×
STUDILMU Career Advice - 6 Tanda Bisnis Startup Kita akan Sukses
Entrepreneurship

6 Tanda Bisnis Startup Kita akan Sukses

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Definisi Bisnis Startup

Bisnis startup adalah bisnis, usaha atau perusahaan yang belum lama beroperasi dan biasanya berkaitan dengan teknologi, website dan internet. Bisnis startup mengalami perkembangan yang sangat pesat di Indonesia. Bisnis startup di Indonesia dibagi menjadi tiga kategori, yaitu (i) bisnis startup untuk aplikasi edukasi, (ii) bisnis startup untuk para pecinta games, dan (iii) bisnis startup untuk perdagangan seperti e-commerce dan informasi. 
 
Oya! Bisnis startup itu sendiri juga memiliki beberapa karakteristik loh. Beberapa di antaranya adalah: usia perusahaan yang belum mencapai 3 tahun, jumlah pegawainya masih kurang dari 50 staf, dan perusahaan ini masih dalam tahap berkembang. Dari ketiga karakteristik utama tersebut, mungkin kita akan berpikir “apakah bisnis startup bisa menjanjikan kesuksesan di masa depan?” dan “apa indikator yang bisa menunjukkan bahwa bisnis startup kita akan sukses?”. 
 
Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang 6 tanda yang mengindikasikan bahwa bisnis startup kita akan sukses. Tanda-tanda ini sudah kami rangkum dari website medium, jadi selamat membaca penjelasan berikut ini ya rekan-rekan. 

Tanda-Tanda bahwa Bisnis Startup Kita akan Sukses di Masa Depan 

1. Bisnis Startup Kita Sudah Mengalami Kegagalan Selama Beberapa Kali.

Seperti yang sudah pernah kita sampaikan sebelumnya bahwa kegagalan hanya akan membawa kita pada peluang emas yang baru. Gagal bukan berarti gagal selamanya. Kegagalan yang terjadi selama berkali-kali akan membantu kita untuk terus memperbaiki diri dan membawa perkembangan baru pada bisnis startup kita, sehingga kita bisa mencapai titik puncak kesuksesan yang diinginkan. 
 
Kesuksesan memang tidak bisa didapatkan secara instan, begitu juga dengan bisnis startup yang kita dirikan. Bahkan, hampir tidak ada perusahaan startup yang bisa berhasil di langkah awal secara besar-besaran. Semuanya perlu proses yang panjang, usaha dan pengorbanan. Jadi, jika bisnis startup yang rekan-rekan Career Advice dirikan sudah mengalami kegagalan selama berkali-kali, ini menandakan bahwa bisnis startup Anda akan meraih kesuksesan. Seperti yang dikatakan oleh Steve Blank di bawah ini: 
 “Sebuah startup berkembang dari kegagalan ke kegagalan. Semua yang dilakukannya sejak hari pertama adalah menjalankan serangkaian percobaan, layaknya seperti di laboratorium, kebanyakan dari mereka akan mengalami kegagalan di awal”- Steve Blank, Silicon Valley.
 

2. Adanya Harmoni di dalam C-Suite.

Meskipun bisnis startup yang kita dirikan masih terbilang sangat muda, namun sudah terasa adanya harmoni di dalam C-suite. Kenyataannya, tidak ada yang dapat merusak bisnis startup jika tidak ada pertikaian yang serius antara pendiri startup dan mitra bisnis. Jadi, ketika terjalin hubungan yang harmonis antara bisnis startup dan para mitra bisnis mereka, ini merupakan sinyal yang bagus bagi bisnis tersebut. 
 
Kemungkinan besar, bisnis startup yang memiliki hubungan harmonis seperti ini akan terus dipermudah untuk melangkah maju dan semakin sukses. Sampai akhirnya mereka sudah menjadi perusahaan startup yang jauh lebih stabil daripada sebelumnya. 
 
