×
STUDILMU Career Advice - 6 Cara Mengatur Diri agar Tetap Bahagia, Sehat dan Makmur
Happiness

6 Cara Mengatur Diri agar Tetap Bahagia, Sehat dan Makmur

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Ketika sebuah pesawat terbang mengalami turbulensi atau kondisi gawat lainnya, sebagian besar penerbangan tiba di tujuan pada waktu yang ditentukan. Alasan untuk fenomena ini cukup sederhana, melalui kontrol lalu lintas udara dan sistem panduan inersia, dan perbaikan yang terus menerus diupayakan oleh sang pilot. Ketika masalah ditangani dengan segera, itu tidak akan sulit untuk dikelola. Namun, jika tidak dilakukan perbaikan yang teratur, pesawat akan mengalami bencana. Kesalahan kecil yang tidak diperbaiki, akan menjadi bencana besar.
 
Penerbangan ini adalah analogi dari kehidupan kita. Ada banyak hal yang kita anggap tidak penting dapat menciptakan dampak yang buruk bagi kita. 
 
Bagaimanakah rekan pembaca Career Advice menjalani kehidupan Anda? Adakah umpan balik yang Anda terima untuk memperbaiki diri? Seberapa sering Anda memeriksa sistem panduan Anda? Apakah Anda bahkan memiliki sistem panduan? Kemana tujuan Anda? Kapan Anda akan sampai di sana? Apakah Anda saat ini berada di luar jalur? Sudah berapa lama Anda berada di luar jalur? Bagaimana Anda tahu jika Anda berada di jalur yang benar? Bagaimana Anda bisa meminimalkan turbulensi dan kondisi lain yang dapat menjadi penghalang dalam jalur Anda?
 
Hidup ini penuh kesibukan. Sulit rasanya untuk menjaga semuanya tetap teratur dan rapi. Dan bahkan ada juga yang tidak ingin memiliki kehidupan yang teratur. Untuk bergerak maju, kita akan membutuhkan energi yang jauh lebih sedikit jika kita dapat menghilangkan ketegangan dan beban yang tidak diperlukan. Segala sesuatu dalam hidup kita adalah energi. Jika kita membawa terlalu banyak, baik fisik atau emosional, itu sama saja menghambat kemajuan. Lalu, bagaimana kita dapat mengatur diri agar tetap bahagia, sehat dan makmur? Berikut adalah 6 cara yang dapat rekan pembaca lakukan.
 

Cara mengatur diri yang pertama adalah dengan mengatur lingkungan.

Kita harus mampu mengatur ruang lingkup kehidupan kita. Apakah ruang lingkup kehidupan kita saat ini berada dalam keadaan yang rapi atau berantakan? Apakah kita suka menyimpan barang-barang yang tidak terpakai? Apakah mobil yang kita miliki bersih atau berantakan? Apakah lingkungan kita memfasilitasi emosi yang ingin kita alami secara konsisten? Apakah lingkungan menguras atau meningkatkan energi yang kita miliki? Jika kita melihat bahwa kita memiliki ruang lingkup yang berantakan, bersihkanlah. Bersihkanlah lingkungan fisik kita, rumah, mobil, kantor dan tempat lain yang menjadi tempat kita berinteraksi. Bersihkan segala sesuatu yang tidak membuat kita bahagia, baik itu pakaian bahkan orang-orang yang menjatuhkan. Temukan cara untuk mempelajari bidang seni dalam mempercantik lingkungan sekitar kita. Berfokuslah pada hal-hal sederhana yang dapat memberikan kita energi baik.
 

Cara mengatur diri yang kedua adalah dengan mengatur keuangan.

Apakah kita memiliki hutang yang tidak perlu? Berapa banyak uang yang dihabiskan setiap bulan? Apakah  kita menghasilkan uang sebanyak yang diharapkan? Banyak orang tidak memeriksa pengeluaran mereka. Padahal, ini  adalah hal penting agar kita tidak menggunakan uang untuk hal-hal yang tidak perlu. Kita tidak dapat menjadi sukses secara finansial sampai kita menjadikan keuangan sebagai prioritas dalam hidup. Jika sesuatu tidak terjadi dalam hidup, itu karena kita belum menjadikannya sebagai prioritas. Jadi bagaimana rekan pembaca menjadikan keuangan sebagai prioritas? Tetapkan tujuan keuangan yang sangat jelas.
 

