×
STUDILMU Career Advice - 7 Cara Mempromosikan Bisnis Online secara Gratis
Marketing & Sales

7 Cara Mempromosikan Bisnis Online secara Gratis

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Tentang Bisnis Online secara Gratis

Sebelum rekan-rekan pembaca membaca artikel ini lebih lanjut, ada baiknya kita mengetahui apa arti dari “Bisnis Online” itu sendiri. Bisnis online adalah kegiatan jual-beli produk yang dilakukan secara daring atau online atau tidak tatap muka dengan menggunakan teknologi yang mutakhir. Perkembangan bisnis ini sampai akhirnya dapat menjadi bisnis online terpercaya bukanlah proses yang singkat. Di era modern seperti sekarang ini, kita bisa melihat betapa banyaknya daftar bisnis online yang terdiri dari berbagai bisnis online terbaru. 
 
Semua orang bisa berbisnis dengan cara ini, mulai dari bisnis online rumahan, bisnis online gratis lewat hp sampai ke bisnis online tanpa modal. Perkembangan ini menunjukkan bahwa bisnis online 2019 semakin bervariasi dan unik, sehingga setiap orang yang ingin berbisnis secara online dapat memilih cara yang mereka sukai. 
 
Pada artikel kali ini, kita akan menjelaskan tentang “bagaimana cara memulai bisnis online dari nol?” Semua para pendiri startup tahu bagaimana mereka harus bersikap hemat atau bijak dalam membelanjakan uang dalam melakukan promosi (pemasaran) pada tahap awal startup mereka didirikan. Meskipun dana di awal usaha masih sangat terbatas, bukan berarti tidak ada cara efektif lain untuk memasarkan produk kita dong? 
 
Perkembangan teknologi benar-benar membawa “angin segar” bagi mereka yang hidup secara berjauhan, lalu didekatkan dengan internet dan bagi mereka yang ingin menyebarluaskan produk mereka, internet bisa membantu mereka melalui bisnis online. Menurut website American express dot com, ada 7 cara yang bisa kita terapkan untuk mempromosikan bisnis online kita secara gratis, yap gratis! Artinya tanpa biaya sepeser pun. Yuk, kita simak penjelasannya berikut ini. 
 

1. Mengandalkan Media Sosial. 

Teknologi dan internet sangat berkaitan erat dengan media sosial. Membuat akun media sosial seperti Instagram, Facebook atau Twitter sangat efektif untuk mempromosikan bisnis online kita. Mengapa? karena pembuatan akun-akun media sosial ini dapat dilakukan secara gratis. Dengan membuat satu akun media sosial saja, kita sudah bisa mulai berbisnis online. Selain itu, kita juga bisa memasang iklan di media sosial sehingga iklan tersebut dapat menghubungkan bisnis online kita secara langsung dengan target pelanggan yang kita miliki. 
 

2. Gunakan Layanan Listing Lokal Terbesar. 

Kita bisa mencoba cara kedua yaitu, mendaftarkan bisnis online kita melalui Google Places yang memungkinkan bisnis online kita lebih mudah saat ditelusuri melalui Google. Kita hanya perlu mendaftar dengan mengisi formulir yang ditampilkan, kemudian memverifikasi bisnis online kita melalui proses konfirmasi yang mereka berikan, yang mana hal ini dapat dilakukan melalui panggilan telepon atau snail mail.  
 

3. Yuk, Mulai Menulis di Blog!

Cara ketiga yang bisa kita lakukan adalah menulis blog. Buatlah satu blog khusus untuk bisnis online kita dimana blog ini dapat membantu kita untuk terhubung dengan konsumen secara lebih dekat dan langsung. Akan tetapi, seringkali kita hanya rajin dan rutin menulis blog di awal-awal saja. Jika kita benar-benar ingin mempromosikan bisnis online secara gratis melalui bantuan blog, maka kita harus rajin menulis konten-konten terbaru agar para konsumen semakin tertarik untuk mengunjungi blog kita, dan tentunya semakin tertarik dengan produk yang kita tawarkan. Apabila blog bisnis online kita terbengkalai begitu saja, maka para konsumen akan menganggap penjualnya tidak serius dalam memasarkan produknya.
 

4. Gunakan SEO (Search Engine Optimizer) untuk Situs Web Bisnis Kita. 

Agar bisnis online yang kita miliki semakin tersebar luas dan terkenal, menggunakan SEO untuk situs web bisnis kita adalah keputusan yang tepat. Melalui SEO ini, para konsumen yang tersebar luas di dunia online akan semakin mudah untuk mengenal dan menemukan produk di bisnis online kita. 
 

5. Mengoptimalkan Penggunaan YouTube. 

Selain empat cara di atas, cara kelima yang bisa kita lakukan adalah mengoptimalkan Youtube untuk mempromosikan bisnis online kita. YouTube menyediakan cara efektif agar kita dapat mempromosikan video marketing kita yang sangat kreatif dengan gratis loh! Namun, agar konten video marketing kita banyak dilihat oleh orang-orang secara online, maka kita perlu membuat konten video yang relevan dengan bisnis online yang kita miliki. Sehingga, para konsumen dapat melihat konsistensi dari promosi produk yang kita lakukan. 
 

6. Mempromosikan Bisnis Online secara Live. 

Beberapa media sosial mengizinkan kita untuk melakukan promosi secara online dengan liputan secara live. Misalnya, Instagram. Setiap kali bisnis online kita memiliki suatu produk atau layanan jasa baru yang siap untuk dipromosikan secara online, buatlah rekaman secara live agar para pengikut akun bisnis online kita dapat mengetahui informasi ini secepat mungkin.  
 

7. Bergabung dengan Komunitas Online yang Relevan. 

Setiap bentuk bisnis pasti memiliki komunitas online yang dapat kita ikuti. Misalnya, di Facebook kita akan menemukan komunitas penjual kue brownies. Bergabung ke dalam komunitas online seperti ini akan memudahkan kita untuk mendapatkan informasi-informasi penting yang relevan dengan bisnis online kita. Sehingga, kita bisa tetap ter-update dengan berita-berita terkini. Selain itu, komunitas online bisa memudahkan kita untuk saling mempromosikan bisnis online yang kita miliki. Mana tau kerabat kita di dalam komunitas tersebut bisa membantu mempromosikan bisnis online kita, bukan?
 
Nah, itulah 7 cara yang dapat kita terapkan untuk mempromosikan bisnis online kita secara gratis atau tanpa biaya sepeser pun. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, coba dari sekarang. Selamat mencoba ya, rekan-rekan Career Advice.

Featured Career Advice