×
STUDILMU Career Advice - Memiliki Ketangguhan Hidup (Resiliensi)
Self Improvement

Memiliki Ketangguhan Hidup (Resiliensi)

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Apa itu Resiliensi?
Psikolog mendefinisikan Resiliensi sebagai proses beradaptasi dengan baik dalam menghadapi kesulitan, trauma, tragedi, ancaman, atau sumber stres yang signifikan, seperti masalah keluarga dan hubungan, masalah kesehatan yang serius, atau stres di tempat kerja dan keuangan. Pengertian mendasar resiliensi adalah kapasitas kemampuan seseorang untuk menerima, menghadapi dan mentransformasikan masalah-masalah yang telah, sedang dan akan dihadapi sepanjang kehidupan. Resiliensi dapat digunakan untuk membantu seseorang dalam menghadapi dan mengatasi situasi sulit serta dapat digunakan untuk mempertahankan serta meningkatkan kualitas hidupnya.
Dalam berbagai kejadian, hal-hal yang sulit dilewati ini pasti sulit dan memaksa Anda untuk tahan terhadap situasi yang sulit tersebut dan mungkin saja secara langsung atau tidak langsung dapat mempengaruhi hidup Anda.  Ada banyak aspek kehidupan Anda yang dapat Anda kendalikan, modifikasi, dan kembangkan. Itulah peran resiliensi. Menjadi lebih tangguh tidak hanya membantu Anda melewati keadaan sulit, tetapi juga memberdayakan Anda untuk tumbuh dan bahkan meningkatkan kehidupan Anda ke level yang lebih baik.


Apa Penting nya Resiliensi?
Menjadi tangguh tidak berarti bahwa seseorang tidak akan mengalami kesulitan atau kesusahan. Orang-orang yang telah mengalami kesulitan besar atau trauma dalam hidup mereka biasanya mengalami rasa sakit dan stres emosional. Faktanya, jalan menuju ketangguhan cenderung melibatkan tekanan emosional yang cukup besar.

 

Featured Career Advice