Cara mengatur diri yang ketiga adalah dengan berinvestasi dalam hubungan pribadi.

Apakah hubungan pribadi yang kita miliki merupakan hal yang bermakna dan berarti? Apakah kita menghabiskan cukup waktu untuk memelihara hubungan pribadi yang benar-benar penting? Apakah kita mempertahankan hubungan yang tidak baik? Apakah kita jujur dan asli dalam hubungan yang kita miliki? Milikilah hubungan pribadi yang baik dengan pasangan. Ketahui kemana mereka pergi dan bagaimana Anda meningkatkan dan berinvestasi dalam hubungan. Tetapkan tujuan spesifik tentang bagaimana Anda akan meningkatkan hubungan ini. Ada satu kutipan menarik yang mengatakan, “Pilih yang Anda cintai, kemudian cintai pilihan itu.”  
 

Cara mengatur diri yang keempat adalah dengan menjaga kesehatan.

Milikilah kesadaran dalam mengendalikan makanan yang dikonsumsi. Pilih makanan yang dapat meningkatkan kesehatan. Kesehatan adalah kekayaan. Ketika kita memiliki kesehatan yang baik, kita tidak hanya akan memiliki kepercayaan diri dan kejelasan yang lebih besar. Kita juga akan lebih termotivasi dan terinspirasi dalam semua bidang kehidupan. Lihatlah kesehatan Anda dengan jujur. Pikirkan 20-30 tahun lagi dan fokus pada umur panjang akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dan lebih terinformasi. Buat komitmen tentang cara meningkatkan kesehatan.
 

Cara mengatur diri yang kelima adalah terkoneksi dengan sisi kerohanian.

Ketika kita mengatur kehidupan kerohanian, kita menjadi lebih jelas tentang apa arti hidup, hal yang kita perjuangkan, dan cara kita menghabiskan hari. Kita mengembangkan keyakinan untuk hal yang benar-benar berarti dan menemukan hal-hal  yang merupakan gangguan. Kehidupan kerohanian merupakan faktor yang mendorong kita untuk mengikuti norma yang ada dalam masyarakat. Mulailah bermeditasi dan berdoa lebih banyak. Tuliskan apa yang Anda yakini sebagai tujuan hidup Anda. Dan, habiskan lebih banyak waktu Anda untuk membantu orang lain.
 

Cara mengatur diri yang keenam adalah menggunakan waktu dengan maksimal.

Apakah waktu rekan pembaca dihabiskan untuk hal-hal yang tidak dinikmati? Kita harus menggunakan waktu yang kita miliki dengan maksimal. Kita semua memiliki 24 jam setiap hari. Jika kita tidak dapat menggunakan waktu kita dengan maksimal, sangatlah sulit mencapai tujuan yang kita ingini. Salah satu cara terbaik untuk merancang kehidupan ideal adalah memulai hari dengan ideal. Hari ideal harus berdasarkan pada pandangan Anda sendiri tentang "kehidupan yang baik." Anda adalah satu-satunya yang dapat mendefinisikan kebahagiaan dan kesuksesan untuk diri sendiri.
 
Itulah 6 cara mengatur diri agar tetap bahagia, sehat dan makmur. Cara tercepat untuk maju dalam hidup adalah dengan menghentikan perilaku yang menahan. Tentunya, sangat mudah untuk keluar dari jalur kehidupan yang seharusnya. Sama seperti pesawat terbang, kita perlu melakukan koreksi arah terus-menerus. Pastikan bahwa kita mencapai apa yang kita inginkan dalam hidup dengan mengatur diri kita sendiri, merencanakan masa depan kita, memeriksa kemajuan kita, mengembangkan pola pikir kita, dan bergerak cepat.

Featured Career Advice