×
STUDILMU Career Advice - 7 Cara Melakukan Perubahan
Self Improvement

7 Cara Melakukan Perubahan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Peningkatan adalah hal yang membuat sesuatu lebih baik atau lebih baik daripada sesuatu yang lain. Kita sering memiliki tujuan dan aspirasi besar yang merasa benar-benar di luar jangkauan. Meskipun ambisi Anda terasa miliaran mil jauhnya, ada kabar baik.
 
Seringkali perubahan kecil yang dapat Anda lakukan dalam hidup Anda hari ini akan memungkinkan Anda untuk mencapai tonggak tersebut. Meskipun tidak seperti itu, melakukannya secara rutin Anda dapat membuat Anda beraksi dan berubah menjadi perubahan yang selalu Anda inginkan.
 
Berikut adalah tujuh cara yang telah terbukti dapat mewujudkan potensi penuh, tetap termotivasi, dan mengubah hidup.
 

1. Bersenang-senang

Sebuah studi menemukan bahwa 45% orang membuat resolusi Tahun Baru, tetapi hanya 8% yang benar-benar mewujudkan tujuan mereka. Ilmu pengetahuan juga menawarkan jawaban untuk memerangi fenomena ini.
 
Ternyata, bersenang-senang adalah salah satu cara terbaik untuk mendapatkan motivasi dan menghasilkan perubahan besar dan abadi dalam hidup Anda. Memotivasi diri sendiri melalui janji hanya bekerja sebentar. Ini sering menyebabkan ketidakpuasan atau energi mental yang tidak berkelanjutan.
 
Tidak setiap peningkatan kehidupan akan menyenangkan, tetapi cobalah untuk memilih cara yang paling menyenangkan untuk melakukannya. Jika Anda ingin mendapatkan bentuk tubuh yang ideal tetapi membenci gym, misalnya, pikirkan metode yang berbeda untuk menjadi sehat, seperti berenang, menari, atau sesuatu yang Anda benar-benar bersenang-senang lakukan hari ini.

2. Dapatkan Mitra Akuntabilitas

Berkomitmen pada pengembangan diri jangka panjang bisa menjadi upaya yang luar biasa, tetapi Anda tidak harus melakukannya sendiri. Dengan meminta teman, mentor, atau anggota keluarga untuk membantu Anda bertanggung jawab terhadap tujuan Anda, Anda akan cenderung menindaklanjuti dan menyelesaikannya.
 
Temukan seseorang yang dapat diandalkan yang dapat meminta Anda untuk pembaruan kemajuan, atau bahkan mencapai tujuan tepat di samping Anda. Jika Anda ingin mulai berolahraga atau meningkatkan penjualan Anda, misalnya, meminta bantuan seorang teman akan mengubah tindakan perubahan menjadi pengalaman ikatan yang menyenangkan dan memotivasi.

3. Terapkan Teknik Visualisasi

Teknik visualisasi ini memadukan visualisasi positif tradisional dengan penetapan tujuan yang realistis untuk menciptakan strategi pengendalian diri yang kuat dan didukung secara ilmiah. Idenya adalah bahwa visualisasi positif sendiri dapat menipu otak kita untuk merasa seperti kita telah mencapai sesuatu ketika kita belum melakukannya. Jika kita membayangkan tujuan realistis yang perlu kita capai untuk sampai ke sana, kita lebih mungkin untuk mencapai garis akhir. Ini membantu pikiran bawah sadar Anda memahami bahwa Anda mengikat janji dengan sebuah kesuksesan di masa depan dengan rintangan yang harus diatasi di masa sekarang. 

4. Didik Diri Sendiri

Beberapa wirausahawan paling terkenal mengaitkan kecakapan teknologi dan bisnis mereka dengan kebiasaan membaca yang tak pernah henti. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, buku adalah tempat yang fantastis untuk memulai.
 
Belajar (di luar deskripsi pekerjaan Anda) adalah unsur intrinsik untuk menjadi diri Anda yang lebih baik. Jadi, Anda dapat belajar dengan membaca buku, mendengarkan podcast pendidikan, atau pergi ke konferensi. Ada banyak cara mudah namun dapat mengubah hidup. Ini membawa Anda lebih jauh menggeluti dan meningkatkan bidang dan juga minat Anda.

5. Kelilingi Diri Anda Dengan Inspirasi

Inspirasi adalah motivator yang serba bisa, tetapi terkadang perasaan itu sulit dipertahankan. Namun, mengelilingi diri Anda dengan orang-orang, rekan kerja, dan mentor yang bekerja keras dan berhasil adalah cara yang bagus untuk tetap bersemangat dalam mencapai harapan dan ambisi Anda sendiri. Ada sebuah kalimat berharga: “Kelilingi diri Anda hanya dengan orang-orang yang akan mengangkat Anda lebih tinggi.”
 
Ini hampir sama seperti teknik visualisasi positif. Dengan melihat perubahan positif terjadi di sekitar Anda, peningkatan diri akan semakin tercipta lebih nyata.
 

6. Tidur dan Makan 

Dalam kehidupan kita yang sibuk, banyak dari kita yang salah mengambil langkah dalam kehidupan setiap hari. Mungkin makanan cepat saji saat istirahat makan siang, atau hanya tidur lima jam. Perubahan besar dapat terjadi dalam karier dan kehidupan pribadi kita hanya dengan melakukan perubahan sederhana seperti tidur semalaman, bangun lebih awal, dan memilih makanan sehat yang memberikan energi dan gizi yang dibutuhkan tubuh untuk tetap bertahan saat bekerja. Tahukah Anda bahwa lonjakan dan penurunan gula darah berdampak buruk bagi produktivitas dan juga bagi otak. 
 
Jika Anda ingin mengubah hidup Anda, memiliki fondasi yang kuat seperti ini adalah suatu platform yang sempurna untuk membangun kebiasaan yang lebih sehat dan mengubah hidup Anda.
 

7. Keluar dari Zona Nyaman 

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas diri Anda, Anda harus belajar. Belajar artinya adalah selalu mengambil hal-hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Pertumbuhan dan kenyamanan tidak saling mengisi. 
 
Banyak orang tidak menyadari potensi penuh mereka karena mereka takut untuk keluar dari hal yang membuat mereka nyaman. Meskipun mungkin terasa menyenangkan hanya melakukan hal yang Anda yakini, ada kemungkinan besar kebiasaan ini juga bisa menghambat Anda dari pertumbuhan pribadi. Peluang yang tampak didepa Anda bisa jadi merupakan hal yang telah menunggu untuk mengantarkan Anda ke tempat-tempat yang tidak Anda bayangkan.
 
Perubahan hidup ini mungkin tampak tidak nyaman saat ini, tetapi hampir semua hal hebat dalam hidup ditemukan ketika kita berani meninggalkan perasaan nyaman itu. Jadi, mulailah mengambil langkah-langkah ini hari ini, dan lihat seberapa jauh mereka pada akhirnya akan membawa Anda. Ingatlah bahwa untuk meningkatkan diri Anda, Anda perlu melakukan hal-hal diluar kebiasaan Anda dan tetaplah belajar

Featured Career Advice