×
STUDILMU Career Advice - Dari Pengertian Hingga Strategi Digital Marketing
Marketing & Sales

Dari Pengertian Hingga Strategi Digital Marketing

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

6. Content marketing

Hampir sama dengan social media marketing, content marketing memfokuskan pada pembuatan konten pada pangsa pasar yang dituju. Content marketing menekankan pada pembuatan konten yang konsisten, relevan, dan menarik engagement bagi para pengguna. Content marketing selain konten yang ada di media sosial, juga meliputi video, blog, podcast, e-book, dan lain sebagainya. Untuk menarik perhatian engagement para pelangga, content marketing bukan hanya menawarkan produk atau jasa yang dijual, tapi juga memberikan beranekamacam tips, informasi atas dasar kepedulian dan berdampak jauh pada penawaran produk pada jangka panjangnya. Misalnya seperti produk pakaian balita, di mana selain konten pakaian yang dikembangkan, bisa juga sang content creator membuat tips dalam mengurus balita, atau informasi mengenai tumbuh kembang balita yang harus diperhatikan baik dari segi pertumbuhan fisik maupun mental, serta bisa juga membuat podcast membicarakan balita serta mengundang tamu-tamu untuk berbagi cerita tumbuh kembang anak mereka atau psikolog yang dapat memberikan masukan terkait tumbuh kembang anak.

7. Influencer marketing

Influencer marketing atau affiliate marketing saat ini menjadi salah satu media strategi pemasaran yang sangat banyak digunakan semenjak istilah “influencer” mulai dikenal dengan banyak bermunculannya selebgram, selebtweet dan seleb tiktok. Kisaran harga influencer pun berbeda-beda tergantung dari jumlah followers organik yang dimiliki oleh mereka. Selain itu, ada juga strategi yag digunakan dalam menentukan influencer marketing karena belum tentu produk yang dijual sesuai dengan pangsa pasar followers dari sang influencer. Sehingga belum tentu jika produk kecantikan laku keras setelah di-endorse oleh influencer B, belum tentu produk yang kita jual juga berupa makanan akan laku keras jika kita juga meng-endorse influencer B. Selain itu perlu diperhitungkan pula dengan jumlah followers sang influencer, apakah sesuai dengan biaya endorse yang harus kita keluarkan, karena belum tentu influencer yang memiliki followers sangat banyak memiliki followers setia. Mencari tahu followers sang influencer, identitas influencer, serta pangsa pasang sang influencer pun menjadi hal penting sebelum melakukan influencer marketing.

8. Retargeting Ads

Jika kita membuka sebuah website lalu ada pemberitahuan terkait dengan “cookies”, maka itulah yang disebut sebagai retargeting ads. Retargeting ads merupakan suatu cara melakukan pendekatan kembali dengan pengguna yang sudah pernah berinteraksi pada website kita namun belum ada tindakan apapun dari sang pengguna, seperti membeli produk atau jasa yang kita jual. Proses retargeting ads sebenarnya sama dengan cara kerja ads ketika pengguna baru pertama mengunjungi website, hanya saja retargeting ads digunakan untuk target pengguna yang sekiranya merupakan pengguna yang potensial akan membeli produk atau jasa yang kita jual. Cara

Beberapa strategi tersebut merupakan digital marketing yang umum digunakan, namun dengan perkembangannya saat ini banyak sekali strategi marketing yang mulai tumbuh seperti berbagai konten di Tiktok, penggunaan Instagram stories, Intagram Ads, Tiktok Ads, dan berbagai macam strategi digital marketing lainnya.

Featured Career Advice