×
STUDILMU Career Advice - 9 Pedoman Resolusi 2019. Yang ke-3 Perlu Konsistensi Menerapkannya.
Self Improvement

9 Pedoman Resolusi 2019. Yang ke-3 Perlu Konsistensi Menerapkannya.

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Hei! Tidak terasa ya kita semakin dekat dengan tahun 2019. Nah, biasanya tahun baru selalu identik dengan membuat resolusi baru atau melanjutkan beberapa resolusi yang belum dicapai di tahun sebelumnya. 
 
Apa pun aspirasi Anda untuk 2019, kenyataannya adalah sebagian besar dari kita tidak akan mencapai semua resolusi yang dibuat bahkan setengah dari apa yang kita mulai. Selain itu, fakta lainnya yang mengejutkan adalah hanya 9,2% dari kita yang benar-benar berhasil mencapai resolusi dan mengubah kebiasaan kita.
 
Jadi sebelum Anda membuat resolusi untuk tahun baru, pastikan Anda telah mempertimbangkan 9 pedoman di bawah ini. Pedoman-pedoman di bawah ini akan membantu Anda memasuki proses pemikiran yang tepat sehingga Anda dapat mencapai tujuan Anda.
 

1. Tidak ada hasil yang instan

Nah, sebenarnya ini adalah penyebab sebagian besar resolusi tahun baru Anda gagal untuk terwujud. Kebanyakan dari kita cenderung menginginkan hasil yang instan. Jika kita melihat hasil secara cepat dan langsung, kita lebih cenderung untuk tetap melakukan kebiasaan tersebut. Sebagai contoh, Anda sangat ingin memiliki tubuh yang langsing. Anda mulai membawa beberapa buah potong dan minum jus setiap Anda pergi bekerja. Selama satu minggu Anda melakukan kebiasaan tersebut, berat badan Anda berhasil turun 15 kg, yang mana ini tidak mungkin untuk dicapai dalam waktu yang secepat itu dan usaha yang seminimal itu. Nah, jika Anda bisa berhenti memikirkan seberapa melelahkannya usaha yang harus Anda lakukan, maka Anda akan memiliki peluang yang lebih besar untuk menggapai resolusi Anda. 
 

2. Menulis resolusi yang lebih spesifik

Saat Anda berpikir untuk membuat sebuah perubahan besar, cobalah untuk membuat rencana yang lebih terperinci dengan menggabungkan kebiasaan Anda sekarang dan perilaku baru yang perlu Anda adopsi. Sebagai contoh, di tahun 2018 saya selalu bangun siang dan terlambat pergi bekerja -> maka saya tidak boleh lagi bermain facebook sampai pukul 22.00, paling lambat saya harus tidur sebelum jam 22.00 agar saya dapat bangun pagi dengan lebih bertenaga dan tidak terlambat ke kantor. 

3. Mulai dari mengubah kebiasaan kecil

Ya! Saya tahu bahwa mengubah perilaku yang sudah menjadi suatu kebiasaan memang sangatlah sulit. Tapi, bukan berarti Anda tidak dapat mengubahnya bukan? Dalam hal ini, Anda dapat mengubah kebiasaan kecil terlebih dahulu. Mulailah dengan 1 atau 2 kebiasaan kecil yang benar-benar ingin Anda ubah, dan coba untuk konsisten dalam menerapkannya. Ketika Anda mencoba mengubah terlalu banyak kebiasaan dalam satu waktu sekaligus, Anda akan kewalahan dan akan kembali ke kebiasaan lama Anda. Hmm, jangan sampai ya!
 

4. Memiliki tujuan yang realistis 

Memiliki banyak resolusi yang dapat mengembangkan diri Anda menjadi lebih baik, memanglah hal yang sangat baik. Tapi, ingat! Anda juga perlu menjadi seseorang yang realistis dalam merancang resolusi di tahun 2019. Jangan sampai hanya karena Anda ingin terlihat keren dan hebat, Anda harus membuat resolusi yang tidak masuk akal. Nah, untuk hal ini hanya diri Anda yang lebih tahu tentang kelebihan dan kekurangan Anda, “apakah resolusi tersebut realistis atau tidak?” Sebagai contoh, resolusi di tahun 2019, Anda harus mengelilingi semua negara di Eropa dan di benua Amerika. Wow! Resolusi yang sangat apik. Tapi, saat Anda sadar bahwa gaji Anda hanya di bawah 10 juta rupiah dan ada begitu banyak keperluan yang harus Anda penuhi, saya rasa ini tidak realistis untuk dimasukkan ke dalam resolusi yang harus dicapai selama setahun ke depan. Hmm, mungkin kalau rencana jangka panjang, masih masuk akal. 
 

5. Ciptakan akuntabilitas

Dengan meminta seorang teman dekat, anggota keluarga atau menyewa seorang pembimbing, Anda akan memiliki seseorang yang mendukung Anda dan mengingatkan Anda untuk mengevaluasi kembali di mana Anda berada dengan tujuan-tujuan Anda. Hal ini sangat penting agar Anda tetap berada di jalan yang tepat dalam mencapai semua resolusi di tahun 2019. 
 

6. Resolusi Anda harus memiliki tujuan yang jelas

Tentu saja, memiliki tujuan yang jelas tidak hanya efektif untuk resolusi yang akan Anda rencanakan. Di dalam hidup, kita juga perlu memiliki tujuan yang jelas, bukan? 
 
Mengapa hal ini penting? Dengan memiliki tujuan yang jelas, kita dapat lebih memaknai apa yang kita kerjakan. Jadi, saat Anda merasa lelah dalam mengejar resolusi 2019, coba tarik nafas yang dalam dan pikirkan kembali tentang tujuan Anda pada resolusi tersebut. 

7. Merasa bahagia dan optimis saat membuat Resolusi 2019

Ya! Perasaan yang bahagia dan optimis akan menciptakan aura yang berbeda saat Anda merancang resolusi 2019. Akan sangat berbeda hasilnya jika Anda merancang resolusi tersebut dengan perasaan yang kalut, sedih dan pesimis. Saya yakin resolusi yang dirancang dengan perasaan yang pesimis tidak akan tercapai. Bagaimana tidak, Anda saja seperti tidak yakin dengan resolusi Anda sendiri, bagaimana dengan orang lain? 
 
Jika resolusi tersebut tidak menggairahkan Anda atau menantang Anda dengan cara yang benar, tidak ada gunanya untuk dikejar.
 

8. Eksekusi resolusi Anda pada 3 bulan pertama

Beri diri Anda waktu selama 3 bulan untuk mengeksekusi tujuan baru yang telah dirancang di tahun 2019. Dibutuhkan rata-rata 66 hari untuk membentuk kebiasaan baru. Setidaknya, Anda perlu 3 bulan untuk melakukan sesuatu yang berbeda setiap hari sebelum Anda dapat mulai membuat jalur neuropatik baru di otak Anda yang akan membuatnya otomatis menjadi suatu kebiasaan baru. 
 

9. Mengapresiasi diri sendiri

Buat rencana perayaan kecil-kecilan atau memberi hadiah kecil namun manis untuk diri Anda sendiri setelah Anda berhasil mencapai resolusi 2019 Anda. Hal ini sama saja seperti Anda mengapresiasi diri Anda. Dengan melakukan hal ini, Anda akan lebih merasa percaya diri dalam mengejar daftar resolusi 2019 lainnya. Jadi, jangan lupa untuk mengapresiasi diri Anda sendiri ya!
 
Nah, itu dia 9 pedoman yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat resolusi baru di tahun 2019. Selamat merancang resolusi baru, rekan-rekan!

Featured Career Advice