×
STUDILMU Career Advice - Menjadi Lebih Baik dengan 6 Tips Produktivitas Kerja
Productivity

Menjadi Lebih Baik dengan 6 Tips Produktivitas Kerja

STUDILMU Users By STUDiLMU Editor

 
Halo rekan pembaca Career Advice, keseimbangan antara kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah hal yang diimpikan semua orang. Ketika kita mampu melakukannya, itu akan menuntun kita pada kesuksesan yang besar dan tentunya memberikan kebahagiaan yang tak ternilai.
 
Orang yang bekerja dalam jangka waktu yang lebih panjang, justru akan jauh lebih tidak produktif. Untuk itu diperlukan kemampuan mengatur waktu yang membuat kita dapat memiliki kesimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. Sebagai manusia yang diciptakan untuk bersosialisasi, kita membutuhkan waktu di luar pekerjaan, misalnya, menghabiskan waktu bersama keluarga, teman dan mungkin bahkan melakukan hal-hal yang kita sukai dalam suatu komunitas. 
 
Hal inilah yang mendorong banyak pencari kerja ingin menemukan pekerjaan yang dapat membantu mereka mengelola pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka dengan cara yang lebih efisien. Bagaimana dengan rekan pembaca Career Advice? Apakah Anda juga selalu berusaha untuk memiliki keseimbangan tersebut? Berikut adalah 6 tips produktivitas kerja yang dapat membuat kita menjadi lebih baik.
 

1. Petakan tugas-tugas yang dimiliki.

Tips produktivitas kerja yang pertama adalah memetakan tugas-tugas yang dimiliki. Setiap orang memiliki cara sendiri dalam merencanakan dan menyelesaikan tugasnya. Ini bisa saja dilakukan dengan menggunakan catatan fisik, buku catatan atau alat manajemen tugas lainnya yang dapat membantu kita menuliskan tugas-tugas kita. Pastikan Anda menuliskannya dengan cara yang paling logis. Pemetaan tugas ini perlu diuji coba selama beberapa kali. Tidak ada satu metode dengan ukuran yang cocok dalam menyelesaikan semuanya. Intinya, kita harus menemukan apa yang terbaik untuk diperbaiki dan patuhi. Dengan melakukan itu, kita akan mampu untuk memiliki gambaran tentang tugas-tugas yang dimiliki, apakah itu tugas harian atau mingguan. Ini membuat kita dapat waktu lebih baik dan tidak mengambil tugas yang berlebihan, lebih dari apa yang dapat kita tangani.
 

2. Mulai hari dengan tugas yang paling penting.

Tips produktivitas kerja yang kedua adalah memulai hari dengan tugas yang paling penting. Pikiran terbaik kita berada di awal hari. seiring berjalannya waktu, pikiran kita akan mengalami penurunan. Aturan praktis yang baik adalah memulai hari dengan tugas-tugas yang paling membuat kita berpikir dan paling penting. lalu, dilanjutkan dengan tugas-tugas yang tidak begitu menuntut dan tidak begitu penting. dengan demikian, Anda akan tetap mampu produktif menyelesaikan pekerjaan lain. 
 

3. Gunakan jam makan siang untuk beristirahat.

Tips produktivitas kerja yang ketiga adalah menggunakan jam makan siang untuk beristirahat. Beristirahatlah walaupun hanya setengah jam. Ini telah terbukti berhasil mempertahankan dan meningkatkan konsentrasi seseorang. Jam makan siang seringkali masih menjadi hal yang ditunda para pekerja ketika mereka sedang terlalu sibuk pada satu hari. tetapi, ini adalah hal yang salah. Ya, Anda sibuk, tetapi, Anda butuh istirahat. Semakin lama Anda menunda waktu untuk beristirahat, maka semakin berkurang tenaga Anda untuk menyelesaikan setiap pekerjaan. Bantulah diri sendiri dan pertimbangkan hal ini saat hendak memutuskan untuk melewatkan makan siang. Cara kita menghabiskan istirahat makan siang menentukan keberlangsungan sisa waktu sore yang kita miliki. Itu bisa saja akan berjalan dengan baik, tetapi bisa juga menjadi sangat buruk. Apakah rekan pembaca ingin memiliki waktu sore yang lebih baik? Pergi dan nikmati istirahat siang Anda.
 

4. Beristirahat sejenak di antara tugas-tugas yang sedang dikerjakan.

Tips produktivitas kerja yang keempat adalah beristirahat sejenak. Jangan selalu berusaha untuk menyelesaikan tugas-tugas yang dimiliki dalam satu waktu. Jika kita memiliki pola yang seperti itu, itu akan melelahkan pikiran kita dan membatasi diri untuk melakukan yang terbaik dari kemampuan yang kita miliki. Cobalah untuk beristirahat beberapa kali di antara pekerjaan. Terutama jika pekerjaan tersebut membutuhkan pemikiran cermat dan ketelitian yang tinggi. Dengan begitu, kita juga akan dapat meningkatkan kemampuan kita untuk menjadi lebih kreatif dan produktif. Apakah rekan pembaca masih menyelesaikan semua tugas dalam satu waktu? Mari, mulai saat ini, ambilah beberapa waktu sejenak untuk beristirahat sehingga Anda tidak akan kelelahan dan kehabisan energi. 

 

5. Kurangi waktu yang dihabiskan di media sosial.

Tips produktivitas kerja yang kelima adalah mengurangi waktu yang dihabiskan untuk media sosial. Orang-orang menghabiskan cukup banyak waktu kerja di media sosial. Ini sangatlah mudah memengaruhi produktivitas kita. Untuk itu, kita harus memiliki kedisiplinan diri untuk mengatakan tidak dan menjauhkan diri dari media sosial. 

6. Bersikap positif.

Tips produktivitas kerja yang keenam adalah bersikap positif. Bersikaplah positif terhadap setiap orang, baik klien maupun rekan kerja. Dan berusahalah untuk tidak menumpuk pekerjaan Anda. Tidak ada yang lebih buruk daripada memiliki banyak tumpukan pekerjaan.
 
Itulah 6 tips produktivitas kerja yang dapat membuat kita menjadi lebih baik. Produktivitas itu perlu, tetapi kita juga harus ingat bahwa semakin banyak kita menghabiskan waktu dan memaksakan diri untuk terus bekerja, justru semakin berkurang produktivitas yang kita miliki. Gunakan waktu dengan pengelolaan manajemen waktu yang tepat. Jangan sampai kita menjadi kelelahan dan kehilangan energi. Dan hal buruknya kita justru menjadi tidak produktif. 
 
Semoga dengan membaca artikel ini, rekan pembaca Career Advice dapat memiliki pengelolan waktu yang lebih baik dan memiliki produktivitas yang lebih baik. Sehingga, Anda akan tetap mampu menghasilkan kinerja terbaik yang Anda miliki.

Featured Career Advice