×
STUDILMU Career Advice - Cara Berkomunikasi Efektif dengan Seseorang Dari Hasil Tes DISC
Communication

Cara Berkomunikasi Efektif dengan Seseorang Dari Hasil Tes DISC

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Komunikasi merupakan salah satu kemampuan yang wajib untuk dikuasai oleh seseorang dengan baik.  Setiap orang memiliki sifat dan karakter yang berbeda, tentunya ada cara yang berbeda juga untuk dapat berkomunikasi dengan masing-masing. Salah satu yang dapat Anda lakukan adalah mengikuti tes DISC. 
 
Hasil tes DISC ini dilakukan oleh praktisi psikologi untuk mengelompokan perilaku, kemampuan dan kepribadian individu dalam sebuah kelompok atau perusahaan. Hasil tes DISC ini berguna untuk menempatkan seseorang sesuai dengan kepribadian dan kemampuannya sehingga dapat bekerja dan berpartisipasi dengan maksimal sesuai potensinya dengan cara mengisi form pertanyaan. Sehingga Anda dapat menentukan apakah Anda masuk dalam tipe Cautious, Inspiring, Supportive atau Dominant.
 
Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara berkomunikasi efektif dengan beberapa karakter seseorang berdasarkan hasil tes DISC yang dimiliki. Dari hasil tes DISC, kita akan dapatkan model perilaku DISC yang mana merupakan suatu standar pendekatan komunikasi proses berkomunikasi dapat berjalan secara efektif
 

1. Cara berkomunikasi dengan hasil tes DISC bertipe Cautious

Tipe ini merupakan seseorang yang pendiam, berorientasi pada tugas (gaya perilaku yang berhati-hati). Ketika Anda berusaha untuk berkomunikasi dengan seseorang yang pendiam dan berorientasi pada tugas, inilah beberapa tips yang dapat berguna bagi Anda:
- Berbicaralah dengan pelan-pelan. Orang yang pendiam membutuhkan waktu untuk memroses kata-kata yang diterimanya. Oleh karena itu, berbicaralah dengan pelan-pelan dan berikan mereka waktu untuk menanggapi apa yang Anda katakan. 
- Berbicaralah tentang pemikiran, bukan hanya perasaan. Tipe orang ini bukanlah tipe orang yang memiliki emosi penuh. Mereka lebih digerakkan oleh pemikiran mereka, bukan perasaan. Oleh karena itu bicarakanlah hal-hal yang berkaitan dengan pemikiran, bukan perasaan. 
- Gunakan data dan informasi pihak ketiga untuk mendukung posisi Anda. Ini menunjukkan kepada mereka bahwa Anda telah melakukan hal yang menjadi pekerjaan rumah Anda.
- Dengarkan dengan seksama hal yang mereka pedulikan dan hal yang tidak mereka setujui. Mereka menginginkan Anda meluangkan waktu untuk memahami pemikiran dan hal-hal yang mereka fokuskan. Dengan begini, mereka dapat memastikan bahwa Anda memiliki pemikiran yang lengkap dan akurat, dan sesuai dengan posisi Anda.
- Berikan pemikiran dan permintaan berdasarkan alasan yang baik, masuk akal dan sesuai dengan data. Seseorang yang memiliki tingkat kehati-hatian yang kuat ingin tahu pasti alasan Anda melakukan suatu hal sebelum mereka mengambil tindakan. Oleh karena itu, sertakan permintaan atau pemikiran ada dengan alasan yang baik, masuk akal dan berdasarkan data.
 

