×
STUDILMU Career Advice - 7 Cara Memotivasi Diri untuk Terus Maju
Motivation

7 Cara Memotivasi Diri untuk Terus Maju

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Apa pembaca Career Advice pernah merasa tidak bersemangat dalam menjalani hari? Jika ‘ya’, jangan khawatir karena tidak hanya Anda yang merasakan hal ini. Hari ini, ribuan orang di luar sana juga mungkin sedang merasakan hal yang sama, bosan dan kehilangan motivasi.
 
Namun, hidup akan terus berjalan meski kita sudah merasa lelah untuk terus maju ke depan. Lelah karena kehilangan motivasi, atau mungkin karena rintangan yang dihadapi semakin berbelit-belit, sehingga membuat kita ingin mundur dan menyelesaikan segalanya. 
 
Tapi, tidak ada gunanya untuk saya dan pembaca Career Advice untuk terus mengeluhkan hal tersebut. 
 
Orang-orang sukses akan menolak untuk duduk, menghela nafas dan menyerah. Mereka tidak mengeluh tentang nasib mereka atau berimajinasi atas kehidupan yang lebih baik tanpa melakukan perubahan apapun. Sebaliknya, mereka membayangkan dalam pikiran mereka bahwa mereka tidak menyerah dan tidak akan pernah menyerah! Mereka tidak akan membiarkan keadaan kehidupan membuat mereka semakin terpuruk.
 
Satu-satunya cara bagi kita untuk menjalani kehidupan seutuhnya adalah belajar bagaimana bertahan dan menghadapi tantangan yang diberikan kehidupan pada kita. Tantangan kehidupan ini dapat disebut sebagai "bola kehidupan". Bertahan dari bola-bola kehidupan dan berjuang melalui kesulitan, rasa sakit, dan putus asa adalah bagian dari perjalanan bagi kita untuk belajar tentang siapa kita. Tidak ada cara lain untuk belajar bagaimana menjadi ulet, berani, dan optimis tentang kehidupan dan masa depan kita, selain dengan menghadapinya dengan penuh keberanian. 
 
Ketika pembaca Career Advice merasa berkecil hati dan putus asa akan kehidupan yang terasa begitu sulit, jangan menyerah! Karena 7 strategi ini dapat membantu Saya, Anda, Mereka dan semua pembaca Career Advice untuk lebih berani, tekun dan bertahan untuk terus melangkah maju menghadapi kehidupan ini. 
 

1. Menerima dan Mengantisipasi Perubahan 

Satu hal yang konstan dalam kehidupan kita hari ini adalah perubahan. Inilah mengapa semakin sulit untuk mempertahankan siapa diri kita dengan berbagai kompleksitas yang terjadi. Tidak ada manfaat yang didapatkan saat kita menghindari perubahan, malah kita akan semakin menjadi terbelakang dan kondisi kehidupan akan semakin rumit.
 
Lalu, apa yang harus kita lakukan? Menerima dan mencoba beradaptasi dengan perubahan.
 
Tidak mungkin kita bisa menjalani kehidupan sepenuhnya tanpa mengalami perubahan apapun. Jangan pernah berhenti belajar tentang diri kita sendiri, apa yang menjadi kelemahan dan kelebihan kita, bagaimana menghadapi perubahan dengan mengandalkan kekuatan diri yang dimiliki, dan bagaimana beradaptasi dengan perubahan dengan mengasah kekurangan menjadi sebuah kelebihan? Jangan menghindar dari perubahan, tapi hadapi dengan kecerdasan dan kekuatan kita.
 

2. Pilihan Hidup adalah Kekuatan Diri 

Sebagai manusia, kita terlahir dengan beberapa hak yang tidak dapat diambil oleh orang lain. Di antaranya adalah hak untuk hidup, hak untuk menyuarakan pendapat dan hak untuk memilih. 
 
“Hari ini saya memilih hidup dengan lebih positif, menghilangkan semua rasa sakit dan negativitas yang ada. Hari ini saya memilih untuk lebih gembira dan bahagia. Semua kesulitan akan terselesaikan saat saya berani dalam menghadapinya, dan semua perubahan akan takluk ketika saya berani untuk merangkul perubahan tersebut”.  
 
Ketika hidup menjadi sulit dan kita tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya, ingatlah bahwa kita masih memiliki kekuatan untuk memilih kehidupan yang ingin dijalani. Pilihan yang kita buat ini akan menentukan bagaimana kita bereaksi terhadap masa-masa sulit dalam hidup yang dihadapi. Kita dapat memilih untuk tidak melakukan apapun, ketakutan tiada henti, bersembunyi, pergi dari realita, atau memilih untuk mengambil tindakan dan menghadapi masalah tersebut.
 
