×
STUDILMU Career Advice - Keluar dari Zona Nyaman
Self Improvement

Keluar dari Zona Nyaman

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Para pemimpin atau pun manajer sebuah perusahaan akan sangat mudah terjebak dalam rutinitas sehari-hari. Para pemimpin selalu memiliki pola pikir bahwa mereka harus menyelesaikan tugas-tugas mereka setiap hari, setiap bulan dan bahkan setiap tahun. 
 
Selain mementori, mendukung tim dan membantu pemecahan masalah dalam perusahaan, para pemimpin juga harus berfokus membekali anggota tim dengan alat dan masukan yang membuat anggota tim sukses dalam pekerjaannya. Para pemimpin tidak boleh mengabaikan pertumbuhan pribadi mereka sekalipun mereka berfokus pada kemajuan bawahannya dan kemajuan perusahaan.
 
Agar para pemimpin dapat bertumbuh secara profesional dan individual, mereka harus keluar dari zona nyaman dan melakukan sesuatu yang baru. Ini mungkin terdengar menakutkan. Para pemimpin dapat menggunakan pengalaman masa lalu untuk membimbing orang lain. Dengan memiliki pengalaman baru, para pemimpin akan mampu untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda. 
 

Bagaimana caranya?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mencoba sesuatu yang baru. Apakah rekan pembaca pernah terpikirkan untuk mengambil kelas memasak, bergabung dengan pelatihan untuk mengatasi ketakutan akan berbicara di depan umum, mengikuti kegiatan lari untuk donasi, bergabung dan bertukar wawasan dengan orang-orang dalam dan luar perusahaan Anda, mengambil kelas menari atau menjadi seorang mentor dalam kegiatan sukarela? Anda mungkin akan merasa sangat canggung saat pertama kali berada diantara orang-orang yang tidak Anda kenal. Dan bagi para orang-orang yang introvert, ide-ide tersebut menjadi hal yang dapat membunuh mereka. 
 
Ketakutan dapat menahan Anda, tetapi ketika Anda benar-benar meyakinkan diri bahwa Anda dapat melakukannya, Anda akan menjadi lebih percaya diri dan mampu untuk mengatasi setiap tantangan yang ditemukan. Jika Anda memulai suatu hal baru dengan tindakan nyata, ketakutan Anda akan sirna.
 
Dengan mendorong batasan-batasan zona nyaman, Anda akan bertemu dengan orang-orang yang tidak terduga. Misalnya, ketika Anda mengambil kelas memasak, Anda memiliki peluang untuk bertemu dan berkumpul dengan orang-orang yang memiliki pengalaman dan latar belakang berbeda, sehingga dapat saling berbagi. Banyak pelajaran yang akan Anda dapatkan dan tentunya berguna bagi kehidupan professional. Ketika kita mendengarkan perjuangan dan kemenangan yang dihasilkan orang lain, kita akan memiliki sudut pandang yang berbeda. 

Cara lain untuk melakukannya adalah:

1. Jangan mengambil pilihan yang aman

Manusia adalah makhluk yang menggunakan pola yang sama agar tetap aman. Namun, ini membatasi diri untuk mendapatkan hasil yang besar. Setiap kali Anda ingin mengambil pilihan, cobalah untuk mengambil pilihan yang penuh tantangan sehingga Anda dapat bertumbuh dengan cepat. 

2. Ambil keputusan dengan cepat

Apakah Anda terbiasa harus berpikir lama dalam mengambil keputusan? Ini bukanlah soal hidup dan mati, jadi abaikan pengambilan keputusan secara lama. Jika Anda bingung, Anda dapat menggunakan bantuan koin. Dengan begini Anda akan keluar dari zona nyaman dan memiliki rasa percaya diri lebih tinggi. 
 

3. Pertimbangan pendapat lain

Kelilingilah diri Anda dengan orang-orang pintar yang sedikit sombong dan memiliki banyak ketidaksetujuan dengan Anda. Berdebatlah dengan mereka, dengan cara yang sopan. Ini akan membuat Anda menguji lagi hal-hal yang Anda percayai.
 

4. Katakan ‘ya’ lebih sering

Katakan “ya” bahkan sekalipun Anda telah siap. Katakan “ya” untuk proyek baru dalam pekerjaan Anda, peran baru atau hal apapun yang belum pernah Anda coba. Ini akan memberikan peluang besar dan siapa yang tahu jika nantinya Anda akan sangat menikmati hal tersebut. 
 

5. Menjadi sukarelawan

Jadikan kegiatan sukarela menjadi sebuah pembelajaran. Pilihlah kegiatan sukarela yang tidak terlalu akrab dengan Anda dan tampilah maksimal. Anda akan menemukan nantinya Anda sangat berguna bagi orang lain.
 

6. Lakukan hal yang Anda takuti

Lakukan hal yang membuat Anda takut sampai rasa takut itu hilang. Dan Anda akan memiliki energi yang jauh lebih besar dari sebelumnya.
 

7. Ciptakan tantangan 

Ciptakan beberapa tantangan yang dapat membawa Anda keluar dari zona nyaman kepada hal-hal yang ingin Anda kembangkan.
 
Misalnya, jika Anda pergi ke kedai kopi, tantang diri Anda untuk meminta 10% diskon. Atau saat Anda bertatapan dengan orang lain, tantang diri Anda untuk menatap orang tersebut selama beberapa waktu. Beranikan diri Anda untuk melakukan tantangan tersebut dan nantinya Anda akan terbiasa.

8. Biarkan orang lain mengambil keputusan untuk Anda

Biarkanlah orang lain mengambil keputusan untuk Anda. Misalnya, saat Anda memutuskan pergi berlibur bersama teman-teman, cobalah untuk mengikuti rencana yang teman Anda buat. Jadi, temukan teman yang dapat mengambil keputusan untuk Anda dan ikutilah.

9. Ingatlah bahwa esok adalah hari baru

Seseorang berkata bahwa hal yang tidak mematikan Anda merupakan hal yang membuat Anda menjadi lebih kuat. Anda akan tetap bertahan, Anda akan pulih, Anda akan mempelajari hal baru, Anda akan memiliki kesempatan yang baru esok hari. Jadi nikmati saja. 
 
Itulah pentingnya keluar dari zona nyaman agar Anda dapat bertumbuh dan cara untuk melakukannya. Ketahuilah saat yang tepat untuk Anda, setiap rekan pembaca Career Advice,  keluar dari zona nyaman dan temukan orang-orang yang dapat membantu Anda mencapai hasil dengan cepat. Milikilah komitmen dan lakukan tindakan nyata yang positif, saat pola pikir Anda berkembang, mulailah menyerap hal baru dengan cepat. Anda akan melihat hasilnya dengan cepat. Dan nantinya, Anda akan menemukan bahwa Anda menikmati lingkungan baru dengan orang-orang dan situasi yang baru juga yang tidak pernah terpikirkan oleh Anda sebelumnya.

Featured Career Advice