2. Cara berkomunikasi dengan hasil tes DISC bertipe Supportive

Orang dengan tipe ini merupakan seseorang yang pendiam dan berorientasi pada orang lain. Ketika Anda berkomunikasi dengan orang yang pendiam dan berorientasi pada orang lain, inilah beberapa tips yang dapat menjadi acuan Anda:
- Berbicara dengan pelan-pelan. Seseorang dengan tipe ini membutuhkan waktu untuk memroses apa yang Anda katakan. Oleh karena itu, berbicaralah dengan pelan-pelan.
- Tunjukkan kepedulian Anda terhadap mereka. Tunjukkan kepedulian Anda. Jika Anda hanya menemui mereka untuk menanyakan pekerjaan, ini dapat menyinggung mereka.
- Berceritalah dan bagikan pengalaman Anda. Sebagai seseorang dengan sifat inspirasi yang kuat, mereka cenderung untuk berkomunikasi dengan emosi daripada dengan fakta. Untuk itu, bagikan pengalaman atau cerita hidup Anda. ini akan lebih menginspirasi mereka dibandingkan hanya memberikan mereka gambar atau data.
- Gunakan gerakan tangan dan nada suara yang lembut. Jangan menggunakan gerakan tangan yang tiba-tiba ataupun nada suara yang tinggi. Mereka akan menganggap bahwa Anda sedang dalam kemarahan. Mereka tidak akan memberikan respon yang baik terhadap seseorang yang marah atau mengkonfrontasi mereka secara langsung. Jadi, gunakan gerakan tangan dan nada suara yang lembut.
- Bertanyalah dengan kalimat tidak langsung. Gunakanlah kalimat tidak langsung untuk bertanya, jangan gunakan kalimat langsung. Dalam sudut pandang mereka, kalimat langsung menunjukkan bahwa Anda merupakan seseorang yang agresif.
 

3. Cara berkomunikasi dengan hasil tes DISC bertipe Inspiring

Orang dengan tipe ini merupakan seseorang yang ramah dan berorientasi pada orang lain. Ketika Anda berkomunikasi dengan seseorang yang ceria dan berorientasi pada orang lain, inilah beberapa tips yang dapat membantu Anda:
- Tersenyum. Mereka akan berfokus pada bahasa tubuh dan ekspresi wajah untuk membaca emosi Anda. Jadi tersenyumlah, ini akan menunjukkan mereka bahwa Anda berada dalam suasana hati yang baik.
- Tunjukan antusiasme. Tunjukkan antusiasme Anda agar mereka juga merasa bersemangat. Jika Anda menunjukkan rasa bosan, mereka juga akan bosan. Semangat Anda memengaruhi mereka.
- Bersikap ramah dan tidak terlalu berfokus pada bisnis. Mereka akan memberikan respon yang baik kepada orang-orang yang menyukai mereka. Jadi bersikaplah ramah dan tunjukkan bahwa Anda menyukai mereka.
- Bertanya tentang diri, keluarga dan juga teman-teman mereka. Mereka akan dapat bekerja sama dengan orang yang terhubung secara pribadi. Mereka menginginkan Anda memiliki kepedulian terhadap mereka. Oleh karena itu, bertanyalah tentang mereka, keluarga dan juga teman-teman mereka sebelum Anda memulai bisnis bersama mereka.
 

4. Cara berkomunikasi dengan hasil tes DISC bertipe Dominant

Seseorang dengan tipe ini merupakan seseorang yang ramah dan berorientasi pada tugas. Ketika Anda berkomunikasi dengan seseorang yang ceria dan berorientasi pada tugas, inilah beberapa tips yang dapat membantu Anda. 
- Berbicara langsung kepada poinnya. Mereka menyukai gaya komunikasi yang langsung berbicara pada poin inti. Jadi, bicarakan intinya dengan menunjukkan hasil atau kesimpulan yang ada. Lalu, Anda dapat menunjukkan data dan analisis yang mendukung hasil tersebut.
- Berfokus pada hasil. Berfokuslah pada hasil karena proses dan perasaan bukanlah hal yang penting bagi mereka.
- Berikan mereka pilihan. Mereka menginginkan kesempatan untuk memilih. Oleh karena itu, berikan mereka kesempatan untuk memilih.
- Tatap mata mereka dan berbicaralah. Mereka sangat tidak sabar terhadap orang-orang yang tidak memiliki kepercayaan diri. Milikilah kontak mata saat Anda berbicara dengan mereka.
- Tunjukkan rasa hormat. Mereka juga ingin Anda menunjukkan rasa hormat terhadap mereka, jabatan dan juga pekerjaan mereka. 
 
Itulah beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk berkomunikasi efektif dengan seseorang dari hasil tes DISC, apakah Anda memiliki tipe Cautious, Supportive, Inspiring dan juga Dominant. Dengan cara ini, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk membuat mereka mendengarkan, memahami dan melakukan tindakan terhadap apa yang Anda katakan.
 
Selamat mencoba dan kiranya tips ini dapat berguna bagi rekan pembaca Career Advice. 

Featured Career Advice