalan. Kesuksesan membutuhkan usaha yang keras, inilah yang membuatnya special. Jika mudah, setiap orang akan mendapatkannya. 

5. Tulis ulang tujuan Anda setiap hari. 

Untuk memaksimalkan disiplin diri, Anda harus menjaga tujuan besar Anda dalam ingatan. Dengan terus mengingatnya, Anda akan dapat mengambil langkah yang diperlukan dan menjalankannya sekalipun dalam situasi yang sulit. Anda haruslah bekerja keras untuk sesuatu yang patut diperjuangkan. 
 
Masalahnya adalah kita sering terjebak dalam mencapai tujuan kita sehingga kita lupa alasan kita memulai hal tersebut. Dan terkadang kita kewalahan dengan tugas-tugas yang kita miliki. Tidak heran jika banyak orang kehilangan semangat dan merasa bosan dengan kehidupannya. Karena, mereka tidak memiliki kejelasan tentang tujuan yang harus diperjuangkan.
 
Cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan menulis ulang tujuan Anda dan membayangkan masa depan yang akan menjadi milik Anda. Setiap kali Anda bangun, tulislah tujuan penting yang Anda miliki dalam hidup. Ini bukan hanya akan memotivasi dan membuat Anda bersemangat, ini juga akan memberikan gagasan yang jelas tentang hal-hal yang Anda butuhkan dalam mencapai kesuksesan. Ketika Anda berfokus dengan tujuan dan visi, Anda akan mampu untuk membuat keputusan yang mendukung tujuan-tujuan tersebut.
 

6. Tetapkan bahwa Anda tidak akan menyerah.

Untuk memastikan bahwa Anda tetap kuat dalam menghadapi kesulitan, tentukan respon yang Anda buat untuk situasi tersebut. Anda perlu merencanakan hal yang perlu Anda lakukan saat menghadapi kesulitan. Saat Anda menuliskan tujuan tersebut, pastikan bahwa Anda akan tetap berpegang teguh, tidak peduli sesulit apapun situasinya. Tentukan sikap yang akan Anda ambil saat menghadapi kegagalan dan kemunduran sehingga Anda dapat bangkit dan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya.
 
Itulah 6 cara disiplin diri untuk kesuksesan yang dapat rekan pembaca lakukan. Jika Anda berkomitmen dengan cara-cara ini, Anda akan mencapai kesuksesan dalam segala hal yang Anda pikirkan. Mungkin tidak terjadi secara tiba-tiba, tetapi Anda pasti mencapainya. 

Featured Career Advice