Dari semua opsi tersebut, pilih untuk membuat pilihan yang akan memungkinkan kita untuk bergerak maju tidak mundur atau berputar-putar di tempat.
 

3. Jangan Takut Meminta Bantuan

Siapa bilang jika kita meminta bantuan menandakan kita lemah? Mungkin masih ada sebagian orang yang berpikir demikian, namun jika kita sudah berusaha semaksimal mungkin dalam mencari informasi, dan tetap memerlukan bantuan, rasanya tidak ada yang salah kok dengan itu. 
 
Seseorang yang memilih untuk menjadi pencari solusi adalah orang yang tangguh yang sadar diri dan akan secara aktif mencari dukungan, saran dan dorongan dari orang lain ketika masa sulit. Mereka ini akan menghargai masukan dari orang lain untuk mengatasi kesulitan dan terus bergerak maju dalam kehidupan.
 

4. Tertawalah karena Tidak Ada yang Melarang!

Pembaca Career Advice, saat rintangan hidup menghampiri kehidupan kita, yang kita perlukan bukanlah menyesalinya, tapi cukup tertawakan dan hadapi masalah tersebut dengan segala kekuatan yang kita miliki. Tertawa adalah salah satu senjata rahasia yang dapat membantu kita untuk terus hidup ketika kehidupan terasa semakin sulit. Tertawa dapat mengarahkan kita kepada sikap positif, yang akan membuka pikiran untuk mengeksplorasi berbagai kemungkinan sedangkan sikap pesimistis menutup pikiran dan mendorong kita untuk melarikan diri dari tantangan yang ada. Untuk melewati masa-masa sulit dalam hidup, kelilingi diri kita dengan orang-orang yang membuat kita tertawa dan suka tertawa bersama kita. Tertawa itu menular dan kita akan merasa lebih hidup untuk meraih masa depan yang lebih baik.
 

5. Jangan Lari dari Kenyataan Hidup

Banyak orang yang bersenda gurau ingin lari dari kenyataan. Ini cukup lucu sih, tapi mustahil. Maksudnya, mustahil untuk memiliki kehidupan yang lebih baik dengan melarikan diri dari kenyataan. Melarikan diri dari tantangan yang diberikan kehidupan kepada kita bukanlah jawaban untuk berurusan dengan kehidupan. Orang yang tangguh tahu bahwa untuk menjadi kuat, seseorang harus mengatasi kesulitan dan tantangan yang mereka hadapi dalam hidup. Tidak ada pilihan lain untuk orang yang tangguh. 
 
Jangan biarkan tantangan hidup yang datang membuat semangat dan motivasi hidup kita menjadi “kendor”!
 

6. Fokus pada Hal-hal yang Membawa Kegembiraan

Sangatlah wajar ketika pembaca Career Advice merasa putus asa, frustasi dan putus asa. Namun, ingatlah bahwa perasaan tersebut membuat kita melupakan hal-hal baik yang ada di dalam hidup kita. 
 
Untuk menghindari kesedihan ini, coba tulis semua hal-hal baik yang pernah kita alami dan semua hal yang telah membuat kita bahagia. Semakin kita fokus pada hal-hal baik dalam hidup, semakin kita termotivasi untuk terus maju dan memiliki kehidupan yang lebih baik.
 

7. Ucapkan Selamat Tinggal pada Masa Lalu 

Seperti yang dikatakan oleh salah satu penulis buku terkenal di Indonesia, Tere liye mengatakan “masa lalu selamanya tidak akan pernah menang karena ia selalu ada di belakang”.
 
Benar! Masa lalu akan selalu ada di belakang, dan inilah kesempatan kita untuk mempelajari pelajaran hidup yang kita perlukan untuk menghadapi kehidupan saat ini. Yang kita perlukan hanyalah berdamai dengan masa lalu, dan menghindari kesalahan yang sama pada saat ini dan masa yang akan datang.
 
Jangan biarkan semua kesalahan masa lalu menjadi ketakutan yang mengurangi keberanian diri untuk terus melangkah maju. Masa depan kita tidak ditentukan oleh apa yang terjadi di masa lalu, Anda adalah siapa yang Anda pilih sekarang dan di masa depan, bukan di masa lalu.
 
Jadi, beranikan diri untuk mengatakan selamat tinggal pada masa lalu dari sekarang dan seterusnya. 
 
Yap! itu dia 7 strategi yang dapat diberdayakan oleh saya dan semua pembaca Career Advice untuk terus termotivasi dalam hidup, meskipun rintangan hidup tidak berhenti untuk menghampiri dan mengacaukan segala rencana kehidupan. Kalau orang-orang yang tangguh mampu untuk menghadapinya, mengapa kita tidak?

Featured Career Advice