×
STUDILMU Career Advice - 7 Tips Memberikan Coaching Yang Efektif
Coaching

7 Tips Memberikan Coaching Yang Efektif

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Manajer dan pemimpin memiliki peranan penting dalam kesuksesan bisnis dan juga coaching yang efektif. Coaching yang konsisten membantu keberlangsungan karyawan, perbaikan kinerja dan pentransferan ilmu. Diatas semua manfaat ini, coaching merupakan cara yang paling efektif untuk memperkuat dan mentransfer pembelajaran.
 
Selain keterampilan dan pengetahuan kepemimpinan, coaching merupakan dasar yang dapat memperbaiki kinerja seluruh tim. Organisasi dengan pemimpin yang secara rutin dan efektif mengadakan coaching, mampu meningkatkan hasil bisnis sebesar 21% dibandingkan organisasi yang tidak melakukan coaching. 
 
Apa strategi yang Anda gunakan untuk memberikan coaching pada tim Anda? Kami mengidentifikasi bahwa ada 7 tips dalam memberikan coaching yang efektif. Mari kita simak bersama. 
 

1. Ajukan pertanyaan-pertanyaan yang bagus.

Pertanyaan hebat akan menghasilkan jawaban hebat dan jawaban hebat menghasilkan percakapan yang luar biasa. Sebagai manajer atau pemimpin, sangatlah penting bagi Anda untuk membangun hubungan yang kuat dengan para bawahan. Ini akan membantu Anda untuk membedakan karyawan yang memiliki rasa penasaran tinggi, memiliki kemampuan untuk menampilkan kinerja dan perbaikan serta karyawan yang memiliki sikap positif.
 

2. Lakukan pendekatan positif.

Anda harus memelihara sikap positif sekalipun sedang dalam situasi yang sulit. Sikap positif akan membuat Anda dan karyawan yang Anda coaching untuk menanggapi dan menjawab Anda dengan cara yang positif juga. Sebaliknya, jika Anda mendatangi karyawan dengan cara yang negatif, mereka akan merasa terintimidasi dan terpojokkan. Tentu, ini juga akan mengarahkan mereka memberikan reaksi negatif juga. 
 

3. Dengarkan dengan baik. 

Coaching membutuhkan dorongan dan pemberdayaan. Manajer haruslah bekerja sama dengan karyawan untuk membangun hubungan pribadi yang baik yang nantinya dapat meningkatkan kinerja. Karyawan Anda memiliki banyak masukan, pertanyaan dan umpan balik. Tunjukkan bahwa Anda mendengarkan apa yang mereka katakan dengan baik dan dorong mereka untuk mau membagikannya. 
 

4. Temukan cara untuk menuntun percakapan.

Disinilah Anda membutuhkan keterampilan komunikasi dan kecerdasan emosi. Manajer dan pemimpin haruslah bisa menuntun percakapan menjadi sesi tanya jawab dan juga sesi mendengarkan, bukan memberikan perintah. Para karyawan akan mampu bertumbuh dan belajar dengan maksimal ketika mereka menemukan jawaban atas diri mereka sendiri.
 

5. Berkomitmen untuk terus belajar.

Sebagai manajer atau pemimpin, Anda harus berkomitmen untuk terus memperbaiki keterampilan dan juga kompetensi yang Anda miliki. Jika Anda tidak terus belajar, lalu mengapa karyawan Anda harus terus belajar? Memimpin dengan memberikan contoh merupakan cara terbaik untuk mengajak para karyawan mengikuti Anda. Daripada Anda harus memaksa mereka dengan memberikan keharusan, pimpinlah dengan menjadi contoh.

6. Tunjukkanlah bahwa Anda juga ingin mengambil bagian penting dalam kesuksesan para karyawan. 

Tanyakan tujuan karier yang mereka miliki, rencana mereka kedepannya dan bagaimana perusahaan dapat menunjang tujuan tersebut. sekalipun mereka belum memiliki rencana yang pasti dan mantap, pertanyaan ini akan membuat mereka berpikir lebih lanjut tentang karier mereka dan langkah apa yang perlu mereka lakukan untuk mencapai kesuksesan bersama dengan organisasi.
 
