×
STUDILMU Career Advice - 6 Latihan Harian Membangun Disiplin Diri
Self Improvement

6 Latihan Harian Membangun Disiplin Diri

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo pembaca Career Advice. Apakah Anda tetap memiliki disiplin diri yang konsisten setiap harinya? Bagaimana kita melatih diri untuk dapat disiplin setiap hari? Apa saja latihan harian yang baik untuk melatih disiplin diri? Jangan khawatir rekan pembaca. Berikut adalah enam latihan yang dapat Anda lakukan dalam membangun disiplin diri setiap hari. 

1. Mandi Air Dingin Setiap Pagi

Apakah Anda memiliki kebiasaan untuk mandi pagi dengan air hangat? Gantilah kebiasaan tersebut dan mulailah mandi pagi dengan air dingin. Mandi pagi dengan air dingin itu menyakitkan. Lalu, mengapa kebiasaan ini dapat melatih disiplin diri? Mandi pagi dengan air dingin memaksa diri Anda untuk menahan dingin air yang membuat sakit. Dan tentunya ini  membutuhkan disiplin dan ambang batas yang tinggi untuk menahan rasa sakit. Air dingin yang membasahi tubuh Anda tidak menyenangkan, dan juga tidak nyaman. Bahkan sekalipun itu dilakukan hanya selama 30 detik.
 
Begitu juga dengan hari-hari Anda. Hari-hari Anda terdiri dari berbagai macam hal yang mungkin membuat Anda merasa tidak nyaman dan menyenangkan. Anda perlu menahan emosi dalam mengendalikannya. Tentunya ini membutuhkan latihan yang berkelanjutan sehingga Anda dapat membentuk disiplin diri. 
 
Mulailah hari libur Anda dengan memaksa diri Anda untuk menahan stres akut akan air dingin dan mengatasi keinginan untuk mandi air hangat. Itu akan sulit. Tapi itu akan membangun disiplin diri.
 

2. Bermeditasi selama 10 Menit Sehari

Anda mungkin merasa aneh karena meditasi hanya duduk dan tidak memikirkan apa-apa. Bagaimana hal ini dapat melatih disiplin diri?  Meditasi mengharuskan Anda untuk mendisiplinkan pikiran Anda. Untuk menjernihkan pikiran Anda, pusatkan tubuh Anda, dan hubungkan kembali dengan napas Anda. Meditasi membantu Anda membersihkan kekacauan mental dan memungkinkan Anda terhubung kembali dengan diri sendiri. 
 
Duduk dan mengosongkan pikiran, lalu hanya berfokus pada napas Anda, membutuhkan disiplin dan fokus yang luar biasa. Cobalah untuk melakukan meditasi setidaknya 10 menit setiap hari. jika Anda melakukan ini selama 30 hari, Anda meningkatkan disiplin diri dan menghasilkan kemajuan dengan cara yang mengejutkan.
 

3. Mulailah Hari Anda Dengan 100 Push-Up atau 1 Mil Lari  

100 push-up hanya membutuhkan waktu 5 menit. Berlari satu mil membutuhkan waktu 6–10 menit. Tetapi ini merupakan cara ampuh untuk membangun disiplin. Mulailah hari Anda dengan beberapa bentuk aktivitas fisik, maka Anda akan melompat untuk memulai kesuksesan Anda sepanjang hari dan memaksa diri Anda untuk melakukan sesuatu yang tidak nyaman dan sulit pada pagi hari.
 
Lakukan ini sebelum mandi air dingin di pagi hari dan Anda akan menunjukkan lebih banyak disiplin sebelum pukul 8 pagi daripada kebanyakan orang.

4. Rapikan Tempat Tidur Anda

Merapikan tempat tidur Anda membutuhkan waktu 2 menit. Tetapi ini adalah aktivitas kecil yang membutuhkan disiplin karena, tidak ada alasan nyata untuk melakukannya. Tentu, ini memungkinkan Anda menyelesaikan satu tugas sebelum memulai hari Anda.
 
Jadi, mulailah hari Anda dengan merapikan tempat tidur Anda. Merapikan tempat tidur sebagai tugas pertama di pagi hari membuat Anda berada dalam kondisi disiplin dan produktif saat memulai hari. Ini juga merupakan motivasi yang kuat untuk bangkit dari tempat tidur dan menyiapkan diri untuk menjalani hari daripada merangkak ke dalam selimut hangat lalu melanjutkan tidur.

5. Menghilangkan Gangguan

Gangguan membunuh disiplin. Jika Anda ingin lebih disiplin sepanjang hari, hilangkan semua gangguan. Matikan ponsel Anda. Pasang pemblokir umpan berita Facebook. Matikan notifikasi di komputer Anda. Fokuslah hanya pada tugas yang dihadapi. Ini akan memungkinkan Anda untuk lebih fokus dan produktif, juga tentunya ini membutuhkan disiplin harian yang luar biasa.
 
Menghindari notifikasi media sosial dan pesan teks yang diinduksi dopamin tidak mudah, tetapi itu layak dilakukan. Jadi mulailah hari ini dengan mematikan dan menghilangkan setiap gangguan dan jadilah produktif.

6. Berhenti Mengeluh

Mengeluh itu seperti kanker dalam jiwa Anda. Anda harus banyak bersyukur. Setiap kali Anda mengeluh, Anda memberitahu diri Anda bahwa hidup adalah sesuatu yang menyebalkan dan segala sesuatu terjadi tidak seperti seharusnya (bahkan ketika Anda mengalami hal-hal hebat).
 
Jadi berhentilah mengeluh. Ini seperti racun. Ini mengalihkan Anda dari hal baik dan membuat Anda fokus pada segala sesuatu yang salah. Ini juga membuat orang lain kurang menyukai Anda, membuat Anda kehilangan peluang, dan mengalihkan perhatian Anda dari menjalani kehidupan yang menakjubkan.
 
Cobalah melatih disiplin untuk berhenti mengeluh dengan membeli karet gelang dan letakkan di pergelangan tangan kanan Anda. Jika Anda mengeluh sepanjang hari, gerakkan ke pergelangan tangan kiri Anda. Lakukan ini selama 30 hari dengan karet gelang itu tetap di tangan kanan Anda. Jika Anda bisa melakukan ini, disiplin, kebahagiaan, dan motivasi Anda akan meroket.
 
Inilah 6 cara sederhana dalam melatih kedisiplinan diri setiap harinya. Pembaca Career Advice, kita latih disiplin diri dari sekarang yuk, disiplin diri ini akan membuat kita menjadi lebih produktif dan tentunya ini yang akan membawa kita sampai pada tujuan kita. Jadi, masih ragu untuk mencobanya? Anda pasti tidak mau dong kehilangan peluang besar. Mulailah sekarang dan dari diri sendiri, lalu rasakan dampak besar yang akan dihasilkan. Selamat melatih disiplin diri, pembaca Career Advice. 

Featured Career Advice