×
STUDILMU Career Advice - Mendesain Proses Hiring yang Berbeda
Teamwork & Collaboration

Mendesain Proses Hiring yang Berbeda

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

Melalui video conference, Anda dapat melihat kecakapan teknologi kandidat dengan program seperti Zoom atau Google Meet, juga bagaimana mereka mempresentasikan diri mereka sepanjang video, ini merupakan kemampuan penting, karena berapa banyak anggota tim yang akan berinteraksi dengan prospek, customer dan karyawan lainnya untuk ke depannya.

2. Technical Skills / Keahlian Teknikal

Setelah bagian pertanyaan pada interview, Anda dapat memberikan waktu antara 45-90 menit untuk kandidat dan anggota tim yang berada di divisi yang sama atau memiliki keahlian yang sama dengan kandidat melakukan role play sebagai ujian untuk melihat keahlian kolaborasi sang kandidat.

Selama role play berlangsung, anggota tim dapat menanyakan kandidat pertanyaan spesifik terkait dengan pekerjaan yang akan dilakukannya untuk membantu Anda mengukur ketertarikan sesungguhnya pada apa yang akan mereka kerjakan. Sebagai contoh untuk posisi customer service, Anda dapat menanyakan kepada kandidat apakah mereka pikir membantu orang lain merupakan sebuah reward, apakah mereka suka berbicara di telepon, dan lain sebagainya. Tergantung pada kandidat dan berjalannya interview, Anda bisa menanyakan secara tidak langsung, pertanyaan-pertanyaan umum tentang ketertarikan mereka dan pada pekerjaan apa mereka merasa sangat bermanfaat. Jika kandidat mencintai apa yang mereka akan kerjakan, kemungkinan mereka akan bekerja dalam jangka waktu yang lama.

Pada tahapan ini juga Anda bisa membuat skenario untuk melihat bagaimana keahlian kandidat ketika diaplikasi dan mengevaluasi seberapa baik mereka melakukan kolaborasi dengan karyawan lainnya. Hal ini juga memberikan kesempatan kepada kandidat untuk merasakan bekerja pada tim yang spesifik. Pada saat interview dilakukan secara virtual maka kandidat bisa melakukan dengan cara screen-sharing apa yang perlu dipresentasikan atau berkolaborasi dengan tim anggota lainnya, setelah itu Anda bisa menanyakan juga pendapat dari anggota tim bagaimana keahlian kandidat serta kemampuan kolaborasi sang kandidat.

3. Writing Samples / Contoh tulisan

Banyak perusahaan mengumpulkan hasil tugas tulisan dari kandidat sebelum atau sesudah interview. Hal ini dilakukan untuk melihat kualitas tulisan kandidat tanpa adanya pengaruh dari luar. Anda tentunya ingin bahwa semua kandidat yang akan Anda pekerjakan dapat melakukan komunikasi secara tertulis tanpa banyak suntingan, dan terkadang di bawah tekanan. Karena Anda tidak bisa memastikan bahwa kandidat tidak ada mencari sumber lain untuk tulisannya, dan juga dapat melihat bagaimana kemampuan menulis dan komunikasi dari kandidat.

Featured Career Advice