×
STUDILMU Career Advice - Maksimalkan Potensi Diri
Self Improvement

Maksimalkan Potensi Diri

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Potensi diri adalah kemampuan, kebisaan dan talenta yang setiap orang punyai. Setiap orang punya potensi masing-masing yang harus dikembangkan. Potensi diri ini harus terus menerus dilatih agar berkembang dengan maksimal. Sebagian orang tidak mengenal potensinya, sehingga sulit untuk dikembangkan. Untuk itu sangat penting untuk kita mengenal potensi kita sendiri.
 
Adrian adalah seorang yang membantu banyak orang menemukan karier yang cocok dan sesuai dengan minat yang dimiliki. Dan dalam artikel ini, ia membagikan tips yang dapat dilakukan dalam memaksimalkan setiap potensi yang kita miliki guna membangun sebuah karier yang sukses melalui cerita dan pengalamannya. 
 
“Saya baru saja kembali dari sebuah perjalanan dua minggu yang luar biasa, mendalam, mengubah pikiran, indah, penuh perasaan, memabukkan, dan mentransformasi saya di India Selatan. Negara dan orang-orang didalamnya menyentuh saya dengan cara yang sangat dalam. Di tengah-tengah kebahagiaan saya akan usia pernikahan yang yang baru lima hari, saya tetap harus memimpin sebuah pelatihan karier dan kehidupan di sebuah sekolah yang luar biasa, dan mengikuti beberapa perjalanan. Kali ini, saya akan membagikan hal yang saya dapat dari pengalaman saya tersebut.
 
Pelajaran karier yang didapat dari India: Memaksimalkan setiap hal yang Anda miliki
Semua orang di India adalah pengusaha. Saya tidak berbicara tentang jabatan pekerjaan mereka. Saya berbicara tentang pola pikir mereka. Mereka memanfaatkan setiap hal yang mereka miliki. Mereka tidak menunggu kesempatan datang dengan sempurna. Mereka menyatukan setiap hal yang telah ada dan mencari tahu cara membuat hal tersebut bekerja. Jika itu tidak berhasil, mereka akan menemukan cara lain untuk membuatnya berhasil.
 
Ada banyak hal yang saya lihat selama saya berada di India selatan: 
- Anak-anak berusia 6 tahun menggunakan sepatu roda ukuran usia 10 tahun dengan pengencang yang tidak berfungsi dan roda yang nyaris tidak bisa bergerak. Namun mereka tertawa, tersenyum, dan senang dengan kesempatan bermain yang mereka miliki. 
- Keluarga yang memiliki anggota keluarga berjumlah empat orang namun harus berada dalam sebuah sepeda motor yang sebenarnya hanya untuk satu orang. 
- Rumah-rumah yang terbuat dari terpal yang telah robek dan diikat dengan kantong plastik karena potongan logam dan tali terlalu mahal untuk dibeli. 
- 100% siswa di sekolah asrama benar-benar bersemangat untuk belajar, duduk dengan tenang dan aktif berpartisipasi kemudian mereka menggunakan setiap kesempatan yang diberikan dengan sepenuh hati.
- Berbagai jenis usaha yang dijalankan dengan sebuah etalase dalam sebuah ruangan yang berukuran sebesar kamar mandi.
 
Bagaimana Anda melihat situasi tersebut sebagai sebuah pelajaran yang dapat diterapkan  untuk karier Anda?
Jangan menunggu datangnya sebuah kesempatan yang sempurna. Anda memiliki sumber daya yang jauh lebih banyak dari yang Anda kira. Bekerjalah dengan setiap hal yang Anda miliki dan membangun hal tersebut menjadi sesuatu yang Anda inginkan sesuai dengan arah yang juga Anda inginkan. Bawalah diri Anda untuk menggunakan setiap potensi yang Anda miliki dalam menciptakan impian Anda. Jika Anda tidak bisa melakukannya dengan sebuah cara yang pernah Anda coba, carilah cara lain. Contohnya, jika dalam membuat sesuatu Anda tidak memiliki besi tua, gunakan terpal plastik. Jika Anda tidak memiliki terpal plastik, gunakan kantong sampah. Jika Anda tidak memiliki kantong sampah, ambillah satu kantong dari sampah.
 
Kita semua terlalu terjebak dengan situasi bahwa semuanya harus dimulai dengan sempurna sejak awal. Mentalitas ini menciptakan hambatan besar bagi Anda untuk masuk ke jalur yang sesuai. Mulailah dengan hal yang yang Anda miliki. Janganlah terfokus pada penampilan yang baik dan keuntungan yang lebih banyak untuk mendapatkan pengalaman dalam melakukan pekerjaan yang ingin Anda lakukan. Mengapa? Manfaatnya adalah Anda akan benar-benar melakukan pekerjaan yang ingin Anda lakukan lebih cepat daripada sebelumnya. Lebih dari itu, Anda akan mendapatkan kreativitas dan kecerdasan. 
Anda sendiri juga akan memiliki kepuasan dan keyakinan yang datang dari menciptakan sesuatu. Keyakinan tumbuh saat Anda mengambil tindakan. Anda mungkin akan terjebak, bertahan, dan akhirnya mencari tahu jalan keluarnya. Melakukan pekerjaan yang Anda miliki sekarang adalah sebuah peluang bagi masa depan yang Anda impikan. Tidak ada satu orang pun yang dapat melangkah dengan tepat ke mimpi yang mereka miliki tanpa bekerja keras. Anda memiliki lebih banyak sumber daya dan peluang yang tersedia bagi Anda daripada yang mungkin Anda sadari. Mulailah berpikir seperti seorang pengusaha. Mulailah berpikir seperti orang India :) 
 
Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat membantu Anda untuk memulai membangun karier Anda dengan setiap hal yang Anda miliki. :
1. Apa satu hal yang ingin Anda mulai ciptakan dalam karier Anda (atau hidup Anda)?
2. Bagaimana Anda bisa menggunakan sumber daya yang Anda miliki untuk mendapatkan impian Anda tersebut (sesederhana mungkin)? Berpikirlah dengan kreatif dan seolah-olah kelangsungan hidup Anda hanya tergantung pada hal tersebut!
 
Jika Anda membaca artikel ini, kemungkinan Anda memiliki hak istimewa yang luar biasa bagi dunia. Anda memiliki kesempatan untuk memilih hal yang ingin Anda lakukan dalam hidup Anda. Saya tahu kita semua memiliki tantangan. Tidaklah mudah untuk membuat perubahan karier dan terus mendukung diri kita secara finansial, tetapi saya juga cukup yakin bahwa Anda belum memanfaatkan segala sumber daya Anda saat ini.
 
Lupakanlah tentang sumber daya material yang Anda miliki selama satu menit. Seberapa baik Anda memanfaatkan sumber daya dalam diri Anda, yaitu kekuatan, gairah, dan kepribadian Anda? Apakah Anda memanfaatkan potensi terbaik dalam hidup saat bekerja?
 
Setiap orang memiliki jalur yang sesuai dengan identitasnya, yang memungkinkannya untuk memaksimalkan setiap potensi yang dimiliki. Carilah kekuatan, gairah, dan tipe kepribadian Anda sebagai kompas yang akan menuntun Anda menuju karier yang tepat. Ketika ketiga bagian inti dari Anda telah berjalan selaras dalam karier Anda, Anda pasti akan mampu untuk memanfaatkan setiap hal yang Anda miliki.

Featured Career Advice