×
STUDILMU Career Advice - 8 Cara Memaksimalkan Akhir Pekan
Self Improvement

8 Cara Memaksimalkan Akhir Pekan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Jumat sore merupakan waktu yang membuat banyak orang lega karena akan memiliki akhir pekan yang santai. Kita mengatur banyak hal untuk dilakukan saat akhir pekan. Namun, jarang sekali akhir pekan berjalan seperti yang direncanakan. Kita bersantai menikmati setiap menit dari waktu luang kita. Memiliki waktu istirahat dari kewajiban dan tekanan pekerjaan merupakan hal yang penting. 
 
Waktu istirahat membantu kita menghindari kejenuhan, mengisi kembali energi, menjaga kesehatan dan mempersiapkan kita untuk minggu kerja berikutnya. Nah, kali ini kita akan membahas 8 cara memaksimalkan akhir pekan sehingga rekan pembaca Career Advice dapat memaksimalkan 2 hari istirahat dan kembali siap untuk menghadapi minggu kerja berikutnya.
 

1. Menyalakan alarm.

Cara memaksimalkan akhir pekan yang pertama adalah dengan menyalakan alarm. Meskipun mungkin tergoda untuk bangun siang, cobalah untuk menyalakan alarm dan bangun pagi di akhir pekan. Kita dapat menggunakan waktu untuk menyelesaikan hal-hal yang tidak terselesaikan di waktu kerja. Misalnya, Anda berencana merapikan rak buku yang mulai tidak beraturan dan menikmati sore yang santai di tepi kolam renang. Jika Anda bangun lebih pagi, Anda tidak akan kehilangan waktu yang berharga. 
 
Selain itu, tidur berlebihan di akhir pekan dapat memengaruhi pola tidur untuk minggu kerja mendatang. Tidak apa-apa jika ingin menambahkan satu jam atau lebih, tetapi jika Anda biasanya bangun jam 6:00 pagi, tidur sampai tengah hari akan merusak kebiasaan tidur Anda. Bangunlah sesuai jadwal, lalu miliki waktu tidur siang jika dibutuhkan.
 
Hindari juga keinginan untuk begadang. Cobalah untuk mempertahankan kebiasaan tidur tujuh hingga delapan jam. Begadang akan membuat kita tidur larut malam dan membuat kita kelelahan pada hari Senin. Terlalu sedikit tidur menyebabkan stres dan kecemasan dan sulit untuk membuat kita rileks.
 

2. Berolahraga.

Cara memaksimalkan akhir pekan yang kedua adalah dengan berolahraga. Kita mungkin memiliki jadwal yang dapat di minggu kerja sehingga tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Jad, luangkan waktu akhir pekan untuk berolahraga. Meskipun melakukan olahraga yang santai, olahraga membuat kita merasa baik dan tetap sehat. Olahraga juga membantu menjernihkan pikiran dan membuat kita merasa lebih santai dan bahagia dalam menjalani akhir pekan. Apapun yang rekan pembaca lakukan, baik mengangkat beban, melakukan yoga, lari pagi, atau bermain bowling, Anda akan merasa seperti Anda telah mencapai sesuatu. Dan inilah cara yang terbaik untuk mengatasi stres yang disebabkan oleh pekerjaan.
 

3. Lakukan hal yang berbeda.

Cara memaksimalkan akhir pekan yang ketiga adalah dengan melakukan sesuatu yang berbeda. Jika Anda memiliki kebiasaan mengikuti rutinitas yang sama setiap akhir pekan, cobalah untuk melakukan aktivitas baru. Lakukanlah hal yang menyenangkan tetapi tidak terlalu menguras hari Anda secara penuh. Misalnya, bergabung dengan kelas memasak, mengikuti kegiatan sukarela selama beberapa jam, pergi ke spa, melakukan refleksi, berjalan-jalan dengan hewan kesayangan di taman, bermain puzzle, memainkan alat musik kesukaan atau bahkan bersantai sambil membaca buku atau menonton film kesukaan. Nikmati hal apapun yang berbeda dari biasanya. Dengan begitu, Anda akan menjadi lebih rileks dan tenang. 
 

