×
STUDILMU Career Advice - 6 Cara Meraih Kenaikan Pangkat
Self Improvement

6 Cara Meraih Kenaikan Pangkat

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Apakah pembaca Career Advice sudah merasa sangat puas dengan jabatan dan pencapaian karier yang dimiliki sekarang? Jika “ya”, apakah yang membuat rekan pembaca berpikir demikian? Apabila alasannya karena merasa sudah mencapai puncak karier, dapat saya katakan bahwa akan ada banyak orang yang jauh lebih hebat dan berprestasi dari kita. Namun, apabila alasannya karena kita tidak percaya diri bisa naik pangkat, duh jangan deh. Kita perlu buang jauh-jauh rasa tidak percaya diri yang seperti itu. 
 
Pada artikel ini, kita akan membahas tentang rahasia dalam meraih kenaikan pangkat di tempat kerja. 
 
Penelitian mengatakan bahwa hanya 39% karyawan yang meraih kenaikan pangkat kepada atasan mereka. Lalu, bagaimana ya cara yang tepat untuk meraih kenaikan pangkat? Yuk, kita simak cara-caranya di bawah ini. 

1. Mulai dengan Permintaan Kenaikan Pangkat

Mungkin poin pertama ini terdengar sedikit nekat, ya? Karena opini umum di masyarakat sering menganggap bahwa menuntut terdengar seperti sesuatu yang tidak mengenakkan. Namun, kita tidak perlu merasa takut atau bersalah jika penilaian kita menunjukkan bahwa kita layak untuk mendapatkan promosi
 
Kita tidak perlu merasa rendah diri dan menganggap bahwa kita tidak memiliki kualitas yang sepadan dengan karyawan lainnya. Ini merupakan kesalahan besar. Data valid menunjukkan bahwa lebih dari setengah karyawan tidak berani meminta promosi, karena mereka merasa tidak percaya diri dengan kualitas kerja yang mereka miliki. Penting untuk rekan-rekan Career Advice selalu ingat bahwa kita adalah kritikus yang paling tepat untuk diri kita sendiri. Sebelum orang lain memuji kelebihan kita, kita harus sudah sadar dan menggunakan kelebihan kita dengan semaksimal mungkin. Dan sebelum orang lain mencela kelemahan kita, kita harus menjadi orang pertama yang sadar akan kekurangan kita dan mencari cara untuk menutupinya. 
 
Untuk langkah awal, mulailah dengan menuliskan prestasi harian kita dalam spreadsheet yang terpisah. Jangan lupa untuk mencantumkan tanggal, jenis pencapaian apa yang kita raih, dan tantangan apa yang telah kita lalui dalam meraihnya. Mungkin kita akan sedikit canggung dalam melakukannya di awal, namun lama-kelamaan akan menjadi sebuah kebiasaan yang baik. Ini juga sangat membantu kita menilai diri sendiri secara objektif, “apakah kita benar-benar layak untuk mendapatkan kenaikan pangkat?” 
 
Jadi, saat kita meraih kenaikan pangkat kepada bos atau manajer, kita dapat menampilkan database pribadi dari pencapaian kita.
 

2. Jangan Jadi Anti Sosial (Ansos) 

Cara kedua untuk mendapatkan kenaikan pangkat atau promosi adalah dengan berinteraksi dan memperluas jaringan kita. Semakin banyak jaringan yang kita miliki, maka kita akan semakin mudah untuk meraih karier yang bagus. 
 
Mereka yang bekerja keras namun tidak memiliki jaringan yang cukup luas, akan cukup sulit untuk mendapatkan pendapatan yang tinggi dan jalur karier yang terus meningkat. Coba ikuti seminar, konferensi atau acara profesional apapun yang memungkinkan rekan pembaca bisa bertemu dengan banyak orang yang berpengaruh pada setiap bidang industri. Sekarang adalah waktu yang tepat untuk kita semua meluaskan jaringan dan meningkatkan jalur karier agar jalan kita menuju kenaikan pangkat menjadi semakin mulus. 
 