Tunjukkanlah pada karyawan Anda bahwa Anda tidak hanya menginginkan mereka untuk tampil lebih baik dalam pekerjaan mereka saja. Tunjukkan juga bahwa Anda mendukung tujuan karier yang mereka miliki, pencapaian dan juga kesuksesan profesional mereka.

7. Lakukan coaching pada waktu yang tepat, saat ini.

Pembelajaran sangatlah tepat untuk dilakukan ketika berlangsung saat ini, atau sekarang. Jika seorang karyawan datang dan menanyakan Anda tentang suatu proses atau protokol yang berlaku di organisasi Anda, gunakanlah kesempatan tersebut untuk mengajarkan karyawan tersebut tentang hal baru.
 
Anda pasti terdengar akrab dengan pepatah yang berkata Learning by doing. Banyak orang yang menerapkannya, mereka mempelajari sesuatu dengan melakukannya. Jadi lakukanlah. Anda tidak perlu mengatur jadwal dan menunggu waktu yang tepat untuk melakukan coaching. 
 
Dengan menggunakan kesempatan tersebut untuk melatih karyawan Anda, karyawan akan merasa bahwa mereka dihargai karena Anda bersedia meluangkan waktu berharga Anda untuk mereka. Dan nantinya, mereka juga dapat menghargai Anda tanpa harus diperintah atau diinstruksikan. Lalu apa hasil lainnya? Mereka juga dapat membagikan ilmu yang didapat kepada rekan lainnya. Sehingga ketika mereka menemukan rekan kerja yang bertanya akan hal yang sama, mereka akan menjelaskan sama seperti yang Anda lakukan.
 
Lalu apa saja manfaat yang Anda dapatkan dari coaching?

- Meningkatkan Motivasi Karyawan 

Melalui coaching tersebut, karyawan akan disadarkan untuk memiliki tujuan yang jelas. Dan tentunya tujuan ini akan menjadi motivasi bagi mereka untuk melakukan tindakan nyata dalam mewujudkannya. Motivasi merupakan hal utama yang dapat digunakan untuk meraih kesuksesan dalam bidang apapun.
 

- Menaikkan Kinerja Individu dan Tim

Coaching mampu membuat seseorang sadar tentang hal apa saja yang penting didalam hidup maupun karier mereka. Mereka akan mampu untuk berpikir kreatif sehingga mereka mampu untuk menghasilkan kinerja yang jauh lebih unggul. 
 

- Membuat Hubungan Makin Harmonis

Coaching bisa membuat hubungan menjadi semakin harmonis. Hubungan mempunyai peranan yang besar untuk meraih sebuah kesuksesan. Jadi, jika Anda ingin memiliki hubungan yang harmonis dengan karyawan, coaching merupakan salah satu alat yang tepat untuk mewujudkannya.
 

- Melakukan Lompatan dalam Bisnis

Untuk menghasilkan kinerja yang unggul maka dibutuhkan pola pikir yang tepat dan juga benar. Di samping itu, dibutuhkan juga konsistensi. Kedua hal tersebut akan membawa seseorang ke hasil yang luar biasa hebat.
 
Dalam hal ini, coaching akan membantu seseorang dalam mengenali potensi diri dan juga memaksimalkannya. Coaching akan menginspirasi dan juga melatih seseorang untuk berpikir kepada sebuah solusi, bukan masalah.
 
Itulah tips coaching yang dapat rekan pembaca terapkan dalam organisasi Anda. banyak juga manfaat yang dihasilkan dari coaching. Apakah Anda ingin meningkatkan kinerja dan juga memiliki hubungan yang harmonis dengan bawahan Anda? Cobalah untuk menerapkan 7 tips coaching ini. Salam sukses. 

Featured Career Advice