×
STUDILMU Career Advice - 7 Manfaat Saat Kita Terus Memperbaiki Diri
Self Improvement

7 Manfaat Saat Kita Terus Memperbaiki Diri

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Masih ingatkah kita saat masih duduk di bangku sekolah, orang tua dan guru kita selalu mendukung agar kita dapat menjadi pelajar yang berprestasi. Sejauh ini, pembelajaran yang diberikan di sekolah maupun perguruan tinggi, cenderung diarahkan kepada kursus akademik saja, namun bagaimana dengan aspek-aspek seperti peningkatan diri dan pengembangan pribadi yang memainkan peran yang sama pentingnya dalam kehidupan?.
 
Sayangnya, perbaikan diri pada individu di Indonesia masih kurang diperhatikan. Tidak sedikit dari penduduk di Indonesia yang memiliki pola pikir yang, “inilah hidup saya, saya rasa tidak ada yang perlu diubah dari hidup saya”.
 
Tidak, pola pikir yang seperti ini sebenarnya sangat keliru. Ada banyak kesempatan baru yang dapat kita lakukan untuk peningkatan diri. Tahukah Anda bahwa peningkatan diri sebenarnya tidak dapat dibatasi oleh usia. Sampai berapapun usia kita, 40, 50, atau bahkan 60 tahun pun, jika kita masih mampu, kita perlu untuk terus meningkatkan diri kita untuk menjadi lebih baik
Nah, ini dia beberapa manfaat yang akan didapatkan, saat kita terus melakukan perbaikan diri, terlepas dari berapapun usia kita:

1. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Perbaikan diri membuat kita lebih mengenal diri sendiri. Bukan hanya sekedar mengenal, namun juga mengenal jauh lebih dalam. Siapa lagi yang dapat mengenal diri kita dengan baik, selain diri kita sendiri?.
 
Peningkatan diri mengharuskan kita untuk menjadi lebih sadar diri dan lebih mengenal diri sendiri. Itu membuat kita menjadi pribadi yang lebih kuat dalam menghadapi setiap rintangan yang selalu meninggalkan hikmah kehidupan untuk menjadi lebih baik. Kesadaran diri adalah proses yang berkelanjutan, selama kehidupan masih berjalan, kita harus mengenal diri kita dengan baik. 
 
Jadi, untuk terus berada di jalur yang benar dalam meningkatkan kualitas diri, jangan pernah kehilangan interaksi dengan diri sendiri.
 

2. Kesehatan Mental Menjadi Lebih Meningkat 

Ini juga merupakan salah satu hal yang terpenting dari peningkatan diri yaitu, peningkatan pada kesehatan mental. Ketika kita bekerja pada diri sendiri, kita akan mengenal diri lebih baik, dan ini memungkinkan kita menangani pikiran dan emosi dengan lebih efektif. Selain itu, kita juga dapat memahami “mengapa kita mengalami emosi tertentu?” “apa solusi yang dapat kita lakukan untuk mengatasi emosi tersebut?” Seiring berjalannya waktu, kita dapat menjadi seorang yang ahli dalam mengendalikan diri sendiri. 
 
Seseorang yang tidak mengenal diri mereka dengan baik, tidak akan fokus pada peningkatan diri sendiri dan tidak dapat memiliki kendali atas reaksi mereka terhadap situasi apapun, yang dapat menambah stres dan kecemasan.

3. Memiliki Hubungan yang Baik dengan Orang Lain

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya bahwa perbaikan diri dapat membuat kita lebih mengenal diri sendiri. Namun ternyata tidak hanya berhenti disitu, ini juga dapat memperbaiki hubungan kita dengan orang lain. Ketika kita berupaya untuk meningkatkan diri, secara otomatis kita juga sedang meningkatkan hubungan dengan orang-orang di sekitar. 
 
Sebagai contoh, sifat ceroboh yang saya miliki adalah penyebab utama perselisihan saya dengan beberapa rekan kerja di kantor. Saat saya memutuskan untuk melakukan perbaikan diri, saya pun akhirnya menyadari bahwa saya harus mengubah sifat buruk ini dan mulai mencari-cari solusi agar tidak menjadi pribadi yang ceroboh lagi. Setelah sifat itu berangsur-angsur hilang, beberapa rekan kerja saya mengaku bahwa mereka menyukai perubahan saya, dan ini benar-benar membuat hubungan saya dengan mereka menjadi lebih baik dari sebelumnya. 

4. Mengatasi Kelemahan dan Meningkatkan Kekuatan Diri

Saat kita mencoba mengenal diri sendiri, kita tidak hanya perlu mengenal kelebihan namun juga segala kekurangan yang kita miliki. Jika kita melihat contoh yang saya berikan di poin sebelumnya, sikap ceroboh adalah salah satu kekurangan yang dimiliki seseorang, bukan?.
 
Namun kita dapat mengatasi kekurangan yang dimiliki dengan baik. Setidaknya mengurangi sifat buruk yang menjadi kelemahan kita, adalah indikasi yang baik (jika tidak mampu menghilangkannya). 
 
Manusia tercipta dengan segala kelebihan dan kekurangan, dan itu memang sudah menjadi satu paket. Kita tidak harus menghilangkan kekurangan yang dimiliki, tapi setidaknya mengontrolnya. 
 
Bagaimana dengan kelebihan yang kita miliki? Jangan menganggurkannya saja. kelebihan yang kita miliki harus diasah terus-menerus untuk menjadi kekuatan terpenting bagi diri kita. 
 
Ini membantu kita semua untuk menetapkan tujuan hidup dan mewujudkannya. Bagaimanapun, kita hanya dapat mencapai apa yang kita inginkan ketika kita tahu apa yang kita inginkan di dalam hidup.

5. Mengambil Keputusan dengan Lebih Baik

Kita dituntut untuk membuat keputusan di setiap langkah dalam hidup kita dan setiap keputusan pasti memiliki konsekuensinya masing-masing. Keterampilan pengambilan keputusan yang baik datang dari pemikiran yang jernih, kesadaran diri dan kepercayaan diri yang merupakan hasil dari proses perbaikan diri.
 
Ketika kita tahu apa yang ingin dicapai, kita akan menetapkan tujuan sesuai dengan tujuan hidup tersebut. Dengan begitu kita dapat membuat keputusan yang lebih baik. 

6. Menyukai Belajar

Orang-orang yang berinvestasi dalam perbaikan diri, lama-kelamaan akan mencintai proses belajar yang berkelanjutan. Mereka akan sadar bahwa belajar adalah aktivitas yang menyenangkan. Dengan menyukai proses belajar, ini menunjukkan bahwa kita menyadari kekurangan yang dimiliki dan terbuka untuk menerima umpan balik untuk meningkatkan diri.
 
Ini adalah kualitas luar biasa yang dimiliki oleh seseorang, karena memiliki sikap belajar sangat penting dalam mencapai kesuksesan.

7. Lebih Mencintai Diri Sendiri

Poin terakhir ini tidak kalah pentingnya dengan poin-poin sebelumnya yang akan didapatkan dari proses peningkatan diri. Apakah itu? menumbuhkan cinta dan kasih sayang pada diri sendiri. Dengan melihat diri kita tumbuh setiap hari, itu akan membangun kepercayaan diri dan harga diri kita.
 
Banyak yang mungkin memperdebatkan bahwa jika kita mencintai diri sendiri mengapa kita harus berubah? Ketahuilah bahwa ini tidak benar. Peningkatan diri tidak mengubah diri kita. Ini lebih tentang berfokus pada apa yang penting bagi kita dan mengatasi rintangan mental apa pun yang mungkin menghentikan kita dari mencapai potensi tertinggi yang dapat kita raih.
 
Jadi, setelah melihat beberapa manfaat yang akan didapatkan dari perbaikan diri, apakah Anda akan mengulur waktu lagi untuk segera memulainya? Jika tidak, tunggu apalagi, selamat mencoba rekan-rekan!

Featured Career Advice