4. Jangan bekerja, tetapi jadilah produktif.

Cara memaksimalkan akhir pekan yang keempat adalah menjadi produktif. Ini bukanlah mengharuskan Anda untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kantor. Tahan keinginan itu. Matikan telepon Anda, jika perlu, dan jangan periksa email Anda.
Meskipun tidak boleh membawa pulang pekerjaan kantor, itu tidak berarti kita tidak boleh bekerja di rumah. Lakukan pekerjaan yang membuat kita produktif, seperti mencuci pakaian, merapikan rumah, memasak untuk keluarga atau merapikan taman depan rumah. Ketika Anda telah menyelesaikan tugas-tugas itu,  berhentilah dan gunakan sisa akhir pekan untuk diri sendiri.
 

5. Berkeliling kota.

Cara memaksimalkan akhir pekan yang kelima adalah dengan berkeliling kota. Anggap saja Anda adalah seorang turis pendatang di kota yang ditinggali. Carilah dan buat daftar situs menarik untuk dikunjungi serta acara yang menarik untuk dihadiri. Pergilah ke toko-toko barang antik, museum,  kebun raya, atau teater untuk menonton pertunjukan. Buat rencana yang seru, termasuk mencoba kedai kopi dan restoran baru. Susun jadwal perjalanan Anda dan patuhi jadwal yang telah dibuat itu.
 

6. Bersosialisasi.

Cara memaksimalkan akhir pekan yang keenam adalah dengan bersosialisasi. Meskipun menikmati menghabiskan seluruh akhir pekan sendirian, ada baiknya kita merencanakan untuk menghabiskan waktu bersama teman dan keluarga. Bersosialisasi memiliki dampak positif pada kesehatan dan suasana hati kita. Menghabiskan waktu berkualitas dengan orang yang dicintai dapat membuat Anda lebih bahagia dan memiliki hubungan yang lebih baik. Jika Anda tetap ingin memiliki ‘me time,’ tentukan waktu untuk hal tersebut. Lalu, Anda dapat pergi makan siang atau menonton film bersama seorang teman.
 

7. Beristirahat dari gadget.

Cara memaksimalkan akhir pekan yang ketujuh adalah dengan mengistirahatkan diri dari gadget, atau alat elektronik lainnya. Meskipun kita sudah berkomitmen untuk mengabaikan panggilan dan email yang terkait dengan pekerjaan, agar kita memiliki akhir pekan yang benar-benar santai, cobalah untuk beristirahat dari semua elektronik. Matikan TV dan ambil buku.
 
Pergi ke toko buku dan temukan majalah yang menarik atau teka-teki silang untuk mempertajam otak. Keluar dan berkebun, atau naik sepeda. Mulai proyek kerajinan baru dan hindari layar elektronik apapun. Jika Anda memutuskan untuk online, menjelajahi web, batasi diri dengan pewaktu. Tanpa disadari, menjelajah di internet atau media sosial lainnya akan membuat Anda  kehilangan setengah dari hari Anda. 

8. Tersenyum.

Cara memaksimalkan akhir pekan yang kedelapan adalah dengan tersenyum. Kita akan merasa bahagia sepanjang akhir pekan, tetapi, semakin dekat hari Senin, semakin kita mulai merasa cemas dan mengantisipasi hari kerja. Tentunya ini akan membuat kita murung. Ini dikenal sebagai ‘Sunday Blues.’ Dan jika kita mendalami pikiran negatif ini, ini hanya akan merusak hari Minggu kita.
 
Jadi, daripada harus berpikir bahwa akhir pekan akan segera berakhir dan merasa sedih, cobalah untuk melakukan kegiatan yang benar-benar membuat Anda senang. Rencanakan hari Minggu yang santai yang benar-benar Anda nikmati. Dengan begitu, Anda pasti akan pergi tidur pada Minggu malam dengan senyum di wajah Anda, dan bangun dengan perasaan segar dan suasana hati yang baik di awal minggu kerja Anda. Jadi, buatlah diri Anda tersenyum.
 
Itulah 8 cara memaksimalkan akhir pekan. Lakukan hal yang membuat Anda dapat merasa lebih santai dan bahagia di akhir pekan. Sehingga rekan pembaca akan memiliki semangat dan energi baru untuk memulai minggu kerja berikutnya.

Featured Career Advice