×
STUDILMU Career Advice - Mengenal Marketing B2P, Pemasaran dengan Karakteristik Individu
Marketing & Sales

Mengenal Marketing B2P, Pemasaran dengan Karakteristik Individu

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

2. Personalisasi pesan yang Anda kirimkan kepada pelanggan Anda

Personalisasi pesan dapat digunakan ketika pelanggan ingin bertanya sesuai di website Anda, atau misalnya telepon kepada pelanggan untuk menanyakan kepuasan serta kritik dan saran yang mungkin dapat menjadi umpan balik bagi Anda sebagai tenaga penjual. Email marketing dan push notification mungkin menjadi beberapa bentuk dari marketing di mana Anda menyebutkan nama pelanggan Anda sehingga terasa lebih personal.

3. Tetap aktif di media sosial

Di samping website, media sosial menjadi sarana komunikasi perusahaan dengan para pelanggan. Menurut data dari Datareportal di Indonesia sendiri pada Januari 2020, pengguna media sosial berjumlah 160 juta. Sehingga dapat dikatakan media sosial menjadi sarana untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Tidak sedikit pelanggan lebih banyak bertanya melalui media sosial dibandingkan email atau sarana komunikasi lainnya karena setiap media sosial memiliki aplikasinya tersendiri yang memudahkan setiap pengguna untuk mengunduh dan bertanya melalui media sosial.

4. Hargai privasi pelanggan Anda

Meskipun Anda sudah memiliki data secara terperinci mengenai pelanggan Anda, tetap hargai privasinya. Ada kalanya ketika pelanggan sedang merasa tidak baik-baik saja, ketika pelanggan sedang tidak baik-baik saja maka pendekatan personal mungkin kurang tepat. Serta, meskipun Anda sudah memiliki data pribadi pelanggan Anda maka tetap jadikan itu sebagai rahasia yang hanya Anda ketahui, jangan sampai data tentang pelanggan Anda bocor ke orang lain.

5. Menyediakan pelayanan yang lebih baik kepada pelangga dan jawab semua kebutuhan mereka

Memberikan pelayanan maksimal sangat perlu dalam marketing B2P, sehingga memberikan pelayanan sesuai dengan karakteristik pelanggan Anda dan menjawab semua pertanyaan dari pelanggan Anda. Selain untuk membantu, Anda pun dapat menggali informasi lebih jauh tentang pelanggan Anda.

Strategi tersebut dapat dilakukan dalam menerapkan marketing B2P, sehingga ini membantu tenaga penjual untuk lebih memahami pelanggan mereka secara mendalam. Jadi, apakah Anda sudah mengenal karakteristik unik pelanggan Anda?

1234 Halaman Selanjutnya

Featured Career Advice