×
STUDILMU Career Advice - 6 Manfaat Membaca
Self Improvement

6 Manfaat Membaca

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Membaca membawa kita ke dunia yang belum pernah kita lihat, memperkenalkan kita kepada orang-orang yang belum pernah kita temui, dan menanamkan emosi yang mungkin belum pernah kita rasakan sebelumnya. Membaca juga menyediakan berbagai manfaat kesehatan. Apakah rekan pembaca adalah seorang yang gemar membaca? Membaca memiliki banyak manfaat dan mungkin belum diketahui secara jelas. Nah, artikel ini akan membahas 6 manfaat membaca bagi kehidupan kita.

1. Membaca dapat mengurangi stress.

Manfaat membaca yang pertama adalah mengurangi stress. Pada 2009, para ilmuwan menilai bagaimana berbagai aktivitas dapat menurunkan tingkat stres dengan mengukur detak jantung dan ketegangan otot. Membaca buku atau koran hanya selama enam menit dapat menurunkan tingkat stres seseorang hingga 68 persen. Wah, besar sekali, bukan. Bahkan, efek ini jauh lebih besar daripada berjalan-jalan (42 persen), minum secangkir teh atau kopi (54 persen), atau mendengarkan musik (61 persen). Kemampuan untuk sepenuhnya menenggelamkan diri dalam bacaan adalah faktor yang membuat membaca merupakan cara yang sempurna untuk menghilangkan stres.
 
Lalu, apakah rekan pembaca memiliki waktu tertentu untuk membaca? Jika belum, mari sediakan beberapa menit dalam sehari untuk membaca dan menenggelamkan diri Anda dalam bacaan tersebut.
 

2. Membaca dapat menambah usia.

Manfaat membaca yang kedua adalah menambah usia seseorang. Sebuah tim pernah melakukan penelitian terhadap orang dewasa di atas usia 50 tahun. Mereka menemukan bahwa orang yang membaca, khususnya membaca buku selama 30 menit sehari, dapat hidup hampir dua tahun lebih lama. 
 
Ternyata, membaca buku juga dapat memberikan kehidupan yang lebih panjang untuk pembaca. Bagaimana, Apakah alasan kedua ini semakin membuat Anda ingin membaca buku setiap hari? 
 

3. Membaca dapat meningkatkan keterampilan bahasa dan pengetahuan global.

Manfaat membaca yang ketiga adalah m meningkatkan keterampilan bahasa dan pengetahuan global. Sebuah studi melakukan penelitian untuk menilai hubungan antara keterampilan kognitif, kosa kata, pengetahuan faktual, dan paparan terhadap penulis fiksi dan nonfiksi tertentu. Mereka menggunakan Author Recognition Test (ART), yang merupakan tes dengan hasil terakurat untuk mengetahui keterampilan membaca seseorang. Hasil rata-rata dari studi ini adalah bahwa mereka yang rajin membaca, memiliki sekitar 50 persen lebih besar kosakata dan 50 persen lebih banyak pengetahuan berbasis fakta.
 
Penelitian tersebut membuktikan bahwa membaca dapat memengaruhi kosakata yang Anda miliki dan juga pengetahuan berbasis fakta yang mendunia. Cara kerja otak manusia diumpamakan seperti efek bola salju. Semakin banyak kata yang Anda pelajari, semakin baik kemampuan Anda untuk membaca dan memahami, termasuk bidang lain yang tidak berkaitan dengan keahlian Anda. 
 

4. Membaca dapat menambah empati.

Manfaat pembaca yang keempat adalah menambah empati. Sebuah lembaga melakukan penelitian pada tahun 2013. Mereka meneliti sekelompok relawan yang membaca karya sastra berupa fiksi dan yang tidak membaca. Dalam lima percobaan, mereka yang membaca karya sastra fiksi memiliki kinerja yang lebih baik dalam tugas-tugas. Mereka mampu memprediksi bagaimana orang lain akan bertindak dan mengidentifikasi emosi seseorang melalui ekspresi wajah yang ditampilan. Ini membuktikan bahwa membaca dapat meningkatkan kemampuan seseorang untuk memahami keadaan mental orang lain, atau yang sering kita kenal dengan kata empati.
 
Jika kita berinteraksi dengan orang lain yang sulit untuk diprediksi dan dimengerti, kita membutuhkan kerendahan hati dalam menghadapinya. Membaca membuat seseorang dapat bersikap rendah hati terhadap sesama. Sehingga, mereka yang gemar membaca tidak akan mengalami kesulitan yang mendalam ketika harus berhadapan dengan individu yang memiliki kompleksitas tinggi.
 

5. Membaca dapat meningkatkan kreativitas dan fleksibilitas.

Manfaat membaca yang kelima adalah meningkatkan kreativitas dan fleksibilitas. Dalam kehidupan nyata, kita sering merasa seperti harus membuat keputusan. Namun terkadang kita menutup pikiran akan informasi yang sebenarnya dapat membantu kita. Nah, membaca fiksi melatih kita untuk memiliki pikiran yang tetap terbuka, dengan begitu kita akan selalu mampu menghadapi ketidakpastian yang terjadi di kehidupan kita.
 
Membaca, terutama membaca fiksi, dapat menambah produktivitas dan kreativitas. Ini dibuktikan dalam sebuah penelitian terhadap 100 orang yang ditugaskan untuk membaca cerita fiksi atau esai nonfiksi. Para peserta kemudian mengisi kuesioner yang dimaksudkan untuk menilai tingkat kemampuan kognitif mereka, bagaimana mereka dapat mencapai kesimpulan dengan cepat dan menghindari ambiguitas dalam proses pengambilan keputusan. Mereka yang membaca fiksi menunjukkan hasil yang lebih fleksibel dan kreatif daripada mereka yang membaca esai.
 
Jadi, jika rekan pembaca ingin meningkatkan kreativitas dan fleksibilitas, cobalah untuk membaca cerita fiksi dengan rutin, tetapi, ini tidak menutup kemungkinan untuk membaca esai ya.

6. Membaca dapat mengubah seseorang menjadi pribadi yang lebih baik.

Manfaat membaca yang keenam adalah mengubah seseorang menjadi pribadi yang lebih baik. Setiap kita pastinya ingin berkembang dan terus bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Membaca dapat membantu Anda mewujudkannya, terlebih lagi membaca cerita fiksi. Cerita fiksi membuat Anda mengidentifikasi diri sendiri melalui gambaran orang lain, yang bisa saja merupakan tokoh protagonis dalam cerita, Cerita fiksi akan membawa Anda memasuki kehidupan yang tidak Anda ketahui sebelumnya. Sehingga, Anda memiliki emosi atau keadaan yang tidak akan Anda pahami. Membayangkan pengalaman baru menciptakan ruang bagi Anda untuk dapat tumbuh dan berubah. Itulah sebabnya, membaca, terlebih membaca cerita fiksi, dapat membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik.
 
Inilah 6 manfaat membaca yang dibuktikan melalui penelitian. Jadi, apakah rekan pembaca ingin mendapatkan keenam manfaat tersebut? Sediakan waktu dan ambilah buku yang ingin Anda baca setiap hari. tenggelamkan diri Anda dalam bacaan dan membacalah secara konsisten. Hasilnya, rekan pembaca akan mendapatkan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan Anda.

Featured Career Advice