×
STUDILMU Career Advice - Cara Tepat Menghadapi Transisi Pekerjaan
Self Improvement

Cara Tepat Menghadapi Transisi Pekerjaan

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Ada beberapa hal yang memiliki nilai lebih dibandingkan tidur. Pekerjaan baru dengan jadwal kerja pukul 7 akan membutuhkan waktu bangun yang lebih awal, katakanlah pukul 4 pagi, lalu berangkat pada pukul 5 pagi, dengan istirahat pukul 12 siang. Tentu, Anda harus bekerja delapan jam sehari, dan menjadi lebih pagi dari standar waktu bekerja pukul 9 hingga 5 Anda.
 
Ketika Anda menerima peranan ini berarti Anda menerima seluruh hidup Anda akan berubah. Anda tidak hanya akan memulai pekerjaan baru dan menemukan tantangan unik dalam diri Anda sendiri. Tetapi Anda juga akan pindah ke seluruh kehidupan yang baru. Anda akan menyesuaikan diri dengan posisi baru dengan dengan situasi pekerjaan dan jadwal kerja yang berbeda. Dan Anda harus melakukan penyesuaian ini sekaligus tanpa mengacaukan seluruh rencana pekerjaan Anda.
 

- Yang harus Anda lakukan agar segala sesuatunya berjalan baik.

Penyesuaian adalah jawaban terbaik akan hal ini. Anda perlu untuk mengurangi jam menonton film Anda. Pada masa awal penyesuaian, Anda mungkin berharap dan percaya Anda bisa mengelola keduanya. Sebulan setelahnya, Anda telah belajar beberapa hal tentang cara melakukan transisi seperti ini tanpa mengorbankan tidur, kehidupan sosial, atau stabilitas Anda. 
 
Anda harus mulai lagi berangkat kerja pukul 5 pagi hari berikutnya, jadi, mau tidak mau, Anda tidur lebih awal. Tubuh Anda akan sangat bingung dengan perubahan waktu, lokasi, dan iklim. Namun, ketika Anda mampu memaksakan pukul tidur Anda hampir setiap malam, Anda tidak akan memiliki masalah bangun pukul 4 pagi setiap pagi. 
 
Cobalah untuk berolahraga setiap hari, setelah bekerja, dengan asumsi itu akan membantu mengatur jadwal tidur Anda. Anda mulai mandi di malam hari, dan mungkin akan terasa aneh, tetapi itu adalah satu-satunya cara untuk memastikan Anda tetap peduli terhadap kebersihan Anda.

- Yang harus Anda lakukan ketika segala sesuatunya terasa mengerikan

Langkah yang harus Anda tempuh, pekerjaan dan juga jadwal bergantung pada Anda. Selama seminggu sebelumnya, Anda mungkin memiliki Antusiasme dan adrenalin yang menyemangati Anda untuk bekerja selama minggu. Lalu apa yang harus Anda lakukan jika kedua hal tersebut telah hilang dan Anda merasa lelah sepanjang waktu? Cobalah untuk bereksperimen dengan tidur siang dibandingkan menghabiskan sebagian besar waktu luang Anda di telepon. Tidur siang dapat mengendalikan tingkat stres Anda. Dibandingkan Anda berusaha untuk mengatur makan Anda.

- Yang harus dilakukan agar segala sesuatunya menjadi seimbang

Setelah dua minggu, segala sesuatu akan terasa sangat menantang Anda untuk melakukan sebuah keseimbangan. Anda berhenti dengan makanan lengkap dan mengalihkan diri pada makan makanan ringan yang sehat dan dipenuhi protein sepanjang hari. Karena pekerjaan Anda mengharuskan Anda menghabiskan banyak waktu di depan layar TV dan komputer, Anda mencoba mengambil istirahat per pukul agar tetap longgar dan fokus. Dengan situasi seperti ini, Anda bisa mencurahkan lebih banyak waktu untuk menjelajahi dan menikmati waktu Anda.
 
Anda menerima bahwa Anda bukan orang yang biasa tidur siang namun Anda mencobanya. Anda juga berusaha memanfaatkan waktu Anda di sore hari dengan mengatur pertemuan dengan teman-teman. Anda menetapkan aturan bahwa Anda tidak dapat tetap terjaga lewat pukul 21.00 dua malam berturut-turut. Jadi Anda tidak bisa memiliki acara yang dadakan, tetapi Anda bisa tetap keluar di malam hari ketika Anda memang benar-benar memerlukannya. Anda menemukan bahwa Anda tidak dapat memiliki kehidupan sosial yang sama seperti sebelumnya, tetapi dengan niat dan perencanaan yang matang, Anda mampu melakukannya.
 
Transisi ini belum berakhir, tetapi Anda sudah lebih bijak. Tubuh Anda sudah menikmati setiap jadwal bangun di pagi hari dan juga jadwal tidur Anda, melatih diri Anda dengan melatih rutinitas dengan konsisten adalah kunci untuk membuat segala sesuatu berjalan dengan baik, Anda akan mampu untuk menghadapi setiap situasi buruk yang terjadi dan Anda akan memiliki sebuah keseimbangan dalam kehidupan Anda. Setiap pola yang Anda lakukan dengan tepat dalam kehidupan Anda, Anda sedang belajar cara untuk mencintai diri Anda sendiri. 

Featured Career Advice