3. Alokasikan Dana untuk Membeli Pakaian yang Bagus

Apakah rekan-rekan Career Advice selalu memperhatikan pakaian yang Anda kenakan saat keluar kantor? Jika “ya”, maka itu sangat bagus. Namun, jika rekan pembaca masih belum memperhatikan kode berpakaian di tempat kerja atau saat menghadiri pertemuan-pertemuan penting dalam konteks yang profesional, maka inilah saat yang tepat untuk rekan-rekan Career Advice mulai memperhatikan kode berpakaian saat keluar rumah, terutama untuk berangkat kerja. 
 
Memakai pakaian yang bagus tidak perlu dengan harga yang mahal, bukan? Pembaca Career Advice perlu mengalokasikan dana minimal setiap sebulan atau dua bulan sekali untuk membeli kemeja atau blazer profesional yang menunjang penampilan Anda di kantor. Tidak perlu baju-baju dengan merk yang mahal, cukup rapi dan sopan. 
 
Logikanya, tidak akan ada pemimpin, bos atau manajer yang akan memberikan promosi kepada karyawan mereka yang kode berpakaiannya sangat berantakan. Cara kita berpakaian akan memengaruhi kesan pertama yang akan diberikan oleh orang lain saat melihat kita. 
 
Jadi, jika pembaca Career Advice benar-benar ingin meraih kenaikan pangkat, yuk perhatikan cara berpakaian kita dari sekarang. 

4. Berikan Promosi Pertama pada Diri Sendiri

Sebelum kita menerima promosi apapun dari atasan, kita harus mempromosikan diri kita sendiri terlebih dahulu. Seperti yang sudah dibahas di awal, jangan pernah menganggap rendah diri kita sendiri. Bangun pola pikir bahwa kita memang layak meraih kenaikan pangkat dari manajer kita, dan terus bekerja keras untuk meraih tujuan karier yang kita harapkan. 
 
Jika rekan pembaca yakin bahwa Anda layak untuk meraih kenaikan pangkat, lalu mengapa harus orang lain? 
 

5. Bekerja dengan Produktif 

Selama ini asumsi umum selalu mengatakan bahwa untuk mendapatkan kenaikan pangkat atau promosi, kita perlu bekerja dengan keras. Hmm, sebenarnya ini kurang tepat. Bekerja keras belum tentu sama dengan bekerja secara produktif. 
 
Lalu, mana yang lebih baik antara keduanya? Tentu saja, bekerja secara produktif. Dengan menjadi produktif, kita akan lebih mungkin memenuhi tenggat waktu dari tugas yang diberikan dan mengelola stres dengan lebih baik.
 
Kita perlu mempelajari cara memprioritaskan pekerjaan dan mendelegasikan tugas. Misalnya, jika kita sedang kesulitan dalam mempersiapkan materi presentasi dan perlu bantuan rekan tim lainnya, maka jangan membuang-buang waktu untuk mencoba mencari cara membuat slide PowerPoint. Delegasikan tugas ini kepada anggota tim lain yang mungkin lebih ahli dalam hal ini. 
Jika rekan-rekan Career Advice ingin meningkatkan produktivitas, bisa merujuk kepada artikel-artikel kami terdahulu yang membahas cara-cara jitu dalam bekerja secara produktif.
 

6. Kelilingi Diri Kita dengan Orang-Orang yang Termotivasi

Hidup ini menawarkan begitu banyak tantangan dan ini akan sulit jika kita tidak mengelilingi diri kita dengan orang-orang yang positif dan penuh dengan motivasi. Kita cenderung meniru kebiasaan dari orang-orang yang paling banyak menghabiskan waktu bersama kita. 
 
Jadi, kelilingi diri kita dengan orang-orang yang memiliki kebiasaan dan dorongan yang produktif. Semua orang sukses di dunia memiliki waktu yang sama dengan kita yaitu, 24 jam. Jika mereka bisa sukses, mengapa kita tidak?
 
Yap, itu dia enam cara jitu yang bisa rekan-rekan Career Advice terapkan untuk meraih kenaikan pangkat dari pimpinan Anda di kantor. Dari keenam cara jitu di atas, penting untuk selalu mengingat bahwa kita tidak boleh memandang rendah diri kita sendiri, karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk bisa sukses. Semangat terus ya, rekan-rekan Career Advice. 

Featured Career Advice