Itulah mengapa keharmonisan di dalam C-suite harus dijaga dengan baik, seperti yang dikatakan oleh salah satu Profesor Harvard Business School, Philip Thurton mengatakan:
“Ketika mitra bisnis jatuh, kepemilikan, kontrol, dan bahkan kelangsungan hidup perusahaan startup mereka akan terancam”. 

3. Bisnis Startup Kita Berhasil Menyelesaikan Masalah Rumit yang Nyata untuk Orang Nyata.

Perusahaan-perusahaan startup hadir dengan menawarkan solusi-solusi baru untuk para pelanggan. Bisnis startup juga menawarkan solusi dengan cara yang unik, tidak kaku seperti beberapa perusahaan konvensional sebelumnya. Kita juga bisa merasakan bahwa semakin banyak perubahan yang terjadi di dalam kehidupan kita, semakin banyak juga masalah-masalah baru yang nyata dan sulit untuk dipecahkan. 
 
Dengan tantangan ini, jika bisnis startup yang kita dirikan sudah berhasil memecahkan beberapa masalah rumit yang nyata bagi banyak orang, maka kemungkinan besar bisnis startup kita sudah ada di track yang benar untuk segera menuju keberhasilan bisnis yang diharapkan. 
 

4. Bisnis Startup yang Kita Miliki Dibangun untuk Efisiensi.

Memang benar bahwa kita tidak dapat memprediksi masa depan kita secara akurat, akan tetapi kita bisa mempersiapkan masa depan kita dengan baik dan matang. Dikarenakan bisnis startup biasanya masih dalam tahap perkembangan dan belum terlalu lama beroperasional, maka dapat dipastikan bahwa pendapatan dan aliran dana yang dimiliki juga masih sangat terbatas. 
 
Oleh karena itu, diperlukan peranan yang hebat pada para pendiri bisnis startup untuk menggunakan dan mengeluarkan dana perusahaan secara efisien, sehingga setiap pendanaan yang dikeluarkan perusahaan akan memberikan hasil yang efektif.  
 
Apabila kedepannya, bisnis startup kita semakin maju dan sukses, para pendiri startup ini juga akan tetap berhati-hati dalam membelanjakan uang mereka. Meskipun pada tahap ini, pendapatan mereka sudah bisa dikatakan stabil. 
 

5. Bisnis Startup Kita telah Menghasilkan Untung.

Yap! tentu saja poin ini merupakan indikator yang sangat penting. Jika bisnis startup kita sudah mengalami kegagalan selama beberapa kali, namun pada akhirnya perusahaan startup kita sudah mendapatkan keuntungan secara perlahan-lahan, maka ini adalah sinyal yang sangat baik! Selain bertujuan untuk membantu menyelesaikan permasalahan banyak orang (terutama target pelanggan kita), bisnis memang bertujuan untuk mendapatkan profit sebanyak-banyaknya. Jadi, jika bisnis startup kita sudah mengarah kesana, maka ini adalah pertanda yang sangat baik. 

6. Orang Berbicara Tentang Anda - Tanpa Dibayar.

Poin keenam ini mungkin cara klasik untuk memprediksi bahwa bisnis startup kita akan menjadi sukses dan booming. Disadari atau tidak, orang-orang disekitar kita, baik yang termasuk ke dalam target pelanggan kita maupun bukan. Mereka sibuk membicarakan produk atau layanan jasa dari bisnis startup kita. Wah! Menakjubkan. Apalagi kalau para kompetitor juga sudah mulai membicarakan bisnis startup kita, ini menandakan bahwa kita sudah masuk ke dalam kategori pesaing mereka.
 
Jika 6 tanda-tanda di atas sudah dialami oleh bisnis startup kita, pertahankan. Tetaplah rendah hati, tidak lelah untuk terus berjuang, berusaha keras dan berdoa agar bisnis startup kita semakin maju dan semakin berada di atas. Tetap semangat ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice