×
STUDILMU Career Advice - 6 Hal Membuat Hari Senin Lebih Menyenangkan
Self Improvement

6 Hal Membuat Hari Senin Lebih Menyenangkan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Apa yang pertama kali Anda lakukan ketika Anda mendengar kata ‘Senin’? Anda pasti akan memulai dengan menghembuskan napas panjang, bukan? Ya, banyak orang yang akan langsung menjadi khawatir dan gusar ketika mendengar kata ‘Senin’. Mau tidak mau kita semua harus menghadapi hari Senin tersebut. Hari Senin merupakan hari perpindahan, secara paksa, dari kesenangan dan relaksasi ke pekerjaan sehari-hari yang melelahkan. Faktanya, selama dua hari Anda menjalani hari tanpa beban kantor, sabtu dan minggu. Hari Senin sering kali menjadi hari yang paling menegangkan dan paling sibuk dalam seminggu, dan tidak mengherankan jika kita semua ingin menangis di bantal ketika alarm berbunyi hari Senin pagi.
 
Saya tidak akan membuat janji besar bahwa setelah membaca artikel ini, Anda akan mencintai hari-hari Senin  Namun, ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk membuat hari Senin Anda terasa lebih menyenangkan.

1. Tidurlah lebih awal

Membuat hari Senin menjadi lebih dapat ditoleransi sebenarnya dimulai pada hari sebelum sebelum hari Senin benar-benar berlangsung. Jika Anda ingin mengatur diri sendiri untuk memulai awal minggu, Anda seharusnya benar-benar mulai pada hari Minggu.
 
Hal terbaik apa yang dapat Anda lakukan? tidurlah lebih awal. Tentu, mungkin jadwal tidur Anda semua kacau dari dua hari Sabtu dan Minggu karena Anda melakukan banyak hal menyenangkan sampai malam hari. Atau, mungkin Anda menyelesaikan semua hal-hal lain yang seharusnya Anda lakukan (cucian, setrikaan, membersihkan rumah, membersihkan kamar, membersihkan gudang, dll)
 
Naiklah ke tempat tidur lebih awal pada Minggu malam sehingga Anda dapat tidur lebih awal. Anda juga dapat memiliki istirahat yang cukup dan tenaga yang diisi ulang dengan cukup. Berdasarkan ilmu pengetahuan, hal itu akan membuat otak Anda mampu menampung banyak hal baik.

2. Minumlah segelas air putih

Jika Anda terbiasa memulai hari Anda dengan secangkir teh atau kopi, cobalah untuk memulai hari Anda dengan segelas air putih. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa 75% orang menderita dehidrasi kronis yang dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, pusing, dan gejala lain yang tidak begitu menyenangkan.
 
Tentu Anda tidak ingin mengalaminya, bukan? Jadi, bantulah diri Anda sendiri dan raihlah air putih di pagi hari sebelum Anda memulai aktivitas Anda. 
 

3. Hindari pertemuan di pagi hari

Awal minggu mungkin terasa seperti waktu yang tepat untuk rapat. Ini adalah kesempatan bagi semua orang untuk berada di halaman yang sama untuk beberapa hari kedepan.
 
Namun, meski tidak ada yang salah dengan pertemuan hari Hari Senin, lebih baik jika Anda melakukan pertemuan tersebut di sore nanti. Mengapa? Baik, apakah Anda suka atau tidak suka, riset menunjukkan bahwa itu sebenarnya adalah saat ketika kita paling energik dan kreatif. Jadi, dengan mengingat hal itu, sebaiknya Anda menggunakan waktu Anda ini untuk pekerjaan yang nyata dan produktif, daripada mencatat dalam rapat di ruang konferensi. Dan juga, melakukan pertemuan di sore hari memberi setiap orang kesempatan untuk memahami hal yang akan terjadi di minggu depan mereka, yang berarti pertemuan Anda akan jauh lebih baik. 

4. Mulailah dengan sesuatu yang produktif

Baiklah, sebelumnya dikatakan bahwa Anda harus menyiapkan diri untuk hari Senin pada hari sebelumnya. Tapi, itu masih sangat sulit untuk segera dilakukan. Meski begitu, Anda dan otak Anda akan mendapat manfaat jika Anda dapat melakukan upaya terbaik dengan memulai beberapa pekerjaan nyata sesegera mungkin. Daripada Anda menggunakan beberapa jam pertama pada hari hari Senin sebagai kesempatan untuk mengejar semua hal-hal rumah tangga, cobalah untuk pikirkan memeriksa email, menulis daftar pekerjaan yang harus dilakukan, dan mengobrol dengan rekan kerja tentang akhir pekan mereka. Setelah Anda memulai dengan hal-hal kecil, mulailah menyelesaikan tugas atau proyek yang lebih besar segera.
 
Jika Anda memulai hari Anda dengan kemenangan (bahkan hanya kemenangan kecil), Anda akan memunculkan fokus, motivasi, dan kepuasan atas hal yang telah Anda kerjakan. Ini adalah konsep yang disebut "Prinsip Kemajuan."

5. Lakukan sesuatu yang Anda nikmati

Hari Senin bisa menjadi sedikit hambatan. Untungnya, Anda dapat memilih hal yang dapat membuat Anda bersemangat. Sediakan sedikit waktu untuk sesuatu yang Anda nikmati. Baik itu mengikuti kelas olahraga yang Anda sukai, pergi dengan teman-teman, berjalan-jalan saat istirahat makan siang, atau bahkan waktu tenang untuk duduk dan membaca. Menyempatkan beberapa "waktu Anda" akan menyelamatkan Anda dari pikiran bahwa hari Senin adalah hari yang mengerikan.
 
Ya, memang hari Senin adalah hari dimulainya minggu kerja. Tetapi, itu tidak berarti perlu Anda harus berkutat dengan semua pekerjaan dan tidak ada waktu untuk memberikan Anda ruang dalam melakukan hal yang menyenangkan.

6. Senyumlah

Apakah Anda memulai Senin Anda dengan hal ini? Mungkin hal itu terdengar sedikit murahan. Tapi, percayalah, ada beberapa penelitian dan fakta yang membuktikan bahwa senyum akan membuat hal-hal sulit menjadi lebih mudah, termasuk hari Senin. 
 
Bahkan jika Anda memulai dengan suasana hati yang benar-benar asam, berusahalah sebaik mungkin untuk menempelkan senyuman ke wajah Anda beberapa kali. Itu bisa benar-benar membuat Anda lebih bahagia. Charles Darwin adalah salah satu orang pertama yang mengusulkan gagasan itu ketika dia berkata, “Senyum adalah ekspresi bebas yang keluar dari emosi orang yang memberikannya,” Penelitian yang lebih baru juga mendukung gagasan tersebut. Jadi, jika Anda membutuhkan pendorong suasana hati yang membuat Anda menjadi lebih cepat ceria, cukup tunjukkan mutiara putih yang Anda miliki.

Featured Career Advice