×
STUDILMU Career Advice - 6 Tips Tetap Disiplin dan Fokus Walau Bekerja Di Rumah
Self Improvement

6 Tips Tetap Disiplin dan Fokus Walau Bekerja Di Rumah

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Seperti yang para pembaca Career Advice ketahui bahwa bekerja dari rumah atau bekerja dari jauh (remote work) sudah mulai menjadi tren terbaru di Indonesia. 
 
Bekerja dari jarak jauh atau remote work tentunya memiliki beberapa keuntungan yang dapat dirasakan oleh pekerjanya seperti, fleksibilitas untuk dapat bekerja dari mana saja, lebih sedikit waktu yang dihabiskan untuk pulang pergi, tidak merasakan lelahnya kemacetan Kota Jakarta, dapat mengatur jam kerja sendiri, terlebih lagi jika kita adalah seorang ibu yang memiliki anak, maka kita dapat bekerja sambil menjaga anak-anak kita, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. 
 
Tapi, tahukah Anda bahwa bekerja dari rumah juga memiliki tantangan yang unik? sama halnya seperti bekerja di kantor, bekerja dimanapun pasti punya rintangannya tersendiri. Artikel ini akan membahas beberapa tips untuk membantu kita tetap disiplin dan fokus meskipun kita bekerja dari rumah. 

1. Siapkan Tempat Khusus

Jika kita menjadi karyawan yang bekerja di kantor, sudah pasti kita akan memiliki meja dan bangku tersendiri yang disiapkan oleh perusahaan. Tapi, bagaimana dengan bekerja di dalam rumah? 
 
Yap! inilah langkah utama yang harus dipikirkan saat kita bekerja dari jauh. Kita harus mulai memikirkan dimana letak meja kerja kita yang sekiranya dapat membuat kita tetap produktif dan tidak stres. 
 
Bekerja dari rumah berarti kita dapat bekerja dari kamar tidur, sofa di ruang tamu, meja dapur, halaman depan rumah, dan lain-lain. Itu artinya kita memiliki kecenderungan untuk memiliki tempat kerja yang tidak konsisten. Nah, ini cukup bahaya bagi kita yang bekerja secara remote, karena dengan tempat kerja yang tidak pasti akan membuat kita stres, takut bekerja atau mungkin mengantuk. Selain itu, bekerja dari sofa atau tempat tidur dapat membuat tubuh kita merasa pegal. Untuk tetap disiplin dan produktif, siapkan meja dan kursi yang nyaman dan dapat membantu kita menjadi lebih efisien dalam bekerja.
 

2. Buat Jadwal Kerja yang Pasti dan Patuhi Jadwal yang Dibuat

Meskipun kita tidak bekerja di dalam kantor seharian, bukan berarti kita bebas memilih jam berapapun untuk bekerja. Jangan berpikir bahwa “Ah, mumpung kerja di rumah, saya mau mulai bekerja di sore hari saja. Lebih baik sekarang saya makan popcorn dan nonton Netflix dulu.”
 
Ketahuilah jika kita memiliki pola pikir yang seperti itu, maka cara bekerja kita tidak akan efektif. 
 
Sama pentingnya dengan memiliki ruang kerja yang konsisten, menetapkan jam kerja yang pasti juga sangat diperlukan agar kita tetap disiplin dan fokus. Mulai dan akhiri hari kerja kita sama seperti jadwal yang telah ditetapkan. Sama halnya seperti kita bangun dari tidur dan bersiap-siap seperti ingin berangkat ke kantor, serta jadwalkan waktu istirahat kerja dan makan siang yang diperlukan. 
 

3. Ruangan Kerja Harus Tetap Rapi

Ruang kerja atau pojok ruangan di dalam rumah yang telah pilih adalah kantor Anda. Agar kita tetap fokus bekerja dan tidak terganggu, maka sangatlah penting untuk menjaga kebersihan dan kerapihan ruangan tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk meletakkan kalender, buku catatan kecil atau papan tulis kecil agar kita dapat menulis jadwal-jadwal terpenting yang harus dipenuhi serta tugas-tugas yang harus segera diselesaikan. Logikanya, bagaimana kita bisa merasa nyaman untuk bekerja di ruangan yang berantakan, kotor dan bau? (walaupun mungkin untuk sebagian orang bisa). 
 

4. Jaga Komunikasi dengan Rekan Kerja dan Manajer

Sebagai seorang yang bekerja dari rumah, ini membuat frekuensi komunikasi kita dengan manajer dan rekan kerja, tidak begitu intensif sebagaimana mereka yang bekerja di kantor setiap harinya. 
 
Menjaga komunikasi yang baik dengan mereka adalah kunci agar pekerjaan kita tetap pada jalur yang tepat. Mereka juga dapat membantu kita untuk tetap disiplin, produktif serta komitmen dengan apa yang kita kerjakan
 
Namun, jika situasinya Anda memiliki bisnis sendiri sehingga dapat bekerja dari rumah, ya mungkin Anda tidak perlu berkomunikasi dengan manajer di kantor, tapi menjaga komunikasi dengan para karyawan atau anak buah Anda. Apabila komunikasi berjalan dengan lancar, maka pekerjaan akan berjalan dengan lebih mudah
 

5. Sediakan Waktu untuk Berinteraksi

Bekerja di dalam rumah cenderung membuat kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk berinteraksi dengan orang lain. Faktanya, hal ini membuat kita merasa kesepian untuk beberapa saat. Itulah mengapa penting bagi kita untuk menyediakan waktu khusus agar dapat bertemu orang lain di luar sana. Hal ini bukan hanya baik untuk keseimbangan kehidupan kerja, namun juga membantu kita menghasilkan ide-ide cemerlang. Misalnya, saat Anda merasa stuck, tutup laptop sebentar dan keluar pergi ke taman kota di dekat rumah.  Disana kita bisa melihat banyak orang berolahraga atau sekedar bercengkrama dengan keluarga mereka di taman. Kita juga bisa membawa buku catatan kecil dan pulpen lho! Persiapan jika tiba-tiba ada ide keren yang terpikirkan, maka kita bisa langsung mencatatnya. 

6. Gunakan Pelacak Waktu untuk Mengecek Kinerja 

Pelacak waktu atau yang sering disebut sebagai time tracker dapat membantu kita dalam memahami kekuatan dan kelemahan diri. Tidak perlu diragukan lagi bahwa hanya kita sendiri yang tahu jadwal dan kemampuan diri untuk menerapkan beberapa trik di atas, di dalam kehidupan, itulah mengapa kita memerlukan pelacak waktu untuk membuat kita semakin yakin “apakah selama satu bulan ini, kita sudah mengerjakan tugas-tugas kerja di rumah dengan baik dan tepat, atau belum?”.
 
Dengan menggunakan pelacak waktu, kita bisa tahu tugas mana yang sekiranya mengambil banyak waktu untuk dikerjakan, dan tugas mana yang sangat cepat untuk dapat kita selesaikan. 
 
Jika mengerjakan tugas tersebut terlalu lama, bagian mana yang salah, apakah kemampuan kita memang bukan pada bidang tugas tersebut? atau kita kurang memberikan upaya yang lebih dalam mengerjakannya?.
 
Tidak ada keraguan bahwa kita dapat memperoleh keterampilan baru ketika bekerja dari rumah. Terutama jika kita tetap fokus dan disiplin dalam mengembangkan kebiasaan positif agar selalu konsisten saat bekerja di rumah. Mungkin kita perlu beradaptasi dengan sistem kerja yang seperti ini, namun percayalah bahwa semuanya hanya tentang keseimbangan hidup dan pola kerja yang kita pilih. Jadi, bagi Anda yang tertarik untuk bekerja dari rumah, selamat mencoba beberapa tips di atas agar tetap disiplin, fokus dan komitmen.

Featured Career Advice