×
STUDILMU Career Advice - Cara Membuat CV yang Menarik HRD!
Resume & Interviewing

Cara Membuat CV yang Menarik HRD!

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

5. Gunakan berbagai media untuk membuat CV lamaran pekerjaan

Berkembangnya teknologi saat ini mempermudah kita dalam berbagai aspek kehidupan, salah satunya dalam membuat CV untuk lamaran pekerjaan. Mungkin pada zaman orang tua kita dahulu, membuat CV lamaran pekerjaan identik dengan tulisan tangan atau mesin tik. Namun saat ini banyak sekali sekali platform untuk membuat CV, baik offline maupun online. Beberapa tips berikut dapat dipertimbangkan dalam membuat CV lamaran pekerjaan :

a. Cara Membuat CV di Word

Ms. Word saat ini semakin berkembang, di tahun 2020 series Microsoft 365 menjadi series terbaru. Mungkin Microsoft menyadari kebutuhan orang-orang akan membuat CV sehingga, Microsoft membuat banyak sekali template untuk kebutuhan masyrakat saat ini. Selain menuliskan secara manual seperti menulis surat biasa pada umumnya, saat ini Microsoft menyediakan beberapa alternatif template CV atau resume lamaran pekerjaan. Beberapa tahapan berikut dapat membantu kita memberikan referensi template CV di Microsoft Word :

Buka Microsoft Word – buka “File” yang terletak di pojok kiri atas – Pilih “New” – lalu pada bagian “Search for online templates” kita dapat mengetikkan “CV” atau “Resume untuk mendapatkan beberapa referensi template CV lamaran kerja yang menarik dan dapat digunakan.

b. Cara Membuat CV Online

Membuat CV di Word menjadi salah satu cara membuat CV online, namun ada banyak sekali alternatif lain yang bisa digunakan. Canva menjadi salah satu pilihan banyak sekali orang untuk membuat desain, poster, bahkan CV dan resume lamaran kerja. Banyak sekali template gratis yang bisa diakses di Canva dan begitu menarik serta eye-catching, selain itu Canva juga menyediakan berbagai alternatif template, seperti template yang formal, casual, dan memiliki desain begitu estetik, sehingga banyak pilihan yang dapat digunakan.

c. Cara Membuat CV di HP

HP atau handphone atau telepon genggam atau ponsel saat ini menjadi kebutuhan dan tidak pernah terlepas dari kehidupan semua orang saat ini. Pentingnya ponsel bukan hanya untuk bersenang-senang, namun juga untuk kepentingan pekerjaan, komunikasi pada keluarga, kerabat, rekan kerja, teman dan pasangan. Kemudahan fitur di ponsel saat ini membuat siapa saja dapat membuat CV lamaran kerja di mana pun dan kapan pun selama ponsel yang digunakan adalah ponsel pintar. Pilihan untuk membuat CV di HP sebenarnya beranekaram, kita masih bisa menggunakan Word di HP atau aplikasi Canva yang bisa diunggah melalui HP. Namun selain Word dan Canva, banyak sekali aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat CV lamaran pekerjaan seperti Easy Resume Builder, CV Engineer, CV Library, CV & Resume Creator, CV Maker Resume Builder PDF, Pathsource Resume, dan berbagai aplikasi yang dapat diunggah melalui Playstore maupun Apple Store.

Setelah mengetahui tentang CV dan membaca tentang pentingnya CV untuk semua orang, serta cara membuat CV lamaran pekerjaan yang baik dan benar, maka ada baiknya mulai memperhatikan CV untuk memberikan tampilan diri yang baik kepada para HRD ketika kita melamar pekerjaan. Jadi, apakah kamu sudah meng-update CV kamu hari ini?

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice