×
STUDILMU Career Advice - Apa Itu Kecerdasan Emosional?
Self Improvement

Apa Itu Kecerdasan Emosional?

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Kecerdasan emosional adalah kemampuan penting yang menjadi pendorong dibalik hubungan, karier, dan keberhasilan. Ini adalah ide yang sederhana, tetapi juga merupakan hal yang kompleks untuk dipahami. Kecerdasan emosional adalah kemampuan kita untuk mengenali emosi, memberi label dengan benar, dan menggunakan informasi emosional untuk memengaruhi pikiran dan tindakan. Kecerdasan emosional memberi kita cara yang sangat jelas untuk memahami siapa kita dalam dunia ini. Ini juga memberi kita strategi yang sangat spesifik sebagai individu.

Kualitas apa yang dimiliki seseorang dengan kecerdasan emosional?

Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi adalah orang yang:
- pandai mengidentifikasi emosi mereka sendiri.
- pandai mengelola emosi mereka sendiri.
- mampu mengidentifikasi dorongan emosional orang lain.
- pandai menangani emosi orang lain.
 
Orang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi memiliki softskill yang kuat. Mereka memiliki keterampilan komunikasi yang unggul, pemikiran kritis, dan mau untuk dilatih.
 

Bisakah kita meningkatkan kecerdasan emosional? 

Tentu saja bisa. Beberapa orang dilahirkan dengan kecerdasan emosional yang bagus dan beberapa lagi tidak. Tetapi, ini adalah kemampuan yang dapat kita pelajari. Kecerdasan emosional dapat ditingkatkan dengan mempelajari emosi dan diri sendiri. Kita semua tidak terlahir dengan memiliki strategi lengkap untuk mengatur emosi atau bahasa dalam menemukan makna dari apa yang kita rasakan. Kita harus belajar bagaimana memproses diri dalam lingkungan. Oleh karena itu, kecerdasan emosional adalah kemampuan yang sangat dapat kita tingkatkan. 
 

Bagaimana kita dapat mengukur kecerdasan emosional?

Kecerdasan emosional seseorang dapat diukur menggunakan alat penilaian kinerja yang mengevaluasi kemampuan individu untuk membaca dan merespons emosi. Bisanya, untuk mendapatkan hasil yang akurat, setiap individu diminta untuk mengidentifikasi emosi dan mengatur emosi dalam diri mereka sendiri dan orang lain. Setiap individu juga diminta untuk memecahkan kode ekspresi wajah dan strategi apa yang dapat digunakan untuk menangani emosi tersebut.  
 

Mengapa kecerdasan emosional itu dibutuhkan?

Emosi memegang peranan penting dalam setiap aspek kehidupan kita, bahkan pada saat-saat ketika kita tidak merasa emosional sekalipun. Setiap hari, kita harus membuat keputusan yang memengaruhi hidup kita dan keputusan yang ingin kita ambil, baik secara sadar atau tidak. Itulah sebabnya, sangat penting mempelajari cara untuk mengenali dan mengatur emosi agar kita dapat menghasilkan kinerja yang optimal.
 

Siapa saja yang membutuhkan kecerdasan emosional?

Keterampilan emosional merupakan faktor penting dalam membangun hubungan yang sukses dan  juga untuk mempertahankan kehidupan pribadi yang bahagia. Beberapa orang mungkin berpikir itu hanya dibutuhkan oleh para pemimpin saja. Padahal, kecerdasan emosional sangatlah penting bagi setiap individu di tempat kerja. Kecerdasan emosional membantu kita untuk mengurangi kecemasan dalam memenuhi tenggat waktu. Kecerdasan emosional juga dibutuhkan untuk mengatur emosi saat kita sedang menangani keluhan pelanggan.
 
Jadi, kecerdasan emosional bukanlah kemampuan yang dibutuhkan oleh segelintir kelompok atau jabatan tertentu. Ini adalah kemampuan yang harus dimiliki setiap orang. Sehingga dapat melakukan peningkatan bagi karier yang digeluti.
 

Bagaimana kita menggunakan kecerdasan emosional di tempat kerja?

Kecerdasan emosional membedakan empat dampak utama emosi:
- kemampuan untuk membuat keputusan.
- kemampuan kita untuk melakukan.
- kemampuan kita untuk menjaga kesehatan mental dan fisik kita.
- kemampuan untuk membangun dan memelihara hubungan yang berkualitas.
 
Tidak semua hal di tempat kerja terjadi dalam kendali kita. Kita akan menemukan satu kondisi yang bisa saja membuat kita marah, kesal atau bahkan tidak dapat melakukan apa-apa. Dan kecerdasan emosional adalah senjata yang kita perlukan dalam menghadapi keadaan yang tidak terkendali. Mari kita ambil suatu sKenario. Bayangkanlah kita hendak melakukan sebuah presentasI besar di tempat kerja. Kita baru saja baru saja hendak meninggalkan meja kerja dan menuju ruang rapat, kita membaca email yang benar-benar membuat kita marah. 
 
Saat itu, kita berada dalam kondisi mental yang tidak baik untuk menyampaikan presentasi. Jika kita memiliki seperangkat strategi untuk mengatur perasaan marah ini dan menempatkan pikiran dalam keadaan yang lebih positif, kita akan benar-benar siap memasuki ruang pertemuan dan melakukan presentasi. Tetapi jika tidak, semua persiapan akan buyar dan kita akan menampilkan presentasi yang sangat buruk.
 
Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan mampu menjalankan strategi untuk mengubah emosi yang timbul dalam suatu keadaan buruk menjadi hal yang positif. Untuk itu, kecerdasan emosional sangatlah dibutuhkan di tempat kerja. Semakin tinggi kecerdasan emosional yang kita miliki, maka semakin baik kita mengolah dan mengatur diri untuk tetap tampil maksimal dan optimal dalam pekerjaan kita.
 
Kecerdasan emosional adalah suatu keterampilan interpersonal yang kompleks. Kita membutuhkan latihan yang harus dilakukan secara terus menerus. Kita juga membutuhkan waktu dan konsistensi untuk meningkatkannya. 
 

Bagaimana kecerdasan emosional digunakan oleh seorang pemimpin?

Kecerdasan emosional adalah kemampuan yang harus dimiliki oleh anggota tim, dan juga pemimpin tim. Kecerdasan emosional adalah kemampuan yang harus dimiliki seorang pemimpin untuk dapat memahami kondisi setiap anggota dalam tim. Ini memampukan pemimpin untuk membaca bahasa tubuh yang diberikan oleh anggota tim. 
 
Dalam sebuah pertemuan diskusi, seorang pemimpin harus mampu untuk menarik perhatian pendengar yang tidak berpartisipasi dan membuat mereka merasa cukup nyaman untuk membagikan pemikiran mereka. Dan kecerdasan emosional adalah hal yang dapat membuat seorang pemimpin memiliki kemampuan tersebut. Jadi, jika rekan pembaca ingin menjadi seorang pemimpin tim yang handal, kecerdasan emosional adalah kemampuan yang tidak boleh diabaikan.
 
Kecerdasan emosional memiliki peranan penting dalam kehidupan masing-masing. Semakin tinggi kecerdasan emosional yang kita miliki, semakin optimal juga kinerja yang kita hasilkan. Teruslah berlatih dalam meningkatkan kecerdasan emosional yang rekan pembaca miliki sampai Anda benar-benar menguasainya.

Featured Career Advice