×
STUDILMU Career Advice - Belajar Vs Latihan
E-learning

Belajar Vs Latihan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Penting untuk memahami perbedaan antara pembelajaran dan pelatihan. Sudah tentu keduanya saling terkait, merupakan aspek khusus dari setiap proses pendidikan. Pelatihan adalah pemberian informasi dan pengetahuan, melalui ucapan, kata-kata tertulis, atau metoda demontrasi  lainnya dengan cara memberi intruksi kepada peserta pelatihan. Belajar adalah proses menyerap informasi untuk meningkatkan keterampilan, kemampuan dan memanfaatkannya dalam berbagai konteks. Apapun tujuannya, kualitas pembelajaran akan sangat bergantung pada kualitas pelatihan, Sehingga peran pelatih sangat penting karena memiliki dampak yang sangat besar pada hasil kursus bagi peserta.

Mari kita lihat karakteristik masing-masing, dan melihat apa yang membuat e-learning bekerja.

Ciri belajar

Seperti disebutkan di atas, pembelajaran adalah proses menyerap informasi dan mempertahankannya dengan tujuan meningkatkan keterampilan dan kemampuan untuk mencapai tujuan, tetapi lebih dari itu. Belajar adalah apa yang kita lalui saat kita ingin diperlengkapi pada situasi yang tidak khusus dan tak terduga dan keduanya tidak saling terpisahkan. Pada saat Anda belajar melakukan sesuatu yang khusus, Anda juga secara tidak sengaja dilengkapi dengan pengetahuan dan keterampilan untuk menghadapi tantangan masa depan.

Intinya, belajar adalah tentang memperlengkapi seseorang untuk mengatasi bukan hanya masalah hari ini, tapi mempersiapkannya untuk secara kreatif menghasilkan berbagai cara untuk mengatasi masalah esok.

 

Karakteristik pelatihan

Pelatihan lebih berfokus pada pengembangan keterampilan baru atau keahlian yang akan digunakan. Pelatihan adalah proses yang dilakukan setiap karyawan baru saat bergabung dengan perusahaan untuk belajar bagaimana melaksanakan operasional sehari-hari, mengetahui bagaimana departemen mereka bekerja dan bagaimana cara kerja beroperasi untuk melaksanakan tanggung jawab mereka.

Intinya, pelatihan tidak membentuk perilaku individu melainkan untuk mengajar karyawan atau peserta bagaimana melakukan sesuatu sehingga mereka dapat melakukan proses mereka sendiri.

E-learning memanfaatkan prinsip pembelajaran dan pelatihan di seluruh kurikulumnya. Hal ini memungkinkan instruktur atau pelatih memberi cara kepada peserta didik untuk mengatasai masalah saat ini, mengembangkan keterampilan seumur hidup, meningkatkan keterampilan memecahkan masalah dan memanfaatkan sumber daya sebaik mungkin.

Jika ingin menyelenggarakan Program Pelatihan, silakan menghubungi kami di:

021 29578599 (Hunting)
021 29578602 (Hunting)
0821 1199 7750 (Mobile)
0813 8337 7577 (Mobile)
info@studilmu.com 

Featured Career Advice