×
STUDILMU Career Advice - Cara Kerja di Perusahaan Baru
Productivity

Cara Kerja di Perusahaan Baru

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Sebelum Anda menghabiskan terlalu banyak waktu mengkhawatirkan harapan yang tidak realistis tentang orang yang bekerja sebelum Anda, selaraskanlah diri Anda dengan atasan baru Anda tentang tujuan dari peran dan tanggung jawab Anda. Anda perlu memastikan bahwa Anda memahami semua yang diharapkan dari Anda dan bahwa atasan Anda mengetahui hal yang Anda lakukan selama masa percobaan.
 
Berikut adalah cara kerja yang dapat Anda lakukan ketika kerja di perusahaan baru:

1. Bentuk rencana

Buatlah rencana kerja 30-60-90 hari dengan atasan  Anda selama minggu pertama. Saat Anda menuliskan ini, hal ini mungkin tidak sesuai dengan yang diharapkan dari Anda. Tujuan dari rencana ini adalah untuk menguraikan tujuan yang Anda butuhkan untuk mencapai target dalam 30 hari, 60 hari, dan 90 hari. 30 hari pertama adalah tentang belajar, 30 hari selanjutnya adalah tentang mulai berkontribusi, dan 30 hari terakhir adalah tentang memenuhi harapan dari peran tersebut.
 
Ada beberapa faktor yang harus menjadi bahan pemikiran dalam pencapaian target kerja Anda. Yang pertama adalah tentang siapa. (seseorang atau mungkin tim yang akan bekerja dengan Anda dan yang menjadi tujuan keberhasilan pekerjaan tersebut), yang kedua adalah tentang bagaimana (proses Anda melakukan dan menyelesaikan pekerjaan) dan apa (hal yang Anda lakukan untuk menjual produk kepada pelanggan).
 

2. Tunjukkan keberhasilan Anda dengan cepat

Setelah Anda menyusun rencana selama 30-60-90 hari, langkah selanjutnya adalah Anda harus mencari tahu hal yang akan menjadi keberhasilan yang dapat Anda lakukan dengan cepat. Ketahui juga tantangan terbesar yang akan Anda hadapi dan cara untuk mengatasi tantangan tersebut sehingga akan membawa ada pada sebuah keberhasilan dan Anda mampu membuktikan dengan sukses dan cepat untuk membuktikan kemampuan Anda. 
 
Pastikan semuanya terkirim dan terlaksana dengan baik. Ini adalah kesempatan untuk memberikan kesan pertama kepada banyak orang. Ini adalah kesempatan bagi rekan kerja Anda untuk datang kepada atasan Anda dan mengatakan bahwa Anda benar-benar melakukan setiap tugas dengan baik. 

3. Buatlah daftar pekerjaan

Buat daftar pekerjaan yang akan Anda lakukan dan telah Anda lakukan, lalu lakukan pengecekan rutin dan ini dapat menjadi laporan rutin Anda terhadap atasan Anda. Intinya adalah Anda perlu menuliskan hal yang sedang Anda kerjakan, hal yang akan Anda lakukan selanjutnya, dan tantangan yang telah Anda hadapi sehingga Anda dapat membagi waktu Anda dengan atasan Anda dan memastikan bahwa mereka dapat mengetahui hal yang sedang Anda kerjakan. 
 
Ini juga membantu Anda mendapatkan apa yang Anda butuhkan dari percakapan. Misalnya, jika Anda membutuhkan waktu pembinaan untuk mengatasi suatu masalah, Anda dapat meninggalkan ruang untuk itu. Saya pribadi suka mengirimkan ini kepada manajer saya malam sebelum pertemuan kami sehingga dia punya waktu untuk membacanya sebelum waktunya.
 
Selain melewati periode peningkatan dalam pekerjaan baru Anda, dengan Anda melakukan hal-hal di atas, Anda akan siap untuk memiliki hubungan yang sukses dengan atasan  baru Anda. Anda akan membangun kepercayaan atasan Anda sejak awal dan membuktikan bahwa Anda membawa hasil dan mencapai sasaran tanpa mempedulikan jumlah jam yang Anda habiskan saat Anda duduk di meja kerja Anda dan dapat mencapai target kerja yang telah direncanakan.

Featured Career Advice