×
STUDILMU Career Advice - Kian Minimalis untuk Rumah ala Milenial
Generation Millennials & Z

Kian Minimalis untuk Rumah ala Milenial

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Saat ini lahan yang semakin mahal menjadi ketakutan tersendiri untuk para milenial tidak dapat membeli rumah impian. Luas lahan yang digunakan sesungguhnya dapat diakali dengan membangun rumah yang berdesain minimalis, salah satu contohnya adalah Splow House di Tebet, Jakarta Selatan. Splow House mungkin menjadi salah satu pelopor naiknya minat terhadap rumah minimalis di Indonesia, dengan mengusung rumah kecil namun dapat memanfaatkan ilusi ruang sehingga membuat rumah seakan luas dan nyaman ditempati. Rumah dengan desain minimalis kian menjadi pilihan bagi milenial dan keluarga kecil dikarenakan dapat menggunakan lahan yang terbatas namun memiliki nilai arsitektur yang tinggi jika dapat didesain dengan baik.

Desain Rumah Minimalis ala Milenial

Desain rumah minimalis sangat banyak digunakan pada lahan-lahan sempit bahkan untuk rumah yang terdapat di gang sempit. Saat ini sedang tren rumah minimalis yang biasa disebut sebagai Compact House. Compact house merupakan rumah mungil yang lebih mengedepankan fungsinya tapi juga tetap memperhatikan estetika rumah tersebut. Beberapa ciri dari compact house yang bisa jadi pertimbangan milenial untuk membangun rumah :

1. Memaksimalkan lahan terbatas

Efektif dan efisien menjadi kunci utama dalam rumah minimalis. Compact house hadir akan kesadaraan masyarakat akan arti pentingnya rumah di lahan terbatas. Lahan terbatas menjadi pilihan bagi anak muda karena mahalnya harga tanah di Jakarta, sehingga tidak sedikit anak muda yang membeli tanah seluas 3x10m, 4,5x8m dan ukuran kecil lainnya untuk memiliki rumah. Compact house juga menjadi pilihan untuk keluarga muda yang tinggal di gang sempit untuk mendapatkan rumah dengan desain yang kekinian dan dapat berfungsi secara maksimal.

2. Desain simpel

Karena lahan yang sempit maka desain yang diusung oleh compact house juga cenderung simpel dan monokrom. Warna putih memang pada dasarnya memberikan kesan luas pada ruangan. Tidak terlalu banyak warna dan ornamen pada dinding maupun ruangan menjadikan kesan simpel, luas dan memaksimalkan fungsi ruang serta kenyamanan di dalam rumah.

3. Desain lantai mezzanine

Konsep split level, membagi lantai ke beberapa level, menjadi salah satu ciri khas dari compact house, sehingga memaksimalkan ruang vertikal. Seperti Splow House yang terlihat hanya berlantai 3, namun ketika masuk ke dalam rumah tersebut ternyata memiliki 5 lantai dengan tingkat yang rendah dan memaksimalkan ruang yang ada.

Featured Career Advice