×
STUDILMU Career Advice - 6 Cara Membuat Bos Anda Terkesan
Self Improvement

6 Cara Membuat Bos Anda Terkesan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Saat Anda sedang menjalani sebuah pekerjaan magang, baik yang digaji ataupun tidak, pekerjaan penuh ataupun pekerjaan paruh waktu, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengesankan bos Anda yang baru. Jika Anda mengikuti langkah-langkah dibawah ini, Anda akan dapat mempelajari pekerjaan Anda dengan cepat dan memberikan kesan positif pada semua orang di perusahaan.
 
Berikut adalah panduan yang harus Anda lakukan di bulan pertama Anda bekerja.
 

1. Atur Pertemuan dengan Anggota Tim

Buatlah satu waktu untuk mengatur pertemuan dengan rekan kerja Anda sehingga Anda sepenuhnya memahami peran mereka dan cara mereka berinteraksi dengan Anda. Tidak perlu membuatnya formal, ini dapat melalui percakapan biasa atau dengan minum kopi bersama. Jadilah proaktif dan fokus untuk mempelajari segala hal yang perlu diketahui tentang perusahaan. Setelah Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang cara kerja internal organisasi, nilai Anda menjadi jauh lebih besar dan hal ini juga merupakan sebuah peluang bagi Anda untuk mengesankan atasan Anda.
 
Informasi tambahan: Rekan kerja Anda akan menghargai bahwa Anda meluangkan waktu untuk mengenal mereka dan bahwa Anda tertarik dengan pekerjaan mereka.
 

2. Ajukan Pertanyaan

Jangan takut untuk bertanya. Ini adalah bagian kunci dari proses pembelajaran dan manajer Anda akan mengharapkan Anda untuk melakukannya. Mengajukan pertanyaan tidak hanya menunjukkan minat Anda pada perusahaan tetapi juga komitmen Anda untuk belajar dan berkembang bersama perusahaan. Tantang diri Anda untuk menanyakan setidaknya satu pertanyaan tentang tugas baru apa pun yang Anda berikan. Ini akan membantu Anda mempelajari hal-hal baru dengan lebih cepat dan mempercepat transisi Anda ke peran baru.
 

3. Cobalah Memiliki Setidaknya Satu Proyek Besar

Menjadi proaktif dan terlibat dalam proyek perusahaan adalah cara yang bagus untuk menunjukkan komitmen Anda terhadap peran dan untuk menunjukkan kepada manajer Anda bahwa Anda antusias tentang peluang yang tersedia bagi Anda. Fokuskan pada tantangan khusus yang perusahaan sedang hadapi atau ide inovatif yang mereka belum punya dalam mengeksekusi tantangan tersebut. Milikilah inisiatif untuk mengambil proyek tersebut dan menjadikannya berhasil. Ini akan menunjukkan kepada atasan Anda bahwa Anda serius membuat suatu perbedaan dan menambah suatu nilai bagi perusahaan.

4. Jadilah Pemain Tim

Cobalah untuk berkolaborasi dengan rekan kerja Anda. Ini adalah adalah cara luar biasa lainnya untuk menunjukkan nilai. Tawarkan untuk membantu anggota tim Anda dengan proyek-proyek yang cocok untuk keahlian Anda dan cobalah untuk mengantisipasi tantangan yang mungkin dapat Anda atasi. Ketika Anda menjadi seorang pelaku dalam tim, ini merupakan hal yang tepat untuk memberikan wawasan bagi bos Anda bahwa Anda dapat menangani tugas Anda dengan baik. Hal ini juga menunjukkan bahwa Anda berkomitmen terhadap pekerjaan tersebut.
 

5. Kirim Laporan Kemajuan Pekerjaan Setiap Minggu

Mengirim laporan perkembangan pekerjaan setiap minggunya adalah cara yang bagus untuk menunjukkan bahwa Anda merupakan seseorang yang terorganisir dan fokus pada hasil. Pastikan untuk mengirim ini melalui email saat akhir minggu dan sertakan semua pekerjaan yang telah Anda selesaikan minggu itu serta menguraikan hal-hal yang masih perlu Anda pelajari dan area yang ingin Anda tingkatkan. Dengan begini, manajer Anda akan melihat nyata Anda bahwa Anda merupakan seorang pekerja yang menyadari tugas dan tanggung jawab. Bos Anda juga dapat menilai bahwa Anda adalah seorang yang proaktif dalam menilai kinerja Anda sendiri. Ini juga akan memberi wawasan bagi bos Anda dalam membantu Anda menjalani masa orientasi. 

6. Minta Umpan Balik

Menyiapkan pertemuan dengan bos Anda adalah kemenangan besar. Ini akan membantu Anda memahami harapan mereka sehingga Anda dapat memastikan bahwa Anda bertemu dengan mereka. Datanglah dengan tiga pertanyaan untuk ditanyakan dan dicatat selama pertemuan. Pertanyaan Anda dapat mencakup hal-hal seperti: Apa yang membuat Anda tetap terjaga di malam hari? Apa yang Anda harapkan dari saya? Bagaimana kinerja saya diukur? Pada pertemuan berikutnya, jelaskan langkah-langkah yang Anda ambil untuk menanggapi jawaban atasan Anda  dan tunjukkan bahwa Anda adalah orang yang proaktif dan mampu memenuhi harapan manajer atau atasan Anda.
 
Apakah Anda sedang menjalani pekerjaan pertama atau yang kelima, saat Anda memulai pekerjaan baru akan membuat Anda berpikir tentang cara mengesankan bos Anda. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda pasti akan tampil memukau di minggu pertama Anda bekerja. Hal ini juga membuat kesan positif yang bertahan lama.

Featured Career Advice